GenK LIFE

Gimana sih Cara Agar Bisa Menghentikan Kebiasaan Berhutang?

kebiasaan berhutang

Demi gaya hidup, orang rela melakukan apa saja untuk mewujudkan keinginan itu. Namun terkadang sudah kerja siang dan malam sampai rela lembur, malah habis untuk foya-foya dan bergaya. Bahkan sampai rela berhutang! Berhutang memang tidak salah, namun ada beberapa dampak yang nantinya bisa mengganggu keuangan dan keluargamu jika memiliki kebiasaan berhutang. 

Jika sudah begitu nanti lama-lama akan menumpuk dan jadinya malah kamu yang dikejar-kejar penagih hutang. Nah, gimana sih cara agar bisa menghentikan kebiasaan berhutang? Nah, Yuk simak apa saja cara sederhana dari Kak Wahyu yang bisa kamu tiru!

Membuat Daftar Penghasilan Dan Juga Perkiraan Pengeluaran

Sumber Gambar : glints.com

Hal yang harus kamu lakukan yaitu dengan membuat daftar penghasilan dan juga perkiraan pengeluaran setiap bulannya. Kamu harus buat list apa saja yang nantinya kemungkinan kamu keluarkan setiap bulannya seperti makan, tempat tinggal, transportasi, biaya hiburan, investasi dan lainnya. 

Nah, dari situ kamu dapat mengetahui jumlah pengeluaran kamu harus lebih rendah dari gaji yang kamu dapatkan setiap bulannya. Karena memiliki penghasilan yang lebih besar dari pengeluaran adalah syarat yang harus terpenuhi ketika ingin terbebas dari hutang. Jadi, pastikan penghasilan kamu lebih besar!

Membuat Daftar Anggaran Perkiraan Setiap Bulan

Sumber Gambar : amazonaws.com

Jika kamu sudah tahu kira-kira berapa pengeluaran dan penghasilan setiap bulan, sekarang kamu harus mulai membuat daftar anggaran untuk mengontrol kemungkinan pengeluaran. Dengan membuat daftar anggaran kamu juga akan melacak aliran dana yang kelauar. Nah, saat itu terjadi kamu bisa segera melakukan perbaikan. 

Kamu juga bisa lebih mengontrol kebiasaan belanja dan lebih bisa berhemat. Dengan begitu kamu juga bisa membatasi pengeluaran dan bisa sedikit menabung atau memulai investasi. Bahkan kamu bisa meningkatkan penghasilan dengan membuat bisnis sampingan agar menambahkan penghasilan kamu. 

Tidak Membeli Barang yang Tidak Perlu

kebiasaan berhutang

Sumber Gambar : koinworks.com

Kamu juga harus mengelola keuangan dengan tidak membeli barang yang memang tidak perlu atau tidak dibutuhkan. Kartu kredit sering kali menjadi pemicu kenapa masyarakat sering berhutang ketika belanja. Maka dari itu, segera tinggalkan kartu kredit, kamu bisa menggantinya menggunakan uang tunai atau kartu debit sebagai pembatasan pengeluaran uang yang berlebihan. 

Membedakan Mana Kebutuhan dan Mana Keinginan

 

kebiasaan berhutang

Sumber Gambar : youngontop.com

Sering kali kamu terjebak pada keinginan membeli semua yang kamu inginkan ketika sedang melihat toko offline maupun online. Ada kalanya kita khilaf mata dan ingin memiliki semua, tapi kamu tahu kan kalau barang-barang itu tidak penting?

Kamu tahu kan mana barang yang dibutuhkan dan hanya keinginan sesaat? Nah, jadi lebih baik pentingkan seperti makanan pokok terlebih dahulu selanjutnya listrik, air dan lainnya. Kurangilah keinginan itu, apabila ada uang sisa barulah kamu bebas membelanjakannya. Dahulukan yang utama ya, jangan berhutang!

Simpan Dana Darurat dan Menabung

kebiasaan berhutang

Sumber Gambar : amazonaws.com

Hal yang jarang disadari oleh sebagian masyarakat adalah terlalu mengandalkan hutang atau kartu kredit dalam memenuhi kebutuhan. Padahal sebenarnya kamu harus memiliki dana darurat agar tidak perlu lagi untuk berhutang.

Kamu harus mulai menyimpan dana darurat, minimal sebesar 6 kali lipat biaya hidup yang telah kamu keluarkan setiap bulan. Jadi, mulai sekarang kamu harus benar-benar mulai menyimpan dan menabung uang. 

Nah, itu tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan dan mulailah dari sekarang. Walaupun secara bertahap, namun jika terus berlanjut pastinya kamu akan terhindar dari jeratan hutang. So, mulai merencanakan dan membuat strategi keuangan dari sekarang!

About author

Related posts
GenK LIFE

Kenalan Dengan Claudia Emmanuela Santoso, Penyanyi Yang Membawakan Hymne Special Olympic 2022

GenK LIFE

Sering Dikira Sama, Kenali Perbedaan Asam Lambung dan GERD

GenK LIFE

Penting, Kenali Macam-Macam Istilah dalam Aplikasi Beasiswa

GenK LIFE

Cara Merespon Kritik dalam Kehidupan Bisnis dan Pribadi dengan Positif

Leave a Reply

Your email address will not be published.