Game & Teknologi

Biar Kamu Gak Kudet, Ini 5 Genre Game Paling Populer 2020

Dalam waktu satu dekade terakhir, perkembangan industri gaming yang pesat telah sukses menghasilkan berbagai perubahan signifikan yang dapat dirasakan hingga saat ini. Mulai dari kehadiran teknologi gaming terkini, sampai dengan munculnya berbagai genre game paling populer yang banyak diminati oleh para pengguna. Lantas, apa saja genre game paling populer di tahun 2020 ini? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut!

1. Action games 

Genre game yang sudah bertahta sejak dahulu kala sebagai pilihan sejuta umat ini memang selalu punya sesuatu untuk ditawarkan bagi para pemainnya. Action game menekankan pengalaman yang menantang refleks, reaksi, serta koordinasi antara tangan dan mata setiap pemain untuk dapat lolos dan menyelesaikan setiap babak yang ada. 

Popularitas genre game action dapat ditemukan dengan mudah di setiap jenis konsol gaming yang tersedia saat ini. Mulai dari PS, Xbox, Nintendo, PC, dan smartphone. Genre action game kemudian telah berkembang menjadi beberapa cabang baru seperti Beat em’ Ups (contoh: Double Dragon dan Final Fight) serta sub genre Shooter dan Platforming Games. 

Baca Juga :   5 Rekomendasi Situs Download Game PC Gratis dan Legal

2. Sport games

Sport games telah muncul sejak awal sejarah berkembangnya industri gaming dan masih sukses menyandang status sebagai genre game paling populer di dunia. Layaknya olahraga di dunia nyata, sport games menyajikan simulasi kegiatan olah fisik tradisional yang terdiri dari dua tim, yaitu pemain dan tim penantang yang dikendalikan oleh artificial intelligence (AI) atau pemain lainnya. 

Meski mayoritas game sport menekankan sistem permainan yang menyerupai olahraga aslinya, beberapa game justru menawarkan konsep berbeda. Champions Manager adalah contoh game sport yang menyajikan konsep permainan unik berupa strategi di balik layar, yaitu manajemen tim olahraga yang berperan dalam setiap pertandingan. 

3. Battle Royale games

Siapa sih yang tidak kenal dengan genre game yang sedang naik daun ini? Battle royale merupakan genre game paling populer yang cenderung baru muncul dan tenar dalam beberapa tahun belakang, berkat judul-judul popular seperti Fornite Battle Royale dan PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG). Berdasarkan laporan eSports Market, Fortnite telah meraup penghasilan mencapai lebih dari 1 miliar dolar Amerika hanya dari transaksi in-app saja. Sementara PUBG tercatat meraup hingga lebih dari 700 juta dolar di tahun 2017. Pasar genre game battle royale akan sendiri diprediksi akan meningkatkan hingga lebih dari 20 juta dolar di tahun 2020 ini dengan banyak kesempatan terbuka bagi para developer baru. 

4. Action-Adventure games

Sesuai namanya, action-adventure game merupakan perpaduan berbagai elemen antara genre Action dan Adventure yang pertama kali dikembangkan di era Nintendo 8-bit. Beberapa judul game yang menjadi pelopor genre ini adalah The Legend of Zelda dan Metroid. Setelahnya, action-adventure game terus melebarkan sayap dan mencakup konsep permainan tematik yang lebih luas. Faktor penting yang membuat genre game ini berbeda adalah kombinasi berupa reflex-based gameplay, bersama dengan item collecting, puzzle solving, dan penjelajahan dunia game. Gabungan berbagai elemen dari genre berbeda membuat action-adventure game menjadi pilihan pemain dari berbagai kalangan dan rentang usia. 

Baca Juga :   7 Game Horor PC Terbaik 2020, Bikin Bulu Kudukmu Merinding

5. Role-playing games 

Berawal dari konsol game berbasis teks sederhana hingga ke pengalaman visual 3D yang memukau, role-playing games (RPGs) terus berevolusi dari versi awalnya. Melalui games seperti Battletech, Star Wars, hingga Dungeons and Dragon, RPGs menunjukkan perkembangan game yang signifikan dan mampu menarik perhatian banyak pemain. 

Genre game paling populer ini berfokus pada permainan peran sosok karakter yang dilakukan oleh pemain dalam suatu dunia dan cerita buatan. Sekarang, kamu dapat menemui berbagai judul game dalam genre RPGs yang mencakup online RPGs, adventure RPGs, strategy RPGs, dan action RPGs. Popularitas konsep game role-playing diperkirakan akan terus meningkat dalam beberapa tahun kedepan seiring dengan munculnya variasi baru game yang diusung oleh para developer

About author

Related posts
Game & Teknologi

Pengen Merubah Foto Jadi Anime? Coba Aplikasi Ini!

Game & Teknologi

Punya Masalah Susah Tidur? Ini Dia Aplikasi Untuk Atasi Insomnia!

Game & Teknologi

Pakai Chipset Snapdragon, Ini dia 5 Smartphone Nokia Terbaik

Game & Teknologi

Rekomendasi Software Rekam Layar PC Terbaik Untuk Bantu Live streaming Kamu!