Creativepreneur and Career

Tips Sederhana Tapi Ampuh dalam Membuat Headline Instagram yang Menarik dan Eye-catching

headline instagram

Jika kamu membaca kata ‘headline’ tentunya yang akan tergambar di kepala adalah sebuah tulisan panjang dalam sebuah artikel. Tapi headline ini ternyata nggak didominasi oleh sebuah artikel saja, melainkan dapat juga dipakai di sebuah postingan di Instagram. Ya, agar postinganmu dapat lebih menarik, maka kamu harus tahu cara membuat dan menulis headline Instagram yang eye-catching dan tentunya bagus. Bagaimana caranya? Simak berikut kiat-kiatnya.

Perlu Ada Brainstorming 

Sumber Gambar : pexels.com

Sudah barang tentu, sebelum kamu memulai mengunggah sebuah postingan, brainstorming adalah sesuatu yang wajib dilakukan. Hal ini bertujuan untuk membuat postinganmu nggak bias dan penuh makna tentunya. Tentukan dulu apa yang ingin kamu unggah, tetapkan judul sampai dengan captionnya beserta gambar atau video yang ingin kamu naikkan nantinya.

Masukkan ‘Emosi’ di Dalam Headline

Sumber Gambar : pexels.com

Memasukkan ‘emosi’ dalam sebuah headline ini sangatlah penting untuk dilakukan karena dapat membuat seseorang tertarik untuk click dan melihat postinganmu di Instagram. Ya, memang ada kalanya seseorang membuat headline penuh emosi di postingan mereka walaupun hanya clickbait, tapi it works and worth to do kok. Kamu bisa menggunakan kata-kata yang dapat menyulut iba, bahagia, optimis atau juga marah.

Informasikan Isi Cerita Keseluruhan Secara Singkat 

Sumber Gambar : pexels.com

Nggak banyak orang yang mahir dan mampu membuat sebuah headline ‘cetar’ dan sangat bagus. Untuk dapat membuatnya, kamu harus memahami apa saja yang ingin kamu posting dan pakailah kata-kata yang menarik. Nggak masalah juga bila dianggap terlalu lebai karena sebuah headline yang bagus memang harus sedikit hiperbola kok.

Menjiplaklah (Kalau Perlu)!

Sumber Gambar : pexels.com

Kamu sekarang ini bukan lagi di ranah sekolah yang nggak boleh mencontek, mencotoh ataupun menjiplak hasil dari orang lain. Boleh kok kamu menjiplak atau mencontoh hasil karya pihak lain untuk kamu gunakan sebagai inspirasi pembuatan headlinemu. Tapi perlu diingat adalah semuanya hanyalah sebagai inspirasi, bukanlah mencomot mentah-mentah dan menggunakannya dalam postingan Instagrammu. Kembangkanlah imajinasimu dan kreativitasmu.

Stand Out! Jadilah yang Paling Luar Biasa

headline instagram

Sumber Gambar : pexels.com

Menurut seorang penulis kawakan, Seth Godin, dalam bukunya yang berjudul “This Is Marketing: You Can’t Be Seen Until You Learn to See,” mengatakan bahwa, “Di sebuah pasar yang ramai, dengan menyesuaikan atau menyamakan diri dengan yang lain adalah sebuah kesalahan, sedangkan di sebuah pasar yang sibuk, jika tidak menonjol, maka sama artinya dengan tidak terlihat.” Oleh karenanya, sebuah headline yang bagus di Instagram adalah yang sangat menonjol dan tentunya mudah dimengerti hanya dalam sekali baca. Nggak masalah kamu akan menggunakan huruf kapital semua atau juga menambahkan emoji di dalamnya. Intinya adalah lebih baik menjadi favorit bagi beberapa orang daripada menjadi hambar bagi semua.

Gunakan Angka

headline instagram

Sumber Gambar : pexels.com

Disadari atau nggak, ternyata menggunakan angka dalam headlines itu mampu menarik minat seseorang untuk meng-klik dan membaca caption di postingan Instagram. Kamu dapat memakai angka dan menggabungkannya dengan kalimat yang menarik atau juga menawarkan daftar tips, cara, hal, produk atau bahkan informasi lainnya. 

Hindari Segala Bentuk Kesalahan

headline instagram

Sumber Gambar : pexels.com

Nggak ada seorang pun yang suka akan kesalahan, terutama bagi viewer atau follower Instagrammu. Oleh karenanya, meminimalisir terjadinya kesalahan dalam pembuatan headlines. Mulai typo sampai dengan salah info.

Dengan menerapkan dan menggunakan tips-tips di atas, maka langkah terakhir yang dapat membuat engagement sampai reach di Instagrammu meningkat adalah konten dari postinganmu. Menjadi satu hal yang sia-sia ketika headlinenya sudah sangat bagus, tapi isi unggahan ternyata biasa saja.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tips Membuat Portofolio Desain Interior yang Menarik

Creativepreneur and Career

Sebelum Memulai Bisnis, Pahami Dulu Perbedaan Paten, Merek dan Hak Cipta

Creativepreneur and Career

6 Point Penentu Keberhasilan Bisnis Kuliner Yang Wajib Dioptimalkan!

Creativepreneur and Career

Manfaat Optimasi E-Commerce Buat Jangka Panjang Bisnis Online