Film, Animasi & Video

Haul Video, Tren YouTube Kekinian Anak Milenial

haul video

Jika kamu suka menonton YouTube, pasti kamu sadar bahwa beberapa tahun terakhir hadir tren bernama haul video. Selain sebagai tontonan yang menghibur waktu luangmu, ternyata haul video juga dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis loh. Yuk simak informasi selengkapnya! 

YouTube akan selalu memberikan rekomendasi video yang sedang tren saat ini. Di antara berbagai macam jenis konten yang direkomendasikan, pasti salah satunya muncul haul video. Karena penasaran, kamu pun mulai memutar videonya. Ternyata isinya hanya seorang youtuber yang memborong belanjaan dari suatu merek tertentu atau menunjukkan hasil thrifting. Jadi, sebenarnya apa itu haul video

Apa Itu Haul Video?

Menurut Wikipedia, haul video adalah jenis rekaman video yang diunggah ke internet, di mana terdapat seseorang sedang membahas barang-barang apa saja yang baru mereka beli. Terkadang mereka sampai menjelaskannya secara rinci, seperti jenis bahan, ukuran, harga, dan tempat mereka membeli barang tersebut. 

Selain soal barang, mereka juga menceritakan pengalaman yang mereka alami saat membeli barang tersebut. Proses tawar menawar atau mencari baju terbaik di antara tumpukan baju thrift lainnya menjadi cerita yang selalu ditunggu-tunggu oleh penonton. Memberi penilaian tentang semua barang yang mereka borong dapat menjadi referensi tersendiri bagi penonton. Dengan memberi penilaian, penonton jadi tahu apakah barang tersebut layak untuk dibeli atau tidak. 

Beberapa barang yang sering dijadikan sebagai konten haul adalah pakaian, skincare, makanan, stationery, perabotan rumah, dan masih banyak lagi. Namun, haul video yang paling banyak ditemukan saat ini adalah thrifting pakaian dan skincare.

Haul Video Dapat Menciptakan Tren

haul video 1

Tren busana (sumber: stylecaster.com)

Siapa youtuber haul favoritmu? Seberapa sering mereka mengunggah haul video? Barang apa saja yang sering mereka review? Jika kamu perhatikan, barang-barang yang mereka review biasanya mengikuti tren terkini. Namun, tidak jarang juga justru mereka sendiri yang akhirnya membuat tren baru. Makanya, coba perhatikan, kamu sering kan menemukan satu brand yang sama di-review oleh banyak youtuber dari berbagai belahan dunia? Ini berarti mereka tahu barang apa saja yang sedang laku di pasaran.

Semakin sering suatu barang di-review oleh banyak YouTuber atau influencer lainnya, tidak menutup kemungkinan mereka akan menciptakan tren baru di dunia haul videoHayo ngaku siapa yang suka BM sehabis menonton haul video? Meski barang tersebut sudah di-review oleh banyak YouTuber atau influencer lainnya, tetapi kamu harus tetap wajib memilah-milah barang apa saja yang layak untuk dibeli. Jangan sampai kamu malah kalap mata karena ngiler melihat barang-barang yang mereka borong. 

Menjadi Influencer Pemula

Pada dasarnya influencer adalah seseorang yang berpengaruh kuat bagi followers-nya. Eits, tapi biasanya untuk menjadi seorang influencer harus memiliki jumlah followers yang banyak. Semakin banyak followers berarti semakin banyak orang yang dapat dipengaruhi. 

Ada beberapa profesi yang tergolong sebagai influencer, misalnya artis, youtuber, atau selebgram. Kalau kamu tertarik untuk menjadi salah satunya, kamu dapat memulainya dari membuat haul video di YouTube loh. Karena belum bekerja sama dengan brand apa pun, mulai saja dengan barang-barang yang kamu beli sendiri. 

haul video 2

Ilustrasi vlogging (sumber: behappytips.com)

Misalnya kamu mau melakukan review pakain hasil thrifting di Pasar Senen. Sebutkan pakaian apa saja yang kamu beli, berapa harganya, kenapa kamu tertarik membeli pakaian tersebut, dan bagaimana tips saat melakukan tawar menawar dengan penjual. 

Nah, kalau subscribers dan viewers kamu sudah banyak, tidak menutup kemungkinan ada brand yang mengajakmu untuk bekerja sama dengan imbalan tertentu. Merasa bingung harus mulai membuat video dari mana? Kami punya cara membuat vlog di YouTube untuk pemula di artikel sebelumnya.

Berbisnis lewat Haul Video

Kalau tadi kami membahas dari sisi influencer, sekarang kami akan membahas dari sisi retailer. Retail adalah usaha pemasaran produk dengan menjual barang secara langsung ke konsumen akhir untuk memenuhi kebutuhan pribadinya. Barang dijual biasanya tidak banyak alias dalam jumlah kecil. Orang yang melakukan usaha ini disebut sebagai pengecer. 

Haul video menawarkan keuntungan kepada kamu sebagai retailer. Lewat video tersebut kamu jadi lebih mudah untuk memasarkan daganganmu. Caranya adalah dengan mencari influencer yang memang suka mengunggah haul videoJika bekerja sama dengan influencer, mereka akan mempromosikan barangmu. Otomatis para pengikut atau followers-nya juga jadi mengenal seluk-beluk produk yang kamu jual. Tidak hanya retailer, brand besar juga kerap menggunakan cara ini ketika meluncurkan produk terbarunya loh.

Membuat vlog (sumber:agentwow.co.uk)

Pertama-tama pilih influencer yang ingin kamu ajak bekerja sama, hubungi lewat kontak yang tersedia untuk menjelaskan konsep dan negosiasi harga, dan kalau sudah sepakat bisa langsung masuk ke tahap produksi video haul.  Cari influencer yang memang sejalan dengan visi dan misi brand-mu. Misalnya kamu menjual skincare, berarti carilah sosok influencer yang memang paham tentang skincare agar relevan dengan pengikut atau followers-nya.

Sekarang kamu jadi lebih mengenal apa itu haul video. Ternyata haul adalah video yang sekadar memborong barang dalam jumlah yang besar, tetapi juga merupakan ladang untuk berbisnis. Oh iya, karena dari tadi banyak membahas tentang thrifting, sebelumnya kami pernah membahas tentang 5 keuntungan belanja thrift shop loh. Yuk lanjut baca! 

Polling

About author

Related posts
Film, Animasi & Video

8 Karakter Shaman Terkuat Di Film Jujutsu Kaisen 0!

Film, Animasi & Video

Rekomendasi 5 Drama Korea Maret 2022, Bertabur Bintang Papan Atas!

Film, Animasi & Video

Bukan Sekedar Film Dan Series Animasi Biasa, 3 Anime Ini Memberikan Metafora Kehidupan Yang Akurat!

Film, Animasi & Video

Tidak Melulu Tentang Percintaan, 5 Drama Dan Film Korea Ini Justru Menyuguhkan Kritik Masyarakat Dan Pesan Moral Yang Menohok

Leave a Reply

Your email address will not be published.