Game & Teknologi

Google Analytics 4 (GA4): Pengertian dan Keunggulannya dari Versi Lama

Apa itu Google Analytics 4 (GA4)? FYI, Google Analytics 4 ini termasuk salah satu tools wajib bagi setiap praktisi dunia digital marketing sekarang ini, GenKs. Tapi apa, sih, bedanya GA4 dengan Google Analytics yang biasa?

Ternyata sekarang ini sudah ada upgrade-an teranyar dari Google yang sangat berguna untuk proses analisis yang jauh lebih baik. Yuk, simak lebih lanjut seluk-beluk tentang si GA4 ini biar kamu makin paham:

Apa, sih, yang Dimaksud Google Analytics 4 (GA4)?

Google Analytics 4

Sumber Gambar : blog.leadsngin.com

Well, bisa dikatakan GA4 adalah versi terbaru dari Google Analytics, sebuah tool penyedia layanan web analytic. Tool ini umum banget dipakai para digital marketer dalam pekerjaan harian mereka untuk melihat statistik SEO maupun keperluan digital marketing lainnya.

Sejak rilis perdana, Google Analytics langsung menjadi favorit para praktisi digital marketing, lho, GenKs. Tapi seiring dengan semakin canggihnya dunia digital, terutama SEO, para marketer pun perlu tool yang lebih pintar lagi.

Untuk memenuhi kebutuhan para digital marketer, Google mengenalkan tool terbarunya yang diberi nama Google Analytics 4 pada tahun 2020 lalu. Dibandingkan dengan pendahulunya, GA4 ini dibekali insight yang lebih mendalam.

Dan nggak cuma itu doang, lho, guys. Hebatnya tool ini bisa kamu integrasikan dengan Google Ads, lho.

Meski kamu masih bisa menggunakan Google Analytics biasa, tapi tool terbaru Google ini lebih highly recommended untuk para digital marketer. Jadi, diharapkan kamu bisa mulai beradaptasi dengan GA4.

Alasannya, karena Google Analytics 4 sudah disertai machine learning. Fitur ini sangat berguna untuk membantumu mengolah data-data terkait produk yang kamu tangani dalam pekerjaan ini.

Apa Keunggulan GA4 Ketimbang Google Analytics Versi Biasa?

Google Analytics 4

Sumber Gambar : Medium.com

Hadir dengan banyak fitur baru, tentu GA4 jauh lebih unggul dibandingkan versi lawasnya. Lalu apa saja hal yang bisa kamu lakukan dengan Google Analytics 4?

Berikut ini adalah sebagian keunggulan yang ditawarkan GA4:

  • mengombinasikan analitik dari web dan app
  • lebih mendalam memahami perilaku konsumen
  • membuat path analysis
  • membuat predictive model untuk kebutuhan conversion rate optimization
  • melacak engaged session
  • audience targeting dengan lebih akurat
  • terintegrasi dengan Google BigQuery
  • mem-backup Google Universal Analytics, dan lain-lain.

Gimana Cara Ganti dari Google Analytics versi Biasa ke GA4?

Google Analytics 4

Sumber Gambar : bluedotmarketing.ca

Seperti yang disebutkan sebelumnya, para digital marketing sangat disarankan untuk mulai belajar menggunakan Google Analytics Four dari sekarang. Yah, paling enggak kamu bisa men-setup-nya.

Meski nggak langsung digunakan detik itu juga, kamu bisa mengoperasikan GA4 bersamaan dengan Google Universal Analytics, kok, GenKs.

Ikuti panduan berikut untuk men-setup GA4:

  • Pertama-tama login-lah ke akun Google Analytics-mu
  • Setelah itu klik Admin yang ada di pojok kiri bawah
  • Kemudian pilih akun yang kamu inginkan
  • Pilih properti, lalu klik GA4 Setup Assistant
  • Klik Get Started dan pilihlah tombol Create Property

Cuma dengan beberapa langkah mudah di atas, kamu sudah bisa langsung menggunakan GA4. Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan hanyalah melakukan penyesuaian berdasarkan kebutuhanmu.

Gimana, GenKs, sudah semakin paham dengan apa itu yang dimaksud Google Analytics 4, kan? Sekarang kamu bisa praktek langsung pakai GA4, deh. Memang awalnya kamu butuh sedikit waktu untuk menguasainya, tapi setelah mahir, tool ini akan memberikan banyak manfaat dalam pekerjaanmu sebagai digital marketer, lho.

About author

Related posts
Game & Teknologi

Front End Developer vs. Back End Developer, Apa Sih Bedanya?

Game & Teknologi

Peluang Penggunaan Teknologi VR dan AR Untuk Bisnis

Game & Teknologi

Gimana Sih Cara Membuat Channel Telegram?

Game & Teknologi

NFT vs Microstock, Apa Beda dari Keduanya?