GenK LIFE

Hindari Makanan Penyebab Stres Biar Hidupmu Damai Selamanya

makanan penyebab stres

Biasanya, kita suka makan untuk meningkatkan mood kita. Tapi sebenarnya ada jenis makanan penyebab stres. Jadi, kita malah semakin stres setelah mengonsumsinya. Menurut Keri Glassman, M.S., R.D., C.N.D., founder Nutritious Life, makanan tertentu bisa bikin gelisah dan stres, karena nggak memberikan nutrisi penting untuk tubuh, dan memaksa badan kita buat bekerja keras, sehingga meningkatkan peradangan dan produksi hormon stres. Nah loh, makanan apa sajakah?

Berikut makanan dan minuman yang bisa bikin stres sehingga perlu dihindari:

Tepung Putih

makanan penyebab stres

Sumber Gambar : foodnavigator.com

Tepung putih sudah diproses dan lapisannya yang paling kaya serat telah dihilangkan, yakni kulit arinya. Karena lapisannya yang paling luar tersebut udah nggak ada, tepung ini jadi cepet banget diserap ke dalam aliran darah, bikin kadar gula darah naik. Inilah yang melepaskan kortisol di dalam tubuh sehingga bikin stres. Demikian dijelaskan oleh Jonathan Valdez, M.B.A., R.D.N., C.S.G., C.D.N., owner Genki Nutrition dan perwakilan media untuk New York State Academy of Nutrition and Dietetics.

Garam

Sumber Gambar : medicalnewstoday.com

Garam merupakan bumbu dapur yang paling bisa bikin makanan semakin lezat. Tapi terlalu banyak garam di makanan kamu bisa bikin cairan tertahan di dalam tubuh, sehingga menaikkan tekanan darah dan hipertensi, demikian menurut penjelasan Glassman. Jadi, terlalu banyak garam bisa bikin jantung stres. Buat membatasinya, konsumsi aja kurang dari 2.300 mg garam per hari, atau nggak melebihi satu sendok teh. 

Daging Olahan

Sumber Gambar : klikdokter.com

Daging olahan yang sudah diproses antara lain seperti hot dog, sosis, nugget. Untuk bikin produk-produk ini lebih lezat dan tahan lama, pabrik biasanya menambahkan bahan pengawet dan sodium, zat aditif yang bisa menurunkan energi dan meningkatkan stres, demikian menurut Yasi Ansari, M.S., R.D.N., C.S.S.D., seorang spesialis diet olahraga di California.

Gula

Sumber Gambar : wongcoco.com

Makanan penyebab stres berikutnya adalah gula. Kamu pasti kenal kortisol, hormon steroid atau bisa disebut hormon stres, yang diproduksi ketika tubuh merespon kejadian yang bikin stres. Nah, kortisol ini bakal meningkat kalau kamu mengonsumsi makanan dan minuman tinggi gula. Menurut Valdez, setelah kadar gula darah naik, tubuh akan mengalami stres, dan kortisol dilepaskan buat mengatasi stres tersebut. Saat gula darah dan kortisol tersebut nggak seimbang, inilah yang bikin makin stres dan gelisah.

Kafein

 

Two cups of coffee in blue cups on a wooden table close up

Sumber Gambar : thoughtco.com

Kafein juga bisa meningkatkan kadar kortisol. Selain itu, menurut Glassman, kafein bakal bikin jantung berdetak lebih cepat, dan meningkatkan tekanan darah yang bisa memicu kegelisahan. Kafein juga mencegah penyerapan nutrisi yang bisa meningkatkan mood, seperti vitamin B dan vitamin D. selain itu, kafein bikin sulit tidur saat malam, dan ini bisa bikin stres akibat kelelahan.

Makanan yang Digoreng

makanan penyebab stres

Sumber Gambar : thespruceeats.com

Buat yang suka makan makanan yang digoreng, coba perhatikan lagi. Menurut penjelasan Ansari, makanan yang digoreng bisa menurunkan energi, dan bikin seseorang jadi lebih suka menghabiskan waktu dengan duduk serta nggak banyak bergerak, yang mana ini bakalan bikin stres. Makanan yang digoreng bisa bikin orang merasa lesu dan nggak nyaman, dan akhirnya jadi nggak aktif bergerak alias mager atau malas gerak.

Itu tadi makanan penyebab stres dan kenapa bisa demikian. Tenang, bukan berarti kamu wajib menghindari semuanya, dan nggak memakannya lagi sama sekali.

Kuncinya, makanlah dengan porsi sedikit-sedikit aja, dibatasi sehingga kamu nggak stres. Seimbangkan dengan makanan kaya nutrisi lainnya, seperti sayur dan buah. 

About author

Related posts
GenK LIFE

Menjaga Hidrasi Kulit dengan Glow Better Coconut Series. Yuk Ketahui Urutan Pakainya!

GenK LIFE

10+ Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2022 untuk Keluarga, Teman hingga Pacar

GenK LIFE

Kenali 5 Jenis Jerawat dan Tips Mengatasinya Agar Tidak Membekas

GenK LIFE

Olahraga Saat Puasa? Why Not! Ini Jenis Olahraga yang Dapat Kamu Lakukan di Bulan Ramadan