Seni Rupa & Desain

Gimana Sih Cara Merancang Booth Pameran Yang Menarik?

Cara Merancang Booth Pameran Yang Menarik

Secara garis besar booth pameran merupakan sebuah set yang digunakan sebagai sarana promosi produk, jasa, maupun branding sebuah usaha dalam suatu acara. Desain memegang peranan penting dalam menentukan performa booth. Sebuah booth dapat dikatakan memiliki performa yang baik apabila mampu menarik perhatian pengunjung, memperkenalkan konten yang ditawarkan dan menyampaikan pesan di balik tujuan didirikannya. Apabila ingin merancang sebuah booth pameran atau meningkatkan desain booth yang ada maka simak tips-tips berikut ini :

1. Perhatikan Aspek Emosional

Welcoming

Sumber Gambar : Dreamstime.com

Buat pengunjung merasakan perasaan positif saat berada di area booth. Penting bagi pengunjung untuk merasa disambut saat mengunjungi suatu booth. Agar terlihat lebih welcoming, booth bisa menggunakan konsep open space yang terbuka dan minim partisi. Booth yang terlalu tertutup akan menimbulkan kesan eksklusif yang membuat orang ragu untuk berkunjung. Cara lain untuk menghadirkan kesan welcoming pada booth adalah dengan signage dan wayfinding yang jelas agar saat berada di area booth  pengunjung tidak merasa asing dan kebingungan saat menjelajah.

Fun

Sumber Gambar : Instagram.com/Hyundaimotorindonesia

Booth yang fun memiliki nilai tambah di mata pengunjung. Kesan fun dapat dihadirkan dengan menambahkan elemen interaktif seperti display layar sentuh, game area, hologram, projection mapping, Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), dan teknologi interaktif lainnya. Elemen interaktif yang dihardikan pada booth merupakan elemen yang penting ada karena akan menimbulkan rasa penasaran, mengalihkan fokus pengunjung lebih lama kepada booth, dan meningkatkan interaksi pengunjung dengan konten booth. Selain contoh-contoh tersebut, area berfoto atau photobooth juga dapat memberikan kesan fun bagi pengunjung. Adanya photobooth yang menarik akan memberi kesempatan bagi brand atau konten yang ditawarkan dapat menjangkau orang-orang yang tidak datang secara langsung di booth melalui foto – foto yang ter upload ke media sosial.

Sumber Gambar : Instagram.com/Hyundaimotorindonesia

Walaupun booth yang interaktif akan lebih menarik perhatian pengunjung, namun perlu diingat bahwa elemen interaktif tidak boleh mendominasi dan  harus tetap relevan dengan konten yang ingin disampaikan melalui booth yang didirikan. Implementasi elemen interaktif ini sangat direkomendasikan bagi perusahaan yang bergerak di bidang teknologi.  Instruksi yang disediakan berkenaan dengan elemen interaktif juga harus jelas agar tidak menimbulkan keraguan bagi pengunjung yang ingin mencoba fasilitas tersebut.

Unik vs Familiar

Sumber Gambar : Bola.net

Selain kesan yang fun, booth juga dapat menarik perhatian pengunjung dengan memancing rasa penasaran mereka. Salah satu caranya adalah dengan meletakkan sesuatu yang penuh makna namun terlihat tidak pada tempatnya di titik fokus booth akan menimbulkan pertanyaan di benak pengunjung dan mendorong mereka untuk mencari tahu lebih dalam lagi. Salah satu contoh yang bisa diterapkan yakni dengan menggunakan ciri khas brand yang unik namun jarang disadari orang. Perlu dipastikan bahwa elemen kejutan yang dipilih mampu menyampaikan cerita dan makna yang menjadi alasan keberadaannya di booth tersebut. Cara lain untuk menggerakkan perasaan pengunjung adalah dengan menghadirkan sesuatu yang berhubungan dan akrab dengan target pasar dari booth. Perasaan familiar yang muncul akan menarik perhatian pengunjung. Sebagai contoh, apabila target pasar merupakan golongan anak remaja maka tampilkan elemen-elemen yang berkaitan dengan tren anak muda masa kini seperti lagu, visual, dll.

2. Penggunaan Warna

Booth Pameran

Sumber Gambar : Koleksi Pribadi

Teori psikologi warna dapat diterapkan pada desain booth untuk membangun suasana dan persepsi. Warna-warna cerah dan  kontras lebih menarik perhatian apabila dibandingkan dengan warna yang memiliki saturasi rendah. Beberapa hal yang dapat dipelajari untuk menambah pengetahuan dalam hal memadu padankan warna yakni kombinasi warna analogus (senada), kombinasi warna monokrotmatik, kombinasi warna komplementer, kombinasi warna komplementer triad dan tetra, kombinasi warna split complementary, warna hangat dan dingin serta psikologi warna.  Perlu diingat juga bahwa warna yang akan digunakan pada desain booth harus sesuai dengan tema atau branding.

3. Branding

Booth Pameran

Sumber Gambar : Pexels.com

Desain sebuah booth harus dapat merepresentasikan nilai dari brand dan secara efektif menyampaikan pesan kepada pengunjung. Keseluruhan desain booth sebaiknya satu tema, konsisten dan terlihat sebagai satu kesatuan. Perkuat branding pada booth dengan penggunaan warna yang mencerminkan brand serta peletakkan logo, tagline, maupun informasi penting lainnya tentang brand pada beberapa elemen booth.

4. Tampil Beda

Booth Pameran

Sumber Gambar : Instagram.com / Giias_id

Untuk dapat menarik perhatian, desain booth harus berbeda dari yang lainnya . Salah satu cara agar booth tidak tenggelam di tengah booth lain adalah dengan menciptakan dunia yang berbeda melalui sebuah set. Contohnya adalah dengan membuat booth yang memiliki suasana outdoors atau tempat-tempat tertentu. Cara ini dapat memberikan pengalaman yang berbeda bagi pengunjung sehingga akan lebih menarik dan lebih berkesan di benak mereka. Set yang dibangun tentunya harus relevan dengan tujuan dan pesan yang ingin disampaikan. Dalam menciptakan sebuah set, berikan perhatian ekstra pada aspek audio visual dan lighting dari booth.

5. Kejelasan

Booth Pameran

Sumber Gambar : Vogue.com

Pesan dan informasi yang disampaikan melalui booth sebaiknya jelas dan mudah diterima. Tempatkan informasi penting pada focal point agar lebih mudah dilihat. Pastikan informasi yang ingin disampaikan berada di atas pinggang atau sejajar dengan mata. Pilih font sederhana dan warna yang kontras dengan susunan yang memudahkan pembacanya. Hindari grafis yang terlalu ramai. Tampilkan logo dan konten yang ditawarkan secara jelas. Sajikan informasi atau signage secara sederhana dan rapi sehingga pengunjung tidak perlu bertanya lagi. Selain pesan dan informasi yang jelas booth juga harus menyediakan sirkulasi pengunjung yang jelas untuk menghindari ketidaknyamanan. Layout dari booth sebaiknya direncanakan dengan matang.

Kesimpulan

Sebuah desain booth yang menarik perhatian membutuhkan esensi, pesan, atau cerita yang melandasi tujuan didirikannya booth tersebut, karena hal-hal itulah yang menjadi nilai tambah di mata pengunjung. Mari tingkatkan desain booth dan tarik sebanyak mungkin perhatian pengunjung dengan mengimplementasikan tips-tips diatas!

Penulis : Chen Ie Chin – Mahasiswa Prodi Desain Interior Universitas Kristen Petra
About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

6 Tren Warna Desain Interior 2022 yang Bakalan Hits Tahun Ini

Seni Rupa & Desain

Desa Belega, Desa Pengrajin Bambu di Bali

Seni Rupa & Desain

DTP vs Graphic Design, Kenapa Keduanya Dianggap Berbeda?

Seni Rupa & Desain

Ide Konten Digital Marketing Untuk Promosi Media Sosial Perusahaan Desain Interior