Creativepreneur and Career

4 Hal Yang Perlu Ditanyakan Saat Interview, Tanya Gaji Salah?

Memasuki tahap interview kerja merupakan salah satu hal yang bisa bikin kamu ‘dag dig dug ser’ bukan? Hal tersebut normal adanya, terlebih lagi bagi kamu yang baru pertama kali melalui tahap yang satu ini. Biasanya, seusai proses interview dilakukan, kamu akan ditawari kesempatan buat bertanya, kamu pastinya setuju dengan hal tersebut bukan. “Aku Tanya gaji salah nggak ya?”, “hmm bingung sih mau tanya apa”, “ Takut salah omong deh kalo tanya hal yang aku nggak tau itu salah” Pikiran semacam itu pastinya pernah terlintas dipikiranmu ketika sesi interview masuk ke dalam tahap tanya jawab. Untuk itu, kamu memang harus mengetahui beberapa hal yang perlu ditanyakan pada saat interview kerja. Bagaimana dengan tanya gaji? Apakah itu salah? Pertanyaan tersebut akan dijawab melalui pembahasan yang berikut ini. Inilah 4 hal yang perlu ditanyakan saat interview sedang berlangsung :

Budaya Pekerjaan

Sumber Gambar : pexels.com

Bertanya perihal budaya pekerjaan terhadap perusahaan yang sedang kamu ingin lamar pada saat itu memang sepatutnya perlu untuk ditanyakan. Hal ini guna membuat dirimu bisa mengenali lingkungan pekerjaan pada perusahaan yang kamu lamar, perhatikan baik-baik jawaban dari rekruter ketika menjawab pertanyaanmu yang satu ini. Kamu juga bisa menganalisa apakah lingkungan pekerjaan pada perusahaan tersebut bersifat ‘toxic’ atau nggak bagi kamu, jangan salah mengambil keputusan ya!

Tujuan Perusahaan

Ditanyakan saat interview

Sumber Gambar : pexels.com

Hal berikutnya adalah tentang tujuan perusahaan, atau dengan kata lain target perusahaan secara keseluruhan dari tahun ke tahun terutama di tahun ketika kamu melamar kerja di perusahaan tersebut. Ini bisa kamu jadikan sebagai pertimbangan akan kesanggupan kamu dalam mencapai target yang ditentukan oleh perusahaan. 

Selain itu, kejelasan tentang tujuan perusahaan kedepannya juga bisa kamu jadikan patokan akan peran kamu dalam jangka panjang. Jika kamu melamar di posisi yang dibutuhkan dalam jangka waktu yang lama atau dengan kata lain nggak ‘rawan’ untuk dipecat kamu bisa menjadikan hal ini sebagai salah satu motivasi mengapa kamu ingin memasuki perusahaan ini. 

Tahap Selanjutnya

Ditanyakan saat interview

Sumber Gambar : pexels.com

Setiap perusahaan pastinya memiliki kebijakan sendiri bukan, beberapa perusahaan ada yang mengharuskan karyawan barunya untuk melewati tahap training terlebih dahulu dan ada juga yang tidak. Jika kamu diharuskan untuk berada dalam tahap training terlebih dulu, maka kamu juga harus menanyakan tentang berapa lama waktu training tersebut dan hal apa saja yang dinilai sebagai syarat lolos dalam tahap training selanjutnya.

Komunikasi Lebih Lanjut

Ditanyakan saat interview

Sumber Gambar : pexels.com

Selain menanyakan perihal tahapan setelah proses interview selesai dilaksanakan, kamu juga perlu untuk menanyakan terkait dengan komunikasi lebih lanjut dengan pihak perusahaan yang kamu lamar. Dalam hal ini, yang perlu kamu tanyakan adalah kapan kamu dihubungi lebih lanjut terkait dengan keputusan setelah melewati tahapan tes interview.

Kamu bisa bertanya kapan waktu kamu dihubungi kembali oleh pihak perusahaan, apakah dalam jangka waktu dekat atau dalam jangka waktu yang lebih lama lagi. Hal ini agar kamu tidak hanya bergantung pada hasil interview di 1 perusahaan saja, sambil menunggu hasil dari proses interview kamu juga bisa melamar di tempat lain jika dirasa terdapat peluang besar untuk diterima di perusahaan lain tersebut.

Lalu, bagaimana dengan menanyakan gaji yang didapat? Hal tersebut wajar saja untuk kamu tanyakan karena itu juga merupakan hak yang wajib kamu dapat dalam melakukan suatu pekerjaan. Namun, terkadang para rekruter sudah memberitahukan hal tersebut ketika recruiter sedang memperkenalkan perusahaan yang kamu lamar. Bisa disimpulkan bahwa bertanya perihal gaji merupakan hal yang wajar, namun baru menjadi hal yang perlu ditanyakan jika recruiter belum membahas tentang hal ini.

Itulah beberapa hal yang perlu ditanyakan saat interview. Semoga bermanfaat.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Ideal untuk Pebisnis Pemula, Kenalan dengan Bisnis Model Canvas Yuk!

Creativepreneur and Career

Pengertian Temperatur Market dan Cara Mengoptimalkannya untuk Kesuksesan Bisnismu

Creativepreneur and Career

10 Skill Wajib di Tahun 2025 yang Perlu Kamu Milik

Creativepreneur and Career

Cara Cepat Meningkatkan Bisnis Online Dijamin Berhasil