Seni Rupa & Desain

Mengenal Glitch Art: dari Distorsi Jadi Estetika

glitch art

Kata siapa sesuatu yang rusak atau error tidak punya sisi yang estetis? Yuk kenalan sama glitch art, sebuah desain yang menjadikan efek layar rusak sebagai ciri khasnya. Mari kita simak penjelasan selengkapnya!

Di artikel sebelumnya, kami sudah pernah membahas soal tren desain UI UX di tahun 2019. Dari beberapa gaya desain yang masuk ke dalam daftar tersebut, glitch art menjadi salah satunya. Ternyata tolak ukur keindahan tidak hanya berasal dari kesempurnaan loh. Sesuatu yang memiliki tampilan distorsi pun juga memiliki sisi artistik bagi sebagian orang. Hal seperti ini berlaku untuk glitch art yang merupakan sub-genre desain grafis dengan menjadikan tampilan distorsi akibat digital crash

glitch art 1

Contoh efek glitch (sumber: behance.net/paulaLsun)

Gaya glitch design seperti ini masih menjadi tren sejak beberapa tahun belakangan. Tidak hanya bentuknya yang keren secara visual, tetapi gaya ini mampu meninggalkan kesan bagi audiens. Kalau kamu sendiri apakah sudah mengenal apa itu glitch art? Kalau belum tahu dan tertarik untuk mengenalnya lebih dalam, kamu bisa membaca penjelasannya di artikel kali ini.  Yuk langsung saja kita masuk ke pembahasan pertama. 

Apa Itu Glitch Art?

Aesthetic aesthetic clubKalau kamu mengaku anak aesthetic pokoknya wajib banget mengetahui apa itu glitch art. Sekarang kami mulai dari pengertian dasarnya nih. Glitch art adalah gaya desain yang menampilkan efek digital atau analog error untuk menghasilkan visual yang artistik. 

Efek ini bisa diperoleh dengan dua cara. Cara pertama berasal dari layar komputer atau TV yang kebetulan error alias tanpa campur tangan manusia. Sedangkan cara kedua dengan membuat fake glitch, yaitu glitch effect yang sengaja dibuat untuk menghasilkan distorsi dan efek layar rusak.

Perkembangan Tren Glitch Art

Terus, kenapa glitch art bisa menjadi tren? Semua berjalan beriringan dengan perkembangan musik punk. Kalau sebelumnya desain haruslah sempurna dan tanpa cacat, tiba-tiba glitch effect datang dengan membawa segala keunikan dan perbedaannya yang berhasil mendatangkan angin segar untuk dunia industri kreatif.

Tak hanya sampai di situ, glitch design juga semakin berkembang loh. Salah satu perubahan yang santer adalah dengan tidak hanya berpatokan pada gaya konvensional saja, tetapi juga sudah menggunakan teknologi futuristik. Keren banget kan! 

Jenis-Jenis Glitch Effect

Kamu pasti sudah sering melihat berbagai karya desain di internet yang menggunakan glitch effect. Tapi apakah kamu tahu sebenarnya dari mana efek itu berasal? Umumnya orang-orang hanya tahu kalau efek itu berasal dari layar yang error, padahal bisa diulik lebih dalam lagi. Berikut adalah jenis-jenisnya:

1. Data-Moshing

glitch art 2

Data-moshing (sumber: glossimag.com)

Jenis yang pertama adalah data-moshing yang merupakan salah satu cara untuk menghasilkan efek glitch. Data-moshing terjadi karena hilangnya beberapa data selama proses kompresi file. Alhasil, gambar yang tersimpan hanya setengah dan setengahnya lagi hilang saat dikompresi. 

2. Hardware Failure

glitch art 3

Hardware failure (sumber: slideshare.net)

Berikutnya adalah hardware failure yang terjadi karena adanya korsleting, baik dari kabel fisik ataupun koneksi internal yang ada di mesin itu sendiri. Keadaan error ini mengakibatkan mesin jadi terganggu dan menghasilkan suara berdenging. Kalau kamu pernah mengalami blue screen pada layar laptop, itu merupakan salah satu contoh dari hardware failure

3. Misalignment

glitch art 4

Misalignment (sumber: hisour.com)

Selanjutnya adalah misalignment yang merupakan kesalahan akibat membuka file digital dari program yang ternyata dirancang untuk jenis file yang berbeda. Misalnya ketika kamu membuka file video di program yang dikhususkan untuk membuka file suara. Contoh lainnya adalah ketika kamu menggunakan codec yang salah untuk melakukan kompresi file.

4. Distortion

glitch art 5

Distortion (sumber: videohive.net)

Nah, kalau yang ini merupakan salah satu jenis glitch art yang paling awal populer. Distorsi bisa terjadi karena adanya medan magnet yang mengganggu sinyal elektronik seperti TV. Sehingga gambar siaran berubah menjadi bentuk yang abstrak. 

Teknik Glitch Art

Tadi kan kita sudah ngomongin, glitch effect bisa terjadi karena dua cara, yaitu kerusakan langsung pada layar tanpa intervensi manusia dan fake glitch, alias dibikin sendiri. Nah, kalau kamu ingin fake glitch, ada beberapa teknik khusus yang mesti kamu lakukan nih. Jika dikutip dari artikel 99designs, Glitch art design: an inside look at the history and best uses of a modern trend, terdapat 7 teknik yang bisa kamu lakukan. Yuk kita simak poin-poinnya!

1. Pixelation

glitch art 6

Pixelation (sumber: dribbble.com/kimxtine)

Pixel merupakan bagian terkecil dari gambar. Namun apa jadinya kalau terjadi kesalahan pada pixel? Ini bisa menjadi salah satu teknik untuk membuat fake glitch dengan membuat ruang abstrak di dalamnya. Efek pixelation merupakan yang paling sering digunakan untuk mendesain. Misalnya untuk bumper video. 

2. Light Leaks

glitch effect 1

Light leaks (sumber: YouTube Free Stock Footage Archive)

Kalau di dalam dunia fotografi, light leaks atau kebocoran cahaya sangatlah mungkin terjadi. Kebocoran ini menghasilkan cahaya yang begitu ekstra saat dipotret, sehingga bisa membuat objek hampir tidak terlihat bentuk seutuhnya. Ini bisa menjadi cara buat kamu yang ingin membuat efek menarik dari bayangan atau refleksi.

3. Double Exposure

glitch effect 2

Double exposure (sumber: behance.net/benchico)

Dengan meletakkan beberapa gambar secara menumpuk satu sama lain memungkinkan desainer untuk menghasilkan efek bayangan dari dua objek. Keduanya masih terlihat walaupun samar-samar. Caranya adalah dengan memilih kombinasi gambar dan posisi yang sesuai. 

4. Noise dan Grain

glitch effect 3

Noise and grain (sumber: 99designs.com/profiles/ossobukovisual)

Kalau kamu pernah melihat layar TV yang menjadi error karena hilang sinyal, itu merupakan contoh dari noise dan grain. Ini disebut juga sebagai video VHS yang sekarang sering banget digunakan untuk kepentingan desain grafis maupun video. Dengan menggunakan efek ini, kamu dapat menciptakan kembali tampilan film lama atau siaran analog loh.  

5. Degradasi Warna

glitch effect 4

Degradasi warna (sumber: behance.net/LuigiDurante)

Teknik glitch art yang berikutnya adalah dengan menggunakan warna-warna kromatik yang kemudian diberi efek blur untuk memberikan kesan error. Namun kamu juga harus memperhatikan penggunaan warnanya, jangan sampai terlalu keras yang malah bikin pusing. 

6. Tekstur

glitch effect 5

Tekstur (sumber: dribbble.com/IvanRadovic)

Sama halnya dengan penggunaan warna, tekstur blur dan yang bersifat asimetris sangat bagus jika dijadikan sebagai background gambar untuk desain glitch art. Pokoknya estetis banget.

7. Glitch Lettering

glitch effect 6

Glitch lettering (sumber: bashooka.com)

Pilihlah tipografi yang mampu mengkomunikasikan efek glitch dengan baik kepada audiens. Misalnya dengan menggunakan huruf besar dengan efek garis bergelombang atau bergerigi. Kamu juga bisa menggunakan efek fuzzy glitch di sekitar tulisan untuk memberikan ilusi gerakan.

Itu dia penjelasan seputar glitch art yang dimulai dari pengertian, jenis-jenis, sampai teknik yang digunakan ketika mendesainnya. Sekarang saatnya praktik nih! Tutorialnya bisa langsung kamu baca di artikel kami selanjutnya tentang cara membuat efek glitch di Photoshop. Selamat mencoba! 

Polling

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Cara Membuat PowerPoint Animasi Bagus Serta Menarik

Seni Rupa & Desain

Istilah Warna dalam Desain Grafis yang Paling Sering Digunakan, Udah Tahu?

Seni Rupa & Desain

Cara Agar Desain Terlihat Minimalis Biar Desainmu Makin Stylish

Seni Rupa & Desain

6 Tren Warna Desain Interior 2022 yang Bakalan Hits Tahun Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.