GenK LIFE

Gunakan 4 Cara Komunikasi Berikut Agar Desainer Grafis Paham Keinginanmu

Ada kalanya seorang desainer grafismu membuat sebuah gambar atau pola yang tidak sesuai dengan keinginanmu. Padahal sudah jauh-jauh hari, kamu memberikan arahan sampai coretan dan penjelasan terkait apa yang kamu minta. Well, sebenarnya sih tidak 100% itu adalah salah desainer grafismu lho. Ada kemungkinan juga cara komunikasi kamu yang salah dan ujung-ujungnya, desainer grafismu tidak dapat mencerna perintah dan permintaamu.

Untuk itu, kamu harus melakukan komunikasi secara benar dan detail agar desainer grafismu bisa paham akan keinginanmu dan dapat melakukan apa yang kamu minta. Bagi kamu yang merasa kesulitan untuk melakukan komunikasi semacam itu, berikut ini ada 6 cara sederhana yang bisa kamu coba.

Kenapa Berkomunikasi dengan Baik ke Desainer Grafis Itu Sangat Perlu?

Sumber Gambar : thebalancecareers.com

Sebelum melangkah ke tips berkomunikasi dengan baik dan efektif ke desainer grafis, ada baiknya kamu mengetahui juga alasan di balik itu. Desainer grafis sama seperti desainer-desainer lain pada umumnya. Mereka mampu mewujudkan keinginan kliennya dalam bentuk grafis, gambar atau pola tertentu.

Hanya saja, mereka tetaplah manusia dan bukan seperti mesin pencari Google yang tahu dan dapat memprediksi apa yang bakal kamu inginkan. Mereka manusia biasa yang pastinya akan salah dalam membuat sebuah grafis, gambar atau pola ketika perintahmu sendiri susah dimengerti.

Oleh karenanya, komunikasikan dengan baik, detail dan seefektif mungkin agar apa yang ada di otakmu dapat diwujudkan dengan baik oleh seorang desainer grafis. Dengan begitu, walaupun nantinya akan ada refisi dan sejenisnya, tapi setidaknya hasilnya tidak parah-parah banget.

Cara Berkomunikasi Secara Efektif, Baik dan Mudah Dimengerti dengan Desainer Grafis

Komunikasikan Apa yang Kamu Inginkan

Sumber Gambar : medium.com

Merancang merupakan sebuah proses kreatif yang membutuhan perencanaan dan eksekusi matang agar dapat menghasilkan sesuatu yang dikehendaki. Jadi jika kamu ingin mendapatkan hasil yang baik, maka komunikasikanlah apa yang kamu inginkan. Bahkan kalaupun ada hal-hal yang kecilpun, utarakan agar apa yang kamu inginkan dapat diwujudkan secara tepat.

Utarakan dengan Detail

Cara Komunikasi

Sumber Gambar : wixstatic.com

Sebuah permintaan yang tidak jelas maka secara pasti tidak akan membantu seorang desainer mana pun untuk dapat memenuhi harapanmu. Misalnya saja, kamu menyukai contoh gaya, font, palet warna, tata letak atau apapun tertentu, maka utarakan dengan jelas dan detail. Hal itu untuk meminimalisir terjadinya kesalahan vatal setelah hasil jadi nantinya. 

Tidak Ada Desainer yang Sempurna

Cara Komunikasi

Sumber Gambar : bareknuckle-branding.com

Tidak ada seorang desainer di dunia yang bisa membuat sebuah hasil karya pesanan secara langsung dan sempurna. Pastinya ada kesalahan, entah itu besar ataupun sedikit. Hal itu merupakan suatu yang wajar terjadi. Jangan sampai gara-gara kesalahan yang terjadi seperti itu, lalu kamu marah. Ingat! Tidak ada desainer yang sempurna. Bicarakan dengan baik-baik ketika terjadi kesalahan. Walaupun semua tanggung jawab tetap ada di tangan desainer, tapi dengan kamu memarahinya, maka dapat membuat haisl karyanya tidak maksimal dan berlarut-larut jadinya.

Terima Saran

Cara Komunikasi

Sumber Gambar : forbes.com

Dalam proses di dunia desain grafis, seorang desainer tidak memiliki cukup banyak hak untuk mengubah konsep yang diinginkan klien. Walaupun sebenarnya, konsep yang sedang dikerjakannya itu menurutnya kurang bagus. Mereka tahu dan paham tentang hal itu.

Dan untuk mendapatkan hasil bagus juga maksimal, nggak ada salahnya kok kalau kamu menerima saran yang diberikan olehnya. Kalaupun kamu merasa kurang cocok, mungkin ada sesuatu dari saran itu yang dapat kamu ambil, kolaborasikan atau tambahkan dalam konsepmu. 

Dengan menggunakan 4 tips di atas, maka akan ada komunikasi bagus dan efektif 2 arah secara langsung, yaitu kamu dan desainer grafis tersebut.

About author

Related posts
GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Kenalan Dengan Claudia Emmanuela Santoso, Penyanyi Yang Membawakan Hymne Special Olympic 2022

GenK LIFE

Sering Dikira Sama, Kenali Perbedaan Asam Lambung dan GERD