Creativepreneur and Career

Gimana sih, Cara Kerja Investasi Properti?

Investasi Properti

Kamu penasaran dengan investasi properti? Tapi belum tahu cara kerjanya? Mungkin kamu merasa belum ngerti atau kurang yakin dengan investasi property karena pastinya kamu berpikir investasi ini cocok untuk orang yang penghasilannya tinggi. Eits, tunggu dulu! 

Kamu juga bisa kok memulai investasi property, asal kamu mengerti cara mengikuti prosedur investasi itu sendiri. Yuk, yang mau tahu cara kerjanya? Simak artikel ini sampai habis!

Apa itu Investasi Properti?

Sumber Gambar : digitaloceanspaces.com

Investasi property hampir sama dengan investasi lainnya. Investasi ini bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dari pengelolaan aset yang diperjualbelikan.

Namun yang membedakan investasi ini yaitu jenis aset yang dikelola. Investasi property berarti kita sedang menginvestasikan properti yang asetnya adalah real estate atau perumahan.

Real estate berarti bidang tanah beserta properti di atasnya seperti jalan, tanaman, rumah, gedung dan bangunan lainnya. Tentunya investasi ini bisa menghasilkan keuntungan ketika dikelola dengan tepat, bisa jadi kamu menjual kembali atau menyewakannya. 

Kelebihan Dari Investasi Properti

Sumber Gambar : Suara.com

Kelebihan melakukan investasi property yaitu mendapatkan keuntungan tinggi dengan resiko yang sedikit karena biasanya properti nilai jualnya cenderung naik dari waktu ke waktu dan cenderung stabil. Hal ini disebabkan kebutuhan akan rumah atau hunian akan terus ada. Apalagi untuk jangka waktunya bisa kamu sendiri yang menentukan mau jangka pendek atau panjang sesuai kebutuhanmu. 

Cara Kerja dari Investasi Properti

Investasi Properti

Sumber Gambar : kompas.com

Kamu harus mengenai cara kerja dari investasi ini jika kamu ingin paham dan ingin melakukan investasi property ini. Nah, yuk pahami cara kerjanya :

  1. Investasi Properti Secara Online

Investasi Properti

Sumber Gambar : belirus.com

Sekarang ini Investasi Property secara online sudah menjamur dimana-mana, apalagi perkembangan teknologi digital yang semakin gencar-gencarnya. Saat ini sudah banyak pilihan platform online untuk memudahkan jualan kita termasuk juga investasi.

Mungkin memang investasi online lebih umum dikaitkan dengan saham, trading, emas dan lainnya. Tapi, ternyata investasi property bisa secara online juga. Saat ini investasi property bisa dilakukan melalui platform khusus yang bisa menghubungkan para investor dengan manajer aset properti.

Nah, investor ini bisa mulai dengan modal kecil. Nah, hal ini tentunya bisa membantu kamu yang ingin mulai investasi property dengan dana terbatas. Ketika kamu hendak melakukan investasi property secara online, pilihlah platform yang diakui oleh OJK dan sudah terpercaya.

Walaupun begitu kamu harus tetap berhati-hati dengan melakukan transaksi properti yang aman. 

2. Investasi Dengan Menyewakan Properti

Investasi Properti

Sumber Gambar : pinhome.id

Investasi yang lainnya yaitu dengan kamu menyewakan properti yang kamu miliki. Jika kamu sudah memiliki hunian atau bangunan, kamu harus mulai memilikikan agar mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu yang pendek itu.

Dengan menyewakan properti bisa menjadi investasi dengan mendapatkan keuntungan secara berkala. Tapi kamu harus mengerti manajemen pengelolaan properti yang baik seperti apa. Kamu harus mengecek secara berkala dan juga mempekerjakan orang untuk merawat.

Atau jika ingin menghemat dengan mengelola secara mandiri. Pastikan untuk menyediakan dana darurat dalam keadaan tersebut, karena bisa saja penyewa tidak selalu penuh menyewa atau bisa saja terjadi kerusakan pada bangunan atau properti kamu sehingga memerlukan perbaikan. Kamu juga bisa membuat aturan dalam menyewa rumah yang bisa diakui secara hukum juga. 

Nah, itu tadi beberapa cara kerja investasi property. Jika kamu benar-benar berminat, ketahui lebih dalam lagi ya! Selamat mencoba!

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tips Sukses Bikin Video ASMR Eating di YouTube untuk Pemula

Creativepreneur and Career

6 Ide Konten Tanpa Wajah, Cocok untuk Introvert yang Ingin jadi YouTuber

Creativepreneur and Career

7 Pekerjaan Part Time Bidang Musik yang Cocok untuk Mahasiswa atau Pegawai Kantoran

Creativepreneur and Career

Jurusan yang Harus Kamu Ambil Kalau Ingin jadi Game Designer

Leave a Reply

Your email address will not be published.