Game & Teknologi

Headset, Earphone, atau Headphone? Cari Tahu Bedanya di Sini!

Berapa banyak dari kalian yang tahu perbedaan dari headset, earphone, dan headphone? Nyatanya, mayoritas orang tidak menyadari jika ketiga alat pendengar musik ini ternyata berbeda antara satu dan lainnya, baik secara fungsi maupun desain. Buat kamu yang selama ini hobi mendengarkan musik favorit dengan bantuan earphone, apakah kamu yakin benda yang sedang kamu gunakan tersebut adalah earphone? Atau mungkin saat sedang bermain game dan kamu membutuhkan bantuan headphone, namun malah gak ada fitur mikrofonnya? Nah, maka dari itu kamu mesti mengetahui perbedaan headset, headphone, dan earphone di bawah ini!

  • Headphone

Headphone 2

Sumber: pcmag.com

Bisa dibilang alat inilah yang menjadi nenek moyang semua jenis alat pendengar audio yang kita tahu sekarang. Tahukah kamu kalau konsep dasar dari sebuah headphone adalah dua buah speaker yang kemudian digabungkan menjadi satu dengan menggunakan lempengan besi.

Alat ini digunakan untuk mendengarkan radio pada abad ke-18 untuk memudahkan para penyiar saat melakukan transmisi di stasiun radio. Baru kemudian pada akhirnya berkembang menjadi alat yang kita kenal sekarang untuk mendengarkan audio.

Fitur utama sebuah headphone yang paling menonjol adalah bentuknya yang digunakan di atas kepala pengguna dan menutupi telinga. Alat ini secara spesifik hanya dapat digunakan untuk mendengarkan audio tanpa bisa kamu gunakan untuk berkomunikasi atau fungsi lainnya.

Headphone banyak digunakan di industri musik dan juga di bidang komunikasi seperti radio. Di industri musik, headphone biasa digunakan dalam proses rekaman untuk mendengarkan suara di dalam studio dengan lebih jelas.

  • Headset

Headphone 3

Sumber: pcmag.com

Nah, ini dia istilah yang paling sering kita gunakan untuk menyebut  perangkat-perangkat pendengar audio. Biasanya orang masih sering salah nih, dalam membedakan antara headset dan headphone. Walaupun secara umum keduanya memiliki fungsi serupa, yaitu untuk mendengarkan audio, headset memiliki fungsi tambahan yang tidak dimiliki oleh headphone. Apa tuh?

Kalau kalian pernah melihat seorang customer service hotline atau petugas penjaga drive-thru yang terlihat menggunakan sebuah headphone dengan bagian mikrofon yang tersambung dengan speakernya, berarti kalian sudah sering salah sebut nih.

Alat itu itu adalah sebuah headset. Fungsi tambahan khusus yang membedakan antara headphone dan headset adalah pada bagian mikrofonnya. Bagian ini berguna untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya. Jadi, ingat yah, headphone itu khusus untuk mendengarkan audio, sementara headset selain untuk mendengarkan audio, juga dapat digunakan untuk berkomunikasi.

  • Earphone

Sumber: pcmag.com

Kalau alat yang satu ini kamu pasti punya, earphone. Alat yang satu ini ini hukumnya wajib buat para anak muda yang suka dengerin musik. Earphone merupakan bentuk portable dari headphone dan headset yang sering digunakan oleh banyak orang. Bentuknya dibuat lebih kecil dan disesuaikan untuk dapat dipasangkan ke telinga.

Berbeda dengan headphone dan headset yang menutupi seluruh bagian telinga, earphone didesain khusus agar muat di lubang telinga kita. Earphone banyak dipilih karena lebih praktis dan mudah untuk dibawa ke mana-mana karena ukurannya yang kecil dan pas di telinga. Cocok untuk kamu yang punya mobilitas tinggi.

Mirip seperti perbedaan antara headphone dan headset, earphone biasanya khusus digunakan untuk mendengarkan audio aja. Sementara untuk earphone yang memiliki mikrofon maupun tombol pengatur suara biasa juga disebut dengan istilah handsfree.

Nah, itu dia tadi perbedaan antara headset, headphone, dan earphone yang mungkin selama ini masih banyak tertukar. Hayo, siapa di antara kalian yang sering salah menyebutkan ketiga perangkat tersebut?

About author

Related posts
Game & Teknologi

Cara Kreatif Pakai GIF di Instagram Story Biar Makin Menarik

Game & Teknologi

Anti Ribet-Ribet Club, Begini Cara Back Up Konten Instagram

Game & Teknologi

Rekomendasi Terbaik Situs Text to Speech Gratisan dalam Bahasa Indonesia

Game & Teknologi

Cara Schedule Story Instagram Cocok Buat Akun Bisnis