Creativepreneur and Career

Hal Penting Buat Diperhatikan Saat Career Shifting ke Digital Marketing

Digital marketing merupakan industri yang sekarang lagi booming. Nggak heran kalau semakin banyak orang memilih career shifting ke digital marketing. Berganti profesi nggak mudah, karena ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan betul. Nah, berikut ulasannya.

Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Berkarier di Digital Marketing

Sumber Gambar : pexels.com

Apapun bidang pekerjaan kamu sekarang, dengan langkah tepat, kamu bisa berkarier di dunia digital marketing. Hal terpenting yaitu kamu paham teknologi, serta selalu mengasah dan mengembangkan kemampuan kamu.. Berikut hal penting buat kamu perhatikan sebelum beralih profesi ke digital marketing:

Bikin Website

Sumber Gambar : rocketspark.com

Sebuah website bisa meningkatkan kredibilitas kamu. Online customer juga lebih mudah menemukan kamu. Kamu bisa pakai tools digital buat explore analitik, PPC (pay per click), dan metode lainnya.

Kumpulkan Informasi Tentang Digital Marketing

Perubahan adalah keputusan besar apalagi alih profesi, nggak peduli sebanyak apapun pengalaman kamu. Dapatkan ilmu dari blog, webinar, website digital marketer, dan sebagainya. 

Bekerja Keras Sambil Cari Sertifikat

Ada sertifikasi gratis yang biasa disediakan akademi dan institusi. Kamu juga bisa ikutan kursus digital marketing. Dengan mendalami ilmu dan istilah di dalamnya, kamu pun bakalan semakin ahli.

Coba Ikutan Project Lepas Buat Latihan Dulu

Ini cocok buat kamu yang ingin beralih pelan-pelan dari pekerjaan kamu sekarang ke digital marketing sepenuhnya. Coba ikut dalam project digital marketing, di divisi marketing tempat kerja kamu juga boleh.

Membangun Jaringan

Kamu harus mengenal orang-orang di industri yang akan kamu geluti. Misalnya kamu mau memulai karier digital marketing di e-commerce, maka kamu harus tahu siapa orang dan perusahaan yang beroperasi di sana.

Pahami Kekuatan dan Kelemahanmu

Langkah ini penting buat career shifting ke digital marketing. Kelemahan dan kekuatan yang dikelola dengan baik bakal membantu kamu sukses dalam berkarier. Misalnya, kamu mungkin bagus dalam analitik tapi nggak jago bikin konten. Jadi, disesuaikan aja.

Coba Kerjakan Project Freelance

Ini langkah awal dengan cara ambil kerjaan di luar kantor. Ada banyak platform buat pekerjaan freelance terkait digital marketing. Ambil aja yang kamu mampu, meskipun bayarannya dikit, tapi yang penting pengalamannya. Buat batu loncatan.

Persiapan Wawancara Harus Matang

career shifting

Sumber Gambar : roberthalf.com

Persiapkan wawancara sejak dini buat karier digital marketing kamu. Kamu bisa belajar pertanyaan wawancara dan jawabannya di internet termasuk YouTube. Cari tahu juga tentang perusahaan yang mau kamu jadikan tempat bekerja. Cari informasi sebanyak-banyaknya.

Memaksimalkan Media Sosial

Maksimalkan semua media sosial kamu, dari sosmed kamu bisa belajar banyak. Ada banyak channel sosmed yang memberikan materi sekaligus buka lowongan digital marketing. Biasanya perusahaan posting lowongan di sosmed.

Selalu Punya Motivasi dan Keberanian

Saat kamu termotivasi dan berani belajar tentang digital marketing, inilah yang bikin kamu mengesankan, khususnya bagi perusahaan yang mencari tenaga kerja. Passion kamulah yang dicari oleh perusahaan. Kira-kira hal apa dari digital marketing yang paling menarik bagimu? Inilah passion kamu.

Update Profil LinkedIn

career shifting

Sumber Gambar : forbes.com

LinkedIn merupakan media yang memberikan kesempatan besar bagi kamu buat berkarier di digital marketing. Salah satu media formal yang membantu menghubungkan orang-orang dengan minat, etos kerja, dan passion serupa, adalah LinkedIn. 

Jadi, buka LinkedIn kamu kemudian update profil kamu selengkap-lengkapnya. Kamu juga bisa mencantumkan sertifikat dan pencapaian kamu. Terutama, sertifikat terkait digital marketing bisa menutupi pengalaman kamu yang masih minim apabila kamu seorang pendatang baru di industri digital.

Itu tadi ulasan tentang career shifting ke digital marketing. Nah, kamu bisa mulai langkahmu hari ini juga. Semangat!

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Jurusan yang Harus Kamu Ambil Kalau Ingin jadi Game Designer

Creativepreneur and Career

6 Penerbit yang Menerima Naskah Penulis Pemula dari Seluruh Indonesia

Creativepreneur and Career

4 Skill Wajib yang Harus Dikuasai untuk jadi Penyiar Radio

Creativepreneur and Career

5 Ide Bisnis Fashion Masa Kini dengan Modal Sedikit Tapi Bisa Cuan Banyak