Kuliner

4 Hidangan Berbuka Super Lezat dari Berbagai Negara

Ragam kuliner lezat nan unik khas Ramadan memang selalu menjadi satu dari sekian banyak hal yang ditunggu oleh umat muslim. Sebut saja berbagai hidangan Ramadan khas seperti kolak pisang, bubur sumsum, es cendol, dan masih banyak lagi. Tak hanya di Tanah Air, kamu juga bisa menemukan beragam hidangan khas Ramadan di berbagai negara lain yang memiliki populasi umat muslim dalam jumlah besar. Beberapa di antaranya sudah kami rangkum khusus untukmu nih. 

1. Hyderabadi Haleem

Sumber: cookpad.com

Salah satu hidangan khas India yang populer saat Ramadan yaitu hyderabadi haleem. Hidangan ini sudah ada sejak abad ke-19 dan diperkenalkan oleh orang Arab di India. Bisa dijumpai sebagai sajian makan malam. Hyderabadi haleem juga sering disajikan saat pesta pernikahan dan perayaan acara lainnya di India. Karena mengandung sejumlah energi dan kalori saat bulan Ramadan sering disajikan untuk berbuka puasa.

Hidangan bergizi ini juga membantu mempercepat proses pembakaran di dalam tubuh. Sedangkan kandungan proteinnya memberi asupan nutrisi yang sangat baik setelah berpuasa seharian. Hyderabadi Haleem rasanya gurih lezat karena menggunakan beberapa bumbu tradisional. Seperti, jahe, bawang putih, kunyit, jinten, kayu manis, kapulaga, cengkeh, lada hitam dan lainnya. Sedangkan bahan utama yang digunakan yaitu daging sapi atau kambing, kacang lentil dan gandum, ketiga bahan utama ini ditumbuk hingga menjadi butiran halus.

Baca Juga :   Kenapa Orang Indonesia Gemar Makan Pakai Tangan?

2. Nasi Jollof

Sumber: cookpad.com

Nasi jollof, kuliner khas Afrika Barat ini sekilas mengingatkan kamu pada nasi goreng yang begitu akrab dan populer di Indonesia. Di kawasan asalnya, nasi jollof merupakan hidangan yang banyak ditemukan di acara-acara penting macam pernikahan, wisuda, pun ulang tahun. Hidangan khas ini juga kerap dijajakan di berbagai stan kuliner dan pusat perbelanjaan di negara-negara Afrika Barat. 

Serupa nasi goreng di Indonesia, nasi jollof merupakan olahan kuliner yang diminati semua kelas. Diracik menggunakan bahan utama macam nasi, pasta tomat, potongan tomat, minyak kelapa sawit, garam dan cabai, cita rasa khas nasi goreng Afrika Barat ini diperoleh dari kandungan aneka rempah macam pala, jahe, dan jintan. Nasi jollof juga kerap dibubuhi tambahan item makanan lain yang kian menyempurnakan rasanya macam potongan sayur, daging dan ikan.

About author

Related posts
Kuliner

Doyan Nonton Food Vlogger? Ini Dia 5 Food Vlogger yang Seru Buat Difollow

Kuliner

Ini Dia Resep Croffle, Croissant Waffle ala Korea yang Lagi Hits

Kuliner

Ini Dia Rekomendasi Topping Mie Instan Yang Wajib Kamu Coba

Kuliner

6 Resep Minuman Kekinian Unik dan Praktis, Cocok Banget untuk Bisnis