GenK LIFE

Hal-Hal yang Harus Kamu Tahu Soal Kartu Pra Kerja

Pamdemi COVID-19 yang semakin meluas memang memberikan dampak yang sangat besar hingga melumpuhkan banyak kegiatan sosial. Tak hanya berdampak pada sosial saja namun juga berdampak sangat besar ke perekonomian hingga membuat Presiden Joko Widodo mengambil tindakan dan inisiatif.

Salah satunya adalah percepatan pelaksanaan progran Kartu Pra Kerja. Adanya dampak pandemi, membuat presiden mempercepat proses realisasi pembagian dan pengadaan Kartu Pra Kerja Nasional lebih cepat dari rencana awal. Pada Sabtu (11/4/2020) Kartu Pra Kerja pun akhirnya berhasil dirilis.

Percepatan tersebut guna mengatasi banyaknya kasus pemutusan hubungan kerja atau PHK yang terjadi dimana- mana akibat pandemi COVID-19 yang mewabah di banyak bagian daerah Indonesia.

Apa itu Kartu Pra Kerja?

Kartu Pra Kerja. (Sumber: wartaekonomi)

Sebenarnya, Kartu Pra Kerja merupakan salah satu program yang dilakukan pemerintah dalam upaya peningkatan perekonomian Indonesia. Namun menjadi implementasi Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Re-focusing Kegiatan, Realokasi Anggaran, serta Pengadaan Barang dan Jasa untuk Percepatan Penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Tak hanya mempercepat proses realisasi, pemerintah juga menambah anggaran dana Program Kartu Prakerja dari yang semula berjumlah 10 triliun Rupiah, naik menjadi 20 triliun. Dengan meningkatnya anggaran ini juga nilai manfaat yang akan diterima peserta juga turut meningkat.

Baca Juga :   Metode Eisenhower Ini Terbukti Efektif dan Membantu Tingkatkan Produktivitas

Manfaat Kartu Pra Kerja

Ilustrasi bekerja. (Sumber: pexels)

Dengan adanya Kartu Pra kerja 2020 yang terealisasi lebih awal di bulan April ini, pemerintah berharap kartu ini akan memberikan manfaat dan solusi bagi masyarakat seperti :

  • Membantu meringankan biaya pelatihan yang ditanggung oleh pihak pekerja dan perusahaan.
  • Mampu mengurangi biaya dalam mencari informasi mengenai pelatihan
  • Mendorong pekerjaan seseorang lewat pengurangan mismatch
  • Menjadikan komplemen dari pendidikan formal

Pelatihan yang dilakukan juga disediakan melalui delapan platform, seperti: Tokopedia, Bukalapak, Skill Academy by Ruangguru, MauBelajarApa, HarukaEdu, PijarMahir, Sekolah.mu dan Sisnaker. Sementara, untuk mitra pembayarannya sendiri menggunakan Link Aja, OVO, dan Bank BNI.

Baca Juga :   4 Inspirasi Ruang Kerja yang Bikin Kamu Jadi Super Produktif
About author

Related posts
GenK LIFE

7 Hal Yang Perlu Diketahui Soal Menstruasi! Para Wanita Wajib Tau!

GenK LIFE

Generasi Milenial Wajib Tahu, Ini 5 Tips Mencapai Financial Freedom di Usia Belia

GenK LIFE

Apa Benar Hujan-Hujanan Bisa Bikin Sakit? Simak Disini!

GenK LIFE

Kenali Anticipatory Anxiety, Kelainan Yang Membuatmu Overthinking