Hobi & Kriya

Aglonema, Si Cantik yang Bisa Datangkan Untung

aglonema

Meski bukan merupakan tanaman baru, aglonema kini jadi hal yang banyak dicari banyak orang. Selain sebagai ladang bisnis tanaman hias, daun ini juga jadi pilihan untuk mengisi waktu luang di rumah. Memiliki nama lain Ratu Daun, aglonema masuk dalam jenis tanaman hias yang bisa memperindah rumah. Bentuknya sangat cantik dan warnanya pun memanjakan mata. Nah, untuk kamu yang pengen banget berbisnis tanaman hias, aglonema bisa jadi ladang uang yang sangat menjanjikan, lho. Asalkan kamu tahu triknya.

1. Cara Menanam Aglonema dengan Biji

Cara-Menanam-Aglonema-dengan-Biji

Menanam aglonema bisa dari bijinya (Sumber: ashaddflorist.com)

Cara yang pertama adalah dengan memanfaatkan biji. Agar bisa menanam tanaman hias ini dari biji, pertama harus memilih biji yang berasal dari induk yang sudah berumur. Fungsinya agar biji bisa cepat tumbuh kecambah. Caranya dengan merendam biji tadi sekitar 2 sampai 3 jam sebelum ditanam pada media tanam.

2. Cara Menanam dengan Stek

 

 

Cara-Menanam-Aglaonema-dengan-Stek

Menanam dengan cara stek (Sumber: trees.com)

Kedua adalah dengan cara stek. Cara ini biasanya menggunakan pucuk dari indukan aglonema. Untuk memilih pucuk yang akan kamu stek, carilah indukan yang sudah memiliki batang kuat dan kokoh. Setidaknya harus ada 5 daun tersisa setelah diambil pucuknya. Fungsinya untuk menjaga induk aglonema tetap hidup setelah pucuknya diambil.

Nah, jika sudah ada pilihannya, maka potong pucuk indukan tersebut. Paling nggak sebanyak 6 sampai 7 ruas daun. Selanjutnya tanam pucuk aglonema pada media tanam dan taruh di tempat yang cukup teduh. Ingat, cara stek bisa berakibat pada si induk aglonema yang diambil pucuknya jadi tumbuh bercabang.

Baca Juga :   Cobain DIY Pot Estetik untuk Pamerkan Pesona Tanamanmu
About author

Related posts
Hobi & Kriya

Mengenal Seni Kokedama, Seni Tanaman Hias Unik dengan ‘Pot’ Bola Lumut

Hobi & Kriya

Cara Lengkap Membuat Seni Paper Cutting untuk Pemula

Hobi & Kriya

Cara Membuat Pembatas Buku Kreatif

Hobi & Kriya

Cara Membuat Kartu Ucapan yang Pasti Diingat Oleh Orang Terdekatmu