GenK LIFE

Healing Low Budget yang Perlu Anda Coba Saat Merasa Stres

Semrawut, sumpek, tertekan, mulai overthiking dan sejenisnya merupakan tsnda-tanda yang dialami seseorang ketika stres. Dalam KBBI, stres diartikan sebagai suatu keadaan dimana adanya gangguan atau kekacauan pada mental dan emosional yang disebabkan oleh pengaruh dari luar. Pada kaitannya, pengaruh dari luar individu (faktor-faktor dari luar individu) memiliki banyak macamnya, seperti kesehatan, keuangan, hubungan sosial, perubahan hidup, dan hal-hal yang berasal dari luar individu.

Keadaan stres yang disebabkan oleh berbagai faktor tersebut, tentunya tidak mengenal waktu, pandemi ataupun tidak ada pandemi tetap bisa membuat stres. Oleh karena itu, turut diperlukan manajemen emosi yang tepat agar dapat mengendalikan stres yang sedang dialami. Hal tersebut sering kali disebut dengan istilah healing oleh sejumlah orang.

Healing berarti penyembuhan, hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat masa untuk transisi dari perasaan stres menuju keadaan kembali normal yang memerlukan waktu.

Dalam hal tersebut tentunya terdapat berbagai cara yang dapat digunakan untuk melakukan healing, dan beda orang beda caranya. Healing pada dasarnya juga tidak selalu memakan biaya yang banyak, healing dapat dilakukan dengan biaya yang minimalis atau bahkan tidak perlu biaya.

Bisa jadi jika healing yang Anda lakukan memerlukan banyak biaya, malah meningkatkan stres yang Anda alami pula. Oleh karena itu, jika Anda bingung harus ngapain pas merasa stres, berikut adalah 4 cara healing yang low budget dan bahkan tidak memerlukannya yang mungkin dapat Anda lakukan :

1. Olahraga

Sumber Gambar : bola.com

Olahraga merupakan aktivitas mengerakkan tubuh guna meningkatkan kekuatan dan ketahanan tubuh. Selain itu, Olahraga dapat menjadi alternatif stres. Sebab, ketika seseorang dapat mengeluarkan keringat dapat membuat tubuh sedikit merasa ringan.

Oleh karena itu, sejumlah orang untuk mengatasi stres dengan cara berolahraga. Selain dapat mengurangi stres, olahraga yang digunakan sebagai sarana healing juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

Dan tentunya, kegiatan olahraga dominan hanya memerlukan budged yang minimalis, atau bahkan tidak sama sekali. Olahraga yang dilakukan juga cukup beragam, seperti lari, bersepeda, senam dan lain-lain.

2. Melakukan Hobi

Sumber Gambar : Tokopedia.com

Melakukan hobi merupakan salah satu alternatif untuk menghadapi stres. Hal tersebut dapat diterapkan karena saat melakukan kegiatan yang disukai kita dapat sedikit melupakan hal-hal yang membuat diri tertekan, stres.

Dengan melakukan hal-hal yang disukai dan tak jarang minimalis dalam biaya cukup bisa membuat perasaan seseorang menjadi lebih baik. Sehingga, melakukan hobi yang disukai dapat digunakan untuk sarana healing. Mungkin untukmu juga.

3. Tidur

Healing Low Budget

Sumber Gambar : unsplash.com

Tidur merupakan aktivitas memejamkan mata dan mengistirahatkan tubuh saat diri telah merasa lelah. Pada kaitannya, aktivitas tersebut dapat digunakan untuk sarana healing juga. Sebab, sejumlah orang ketika mengalami stres tak jarang waktu untuk beristirahatnya akan berkurang.

Sehingga, healing dalam bentuk tidur dapat diterapkan oleh sejumlah orang untuk mengatasi stres atau perasaan tertekan yang dialami.

4. Nonaktifkan Sosmed Sementara

Healing Low Budget

Sumber Gambar : upstation.asia

Meninggalkan kehidupan dunia maya merupakan alternatif yang dapat digunakan untuk healing low budget. Sebab, ketika kita tidak melihat hal-hal yang terdapat di dalam sosial media turut bisa mengurangi tekanan yang berasal dari luar diri Anda.

Seperti, dapat mengurangi rasa insecure, iri dengki, dan sejenisnya. Selain itu, istirahat sosial media dapat Anda terapkan agar Anda tidak menjadi pribadi yang fomo (fear of missing out), takut ketinggalan. Sebab, pada dasarnya manusia akan memiliki waktunya masing-masing. Dengan melakukan healing  ini turut membuat Anda lebih hemat dalam kuota internet ataupun baterai hp Anda yang lebih tahan lama.

Nah itulah, 4 healing low budget yang mungkin dapat membantu Anda ketika sedang mengalami stres. Akan tetapi, yang terpenting jangan lupa libatkan tuhan dalam menghadapi masalah yang membuat Anda stres.

Kita sebagai manusia tidak bisa mengontrol apa yang ada diluar diri kita, tetapi kita bisa mengontrol apa yang terdapat dalam diri kita. Membuat batasan untuk diri demi menjaga kesehatan mental merupakan sesuatu yang baik. Sebab Anda turut meningkatkan self love pada diri Anda sendiri, yang artinya bisa lebih menghargai hidup dan lebih menjadi manusia yang bersyukur.

About author

Related posts
GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Kenalan Dengan Claudia Emmanuela Santoso, Penyanyi Yang Membawakan Hymne Special Olympic 2022

GenK LIFE

Sering Dikira Sama, Kenali Perbedaan Asam Lambung dan GERD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *