Creativepreneur and Career

3 Hard Skill Ini Bikin Kamu Serba Bisa di Industri Kreatif

hard skill industri kreatif

2. Video Production

hard skill 3

Ilustrasi video production (sumber: shunarthawaii.com)

Sebagai makhluk visual yang selalu tertarik dengan berbagai hal yang memukau mata, kita seringkali terbuai saat melihat konten-konten dengan grafis ciamik. Baik itu berupa gambar atau pun video. Karena itulah, hard skill video production merupakan aset yang  sangat berguna di industri kreatif. 

Setiap menitnya, ratusan ribu hingga jutaan orang di seluruh dunia sedang menyaksikan tayangan video yang ada di internet. Baik melalui platform populer seperti YouTube, atau video yang tayang di media sosial. Menonton video sudah jadi kebiasaan banyak orang. 

Konten video merupakan salah satu jenis karya yang paling banyak diminati dan laku keras di pasaran. Apalagi di dunia industri kreatif. Berangkat dari hal inilah, kemampuan produksi video menjadi salah satu dari 10 hard skill yang paling banyak dicari di tahun 2019 versi LinkedIn

Video production merupakan kemampuan kompleks yang meliputi banyak skill lainnya. Beberapa di antaranya seperti videografi, video editing, manajemen, dan pastinya didukung dengan kreativitas tanpa batas dong. Semua skills tersebut digabung menjadi satu menjadi kemampuan video production. 

Membuat konten video yang menarik dan relevan dengan kualitas tinggi bukanlah hal yang mudah loh. Pasalnya, proses produksi sebuah konten video membutuhkan persiapan yang matang dan waktu yang tidak sebentar pastinya. 

3. Social Media Marketing

hard skill 3

Ilustrasi social media marketing (sumber: marketinglyfe.com)

Media sosial sudah menjadi bagian yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan kita sehari-hari. Presensi seseorang di media sosial bukan lagi menjadi sekadar upaya bersosialisasi, tapi juga sudah menjadi bagian penting dalam urusan pekerjaan. 

Dengan banyaknya pengguna media sosial di seluruh dunia, kesempatan baru pun tentu ikut muncul sebagai upaya pemanfaatan tren ini. Nah, kemampuan yang dipakai dalam upaya memanfaatkan media sosial tersebut untuk kebutuhan industri adalah social media marketing

Hard skill yang mulai santer terdengar sejak beberapa tahun belakangan ini merupakan kemampuan teratas dalam daftar pencarian banyak perusahaan. Kemampuan untuk memanfaatkan kekuatan media sosial sudah tentu akan membawa segudang hal positif bagi suatu organisasi. 

Kamu bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook dan Instagram untuk menyampaikan suatu kampanye atau menawarkan produk/tertentu kepada para calon penggunamu dari berbagai pelosok dunia cukup melalui layar komputer. 

Supaya upaya pemasaran yang kamu lakukan di media sosial bisa sukses dan semakin terdepan, kamu bisa mengintip beberapa tips Facebook marketing yang pernah kami berikan di artikel sebelumnya. Dijamin, presensi media sosial kamu akan jadi semakin oke

Menguasai kemampuan soft skill dan hard skill dengan seimbang merupakan kunci penting dari setiap pekerjaan. Beberapa contoh hard skill di atas bisa kamu pelajari jika kelak kamu tertarik bergabung di dunia industri kreatif.

Polling 

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Ideal untuk Pebisnis Pemula, Kenalan dengan Bisnis Model Canvas Yuk!

Creativepreneur and Career

Pengertian Temperatur Market dan Cara Mengoptimalkannya untuk Kesuksesan Bisnismu

Creativepreneur and Career

10 Skill Wajib di Tahun 2025 yang Perlu Kamu Milik

Creativepreneur and Career

Cara Cepat Meningkatkan Bisnis Online Dijamin Berhasil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *