GenK LIFE

Gimana Sih Cara Matahari Buatan China Bekerja?

Penemuan yang menggemparkan terjadi lagi di China. Siapa yang tidak tahu bahwa China terus membuat penemuan-penemuan baru yang menggemparkan. Salah satunya adalah “matahari buatan” yaitu Experimental Advanced Superconducting Tokamak (EAST). Mereka sedang melakukan uji coba awal tahun pada matahari ini. 

Para peneliti dari China mengklaim bahwa matahari buatan miliki mereka ini mampu memancarkan panas sekitar 17 menit atau 1056 detik. Matahari buatan ini diperkirakan memiliki suhu mencapai 70 juta derajat celcius. Bahkan dibanding inti matahari asli yang menyinari bumi, matahari buatan China 5 kali lebih panas dari matahari asli. Terus gimana sih cara kerja matahari buatan China? Untuk lebih lengkapnya yuk simak artikel dibawah ini!

Fakta mengenai EAST (Experimental Advanced Superconducting Tokamak)

Sumber Gambar : voi.id

Dilansir dari kompas.com, inti matahari asli yang menyinari bumi memiliki suhu sekitar 15 juta derajat celcius. Hal ini menunjukkan bahwa matahari buatan China memang lebih panas dari matahari asli.

Experimental Advanced Superconducting Tokamak atau EAST ini diuji kembali dan menghasilkan suhu mencapai 120 juta derajat celcius selama 101 detik.

Tidak berhenti disitu, EAST diuji cobakan kembali pada Juni 2021 dan hasil yang didapatkan yaitu matahari ini menghasilkan suhu 160 juta derajat celcius yang berarti 10 kali lebih panas dibandingkan dengan matahari.

Tapi, kira-kira bagaimana cara membuat matahari buatan ini? Dan mungkin apa saja teknologi yang dibutuhkan untuk membuat matahari buatan tersebut? 

Cara Membuat “Matahari Buatan” EAST (Experimental Advanced Superconducting Tokamak)

Matahari Buatan China

Sumber Gambar : briteindonesia.com

EAST (Experimental Advanced Superconducting Tokamak) dibuat dengan tujuan mampu menghadirkan sumber energy tak terbatas demi keberlangsungan masa depan manusia. Kehadiran EAST. Eksperimen dilakukan di berbagai provinsi yang ada di China seperti Provinsi, Hefe, Provinsi Anhui dan bagian wilayah timur China.

Terus bagaimana cara membuatnya? EAST sendiri meniru sistem penggabungan atau fusi nuklir matahari dengan menggunakan medan magnet dan juga bahan kimia seperti hydrogen berupa deuterium.

Setelah mencampurkan berbagai bahan kimia tadi yang berada di dalam deuterium. Kemudian bahan-bahan tersebut dipanaskan lalu membentuk energy plasma yang terbentuk berkat medan magnet yang terdapat pada EAST.

Energy plasma tersebut akan berubah dan menghasilkan partikel-partikel panas dengan jumlah yang banyak, Bahkan energy panas ini akan terus meningkat sampai jutaan derajat celcius. Bisa dibilang keren sih!

Alasan EAST Tidak Menggunakan Bahan Bakar Fosil Untuk Menghasilkan Energi Panas

Matahari Buatan China

Sumber Gambar : detik.net

EAST memang tidak menggunakan bahan bakar fosil untuk menghasilkan energy panas. Hal itu dikarenakan sumber daya alam tersebut sangat terbatas, dimana sebagian besar seperti minyak, batu bara, gas alam dan memungkinkan untuk habis seiring dengan berjalannya waktu.

Sehingga pilihan terbaik memang jatuh pada deuterium. Kenapa deuterium? Deuterium tersedia secara luas dalam hidrogen atau air laut, dan jumlahnya tidak akan habis.

Maka dari itu, penggunaan deuterium pada pembuatan EAST (Experimental Advanced Superconducting Tokamak) akan jadi alternatif yang bagus untuk energy panas yang tidak terbatas bagi umat manusia pada masa yang akan datang.

Hingga saat ini, memang EAST belum secara resmi digunakan secara komersial dan masih dalam proses uji coba kembali oleh para peneliti. Dan diharapkan bahwa EAST ini bisa menyelam lebih lama dengan suhu yang lebih tinggi. 

Nah, itu tadi beberapa fakta mengenai EAST (Experimental Advanced Superconducting Tokamak) dan bagaimana cara kerja EAST. Cukup keren, bukan?

About author

Related posts
GenK LIFE

Menjaga Hidrasi Kulit dengan Glow Better Coconut Series. Yuk Ketahui Urutan Pakainya!

GenK LIFE

10+ Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2022 untuk Keluarga, Teman hingga Pacar

GenK LIFE

Kenali 5 Jenis Jerawat dan Tips Mengatasinya Agar Tidak Membekas

GenK LIFE

Olahraga Saat Puasa? Why Not! Ini Jenis Olahraga yang Dapat Kamu Lakukan di Bulan Ramadan

Leave a Reply

Your email address will not be published.