Arsitektur & Interior

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Loose Furniture

Seiring perkembangan zaman, furniture atau mebel menjadi kebutuhan utama dalam sebuah tempat tinggal untuk melengkapi aktivitas manusia. Jenis furniture juga semakin beraneka ragam, salah satunya Loose Furniture. Apasih Loose furniture itu? Loose Furniture dalam bahasa Indonesia dapat disebut sebagai “furnitur lepas”, dimana konstruksi dari furniture tersebut tidak terikat dengan bangunan dan dapat dipindahkan. Sehingga memungkinkan Anda dapat mengubah tampilan dan tema dari ruang hunian sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

  1. Model

Loose Furniture

Sumber Gambar : 99.co

Hal pertama yang tentunya harus kita perhatikan pada saat ingin membeli sebuah Loose Furniture adalah Model. Setiap Loose Furniture memiliki konsep tersendiri, dimana setiap konsep akan menghasilkan model yang berbeda.

Pada saat memilih, kita harus menentukkan terlebih dahulu, kira-kira Loose Furniture yang kita pilih ini akan ditempatkan di bagian ruangan seperti apa, fungsinya apa, dengan tujuan supaya senada dengan tema ruang. Namun, dalam pertimbangan, kita juga harus memikirkan apakah model tersebut ketinggalan jaman dan lekang oleh waktu atau tidak.

  1. Bentuk

Loose Furniture

Sumber Gambar : alcasa.id

Lalu hal kedua yang perlu kita perlu perhatikan adalah bentuk dari Loose Furniture. Bentuk Loose Furniture yang akan dibeli harus disesuaikan dengan bentuk ruangan atau space ruangan yang akan diisi, supaya Loose Furniture yang dibeli tidak membuat sirkulasi ruangan atau space tersebut menjadi tidak beraturan. Dalam sebuah environment, sirkulasi mempunyai peran sangat penting, yaitu antara membuat penggunanya merasa environment nya sempit atau environment nya luas.

  1. Warna

Loose Furniture

Sumber Gambar : kompasiana.com

Hal yang ketiga, adalah Warna. Dalam banyak aspek kehidupan, warna mempunyai perna yang sangat penting. Warna dapat menentukan suasana atau mood dari sebuah objek. Begitu halnya dengan ruangan. Pemilihan warna Loose Furniture juga harus diperhatikan karena akan mempengaruhi mood dari suatu ruangan.

Tips dalam memilih warna adalah usahakan untuk memilih Loose Furniture dengan warna yang senada (‘matching’) dengan ruangan dimana Loose Furniture tersebut akan ditempatkan. Ada beberapa hal mendasar tentang mood yang dapat diciptakan oleh sebuah warna.

Warna merah menggambarkan keberanian, kontras,dll. Misalnya Warna biru menggambarkan. Warna kuning menggambarkan. Dan warna hijau menggambarkan.

  1. Harga

Sumber Gambar : pinterest.com

Hal yang keempat yang perlu diperhatikan adalah harga. ‘Malu bertanya, sesat dijalan’. Pepatah yang sering sekali kita dengar sewaktu kita masih kecil, namun masih sangat relate dengan kehidupan kita saat ini.

Banyak eksplorasi dan mencari perbandingan harga adalah kunci yang tepat dalam memilih Loose Furniture dengan harga terbaik.

Jangan terburu-buru dalam membeli sebuah Furniture hanya karena sedang diskon atau sedang ada promo, namun risetlah terlebih dahulu. Apakah harga furniture tersebut memang sesuai dengan pasaran (tidak overprice dan underprice), dan juga menyesuaikan dengan budget dan kebutuhan kita.

Furniture dengan harga overprice dapat membuat kita boros hanya untuk satu buah furniture saja, dan harga underprice juga membuat kita waspada apakah kualitas yang diberikan cukup bagus atau tidak.

Ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan, yaitu usahakan untuk memilih perabot dengan warna netral, karena harga perabot dengan warna netral cenderung lebih ‘masuk di kantong’ daripada perabot dengan warna-warna cerah.

Dan juga hal ini berdampak dalam penyesuaian dengan ruangan, karena furniture dengan warna netral lebih mudah membaur dalam segala kondisi ruangan. Lalu tips selanjutnya adalah usahakan untuk membeli Loose Furniture yang sudah di bundling, atau dijual secara sepaket, contohnya meja makan sepasang dengan kursi-kursinya.

  1. Garansi

Loose Furniture – Craft My Space

Sumber Gambar : craftmyspace.net

Hal lain yang harus menjadi pertimbangan dalam memilih sebuah furniture adalah garansinya. Mungkin tidak banyak penyedia atau toko yang memberikan jaminan garansi, padahal peran garansi dalam dunia furniture sangatlah penting.

Mengapa? Karena furniture-furniture yang kita beli, kebanyakan akan dikirim melalui ekspedisi pengiriman dari penyedia atau pihak ketiga. Sangatlah jarang furniture yang kita beli, akan dapat langsung kita bawa pulang ke rumah.

Oleh karena itu, garansi disini berperan penting sebagai jaminan sewaktu pengiriman apabila terjadi kelalaian oleh jasa pengiriman.

  1. Material

Loose Furniture

Sumber Gambar : Maxxmoracontract.com

Dalam membeli produk furniture, jangan lupa untuk selalu membaca dekripsi produk dengan teliti untuk memahami material apa yang digunakan pada Loose Furniture yang akan Anda beli, dan usahakan untuk mencari produk Furniture dengan penjelasan spek yang jelas.

Terutama jika Anda membeli di toko langsung, usahakan untuk menanyakan dengan jelas kepada staf penjualan, agar Anda juga dapat mengetahui apakah harga yang tertera sudah sesuai dengan kualitas yang diberikan.

Misalnya jika menginginkan furniture yang bisa tahan lama, lebih baik kita mencari Furniture dengan konstruksi kayu, dan jangan memilih aluminium atau kayu partikel karena daya tahan yang kurang bagus dibandingkan dengan kayu.

  1. Ukuran

Loose Furniture

Sumber Gambar : indiamart.com

Pastikan terlebih dahulu, ukuran space atau ruangan yang akan diisi dengan Loose Furniture sudah terlayout atau tertata dengan benar. Setelah itu, barulah Anda boleh mencari dan menyesuaikan produk Furniture seperti apa yang dapat sesuai dengan ukuran yang tersedia. Hindarilah memilih Furniture dengan ukuran besar, terlebih jika perabot itu tidak sesuai dengan kebutuhan Anda.

Nah itu adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membeli ataupun memilih Loose Furniture yang teman – teman semua inginkan ya! Gimana gampang bukan? Jangan sampai salah pilih ya teman – teman. 

Ditulis oleh : Yedida Meidi Aprilia (Mahasiswi Prodi Desain Interior, Universitas Kristen Petra)
Instagram : @meiaprilia15
About author

Related posts
Arsitektur & Interior

4 Desain Interior Japandi untuk Inspirasi Gaya Hunian

Arsitektur & Interior

DIY Cara Cetak Foto di Kayu untuk Ide Bisnis, Coba Yuk!

Arsitektur & Interior

Tips Mendesain Lobi Konsep Industrial Modern yang Stylish!

Arsitektur & Interior

Inspirasi Hunian Lansia karya Van Aken Architect