leadersingle

Cara Kreatif Membuat Berbagai Aksesoris Wanita

Dibaca Normal: 5 menit aja

Jenis dan bentuk aksesoris yang beragam memang tidak akan pernah ada habisnya untuk dibahas ya. Setiap jenis aksesoris memiliki fungsinya masing-masing, terutama untuk menunjang gaya kamu dalam berbusana. Apabila kamu tertarik menggunakannya, kamu bisa membelinya di toko-toko offline maupun toko jual beli online. Namun, kamu juga bisa membuatnya sendiri loh. Bagaimana cara membuat aksesoris? Yuk, simak artikel berikut!

Cara Membuat Aksesoris Sendiri

Sudah siap mengerahkan seluruh kreativitas kamu? Hal paling penting yang perlu kamu lakukan sebelum mulai membuat aksesoris adalah menentukan jenis yang ingin kamu buat. Cari referensi sebanyak-banyaknya agar ide kamu semakin luas dan kreatif. Buatlah yang unik agar berbeda dari yang lain. Kami memiliki beberapa tips cara membuat aksesoris wanita yang bisa kamu terapkan sendiri di rumah alias DIY (Do It Yourself). Daripada penasaran, yuk kita langsung bahas!

DIY Tassel Earrings

sumber (collectivegen.com)

Salah satu jenis anting-anting yang masih menjadi tren di kalangan perempuan adalah Tassel Earrings. Walaupun bentuknya tergolong simpel, anting yang terbuat dari benang wol ini bisa memberi kesan anggun dan feminin loh. Anting ini bisa kamu gunakan saat hangout bersama teman-teman, sampai ke acara formal sekalipun. Namun siapa sangka, ternyata anting seperti ini bisa kamu buat sendiri di rumah. Dengan alat dan bahan, serta cara pembuatan yang sederhana, kamu bisa mendapatkan hasil anting-anting Tassel seperti yang dijual di toko-toko aksesoris lainnya.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Alat dan Bahan:

  • Benang wol
  • Jump ring
  • Gunting

Cara Membuat Tassel Earrings:

  1. Pertama-tama siapkan alat dan bahan yang akan kamu gunakan untuk membuat anting-anting Tassel. Pastikan alat dan bahan sudah lengkap, terutama benang wol, karena benang wol adalah bahan yang nantinya tampil dominan di anting Tassel yang akan kamu buat.
  2. Kamu bisa memilih warna benang wol sesuai keinginan kamu atau kamu juga bisa menggabungkan beberapa benang wol dengan warna yang berbeda-beda.
  3. Gulung benang wol membentuk pola. Kamu bisa ikuti pola dari referensi gambar anting Tassel di atas.
  4. Ikat salah satu ujung pola benang wol. Bagian inilah yang nantinya akan menjadi tempat memasang jump ring.
  5. Gunting sisi pola benang wol yang tidak terikat, buat ujungnya membentuk rumbai-rumbai. Pola benang wol ini kita sebut dengan Tassel.
  6. Siapkan jump ring, yaitu besi yang akan mengaitkan anting-anting dengan lubang di daun telinga. Pasang jump ring di sisi benang wol yang terikat. Sangkutkan jump ring di sana. Proses ini disebut dengan pemasangan jump ring ke Tassel.
  7. Lakukan lagi langkah ke-2 sampai ke-6 untuk membuat pasangan anting.
  8. Apabila semua langkah pembuatan anting-anting Tassel sudah selesai, maka anting-anting kreasimu sudah bisa digunakan.

DIY Button Necklace

sumber (cutoutandkeep.net)

Button necklace adalah adalah jenis kalung yang memanfaatkan kancing sebagai bahan yang ikonik. Jenis kalung seperti ini bisa membuat kamu tampil playful dan youthful. Cocok dipakai untuk pergi ke acara santai, seperti hangout bersama teman-teman dan pesta kecil-kecilan. Mau buat kalung seperti ini sendiri di rumah? Ini dia langkah-langkahnya!

Alat dan Bahan:

  • Kancing berbagai ukuran dan warna
  • Manik-manik
  • Tali senar
  • Jump ring
  • Rantai kecil untuk aksesoris
  • Pengait di ujung kalung
  • Gunting
  • Tang

 

Cara Membuat Button Necklace:

  1. Pertama-tama siapkan alat dan bahan untuk membuat Button Necklace. Pastikan semua alat sudah siap agar proses pembuatan lebih efisien dan hasilnya memuaskan.
  2. Siapkan tali senar, ukur panjang tali senar untuk tempat mengaitkan kancing dan manik-manik.
  3. Pasang satu manik-manik yang digunakan untuk mengunci salah satu bagian ujung senar. Jepit manik-manik dengan tang agar lebih kencang.
  4. Masukan kancing ke tali senar satu per satu.
  5. Lalu ujungnya ditutup lagi menggunakan manik-manik. Kencangkan lagi dengan tang.
  6. Pasang jump ring di masing-masing ujung tali senar.
  7. Pasang rantai kecil di setiap jump ring. Ingat, ukuran rantai harus sama panjang di kedua sisi.
  8. Tahap terakhir adalah pasang pengait untuk menyatukan rantai satu dengan rantai lainnya.
  9. Button Necklace sudah bisa kamu pakai.

DIY Glasses Strap

sumber (etsy)

Aksesoris selanjutnya yang bisa kamu buat sendiri di rumah adalah glasses strap atau tali kacamata. Kamu bisa berkreasi dengan bentuk dan modelnya. Misalnya, kamu bisa memadukan beads dengan warna-warna yang beragam. Apabila kamu tertarik untuk membuat glasses strap, kamu bisa mengikuti cara membuat aksesoris glasses strap berikut ini.

Alat dan Bahan:

  • Kacamata
  • Beads daun-daunan
  • Kuteks warna-warni
  • Pengait karet
  • Jump ring
  • Rantai kecil
  • Tang

Cara Membuat Glasses Strap:

  1. Siapkan semua alat dan bahan untuk membuat glasses strap.
  2. Siapkan kuteks dan beads daun-daun. Warnai beads dengan menggunakan kuteks. Gunakan warna yang bervariasi agar tampil playful.
  3. Kaitkan beads dengan jump ring, pasang jump ring di setiap beads yang sudah diwarnai.
  4. Lalu siapkan rantai kecil, dan potong rantai sesuai panjang yang kamu inginkan.
  5. Kaitkan beads hingga memenuhi rantai.
  6. Pengait karet di pasang di setiap ujung rantai.
  7. Kaitkan rantai yang sudah dipasang dengan karet, lalu pasang di bingkai kacamata.

DIY Ikat Pinggang Rajut

 

sumber (bukalapak)

Selanjutnya aksesoris yang bisa kamu bikin sendiri di rumah adalah ikat pinggang rajut. Ikat pinggang jenis ini sudah menjadi tren sejak lama. Bentuknya yang kecil dan tipis membuat kamu akan membuat kamu terlihat santai namun tetap sopan. Pas banget untuk pergi ke acara non-formal sampai formal. Jenis ikat pinggang ini bisa dimodifikasi loh. Daripada penasaran, yuk kita lihat cara pembuatannya!

Alat dan Bahan:

  • Tali kain
  • Kawat besi
  • Brooch
  • Tang
  • Gunting
  • Lem Tembak
  • Selotip kecil

Cara Membuat Ikat Pinggang Rajut:

  1. Pertama-tama siapkan alat dan bahan sebelum benar-benar masuk ke dalam proses pembuatan.
  2. Siapkan tali kain, tali ini yang akan menjadi bahan utama pembuatan ikat pinggang rajut. Potong tali menjadi tiga bagian yang sama panjang. Ukuran panjang bisa disesuaikan dengan lebar pinggul atau pinggang kamu.
  3. Beri selotip kecil di setiap ujung tali yang sudah dipotong. Gunanya agar tali tetap rapi.
  4. Gabung ketiga tali yang sudah dipotong, lalu lilitkan kawat di salah satu ujung gabungan tali. Ikat dengan erat agar tali tidak berpindah posisi. Kamu bisa menggunakan tang agar kawat terpasang kuat.
  5. Ketiga tali yang sudah digabung, kemudian dikepang. Bentuk kepangan sampai panjangnya sesuai dengan lebar pinggul atau pinggang kamu.
  6. Lalu lilitkan kawat di ujung kepangan. Potong sisa kain yang tidak terpakai dengan menggunakan gunting.
  7. Lalu pertemukan ujung tali dengan ujung tali satunya hingga membentuk lingkaran. Kaitkan brooch untuk menyatukan tali. Kamu bisa menggunakan brooch apa saja sesuai dengan selera. Tahap ini dilakukan apabila kamu tidak menggunakan besi pengait diikat pinggang, karena besi pengait diganti dengan brooch.
  8. Ikat pinggang rajut sudah bisa digunakan.

Setelah melihat jenis dan cara membuat aksesoris di atas, apakah kamu tertarik untuk membuat salah satunya? Alat dan bahan, serta proses pembuatannya tergolong tidak rumit loh. Ayo buat aksesoris ala kamu sendiri. Pilih jenis dan gaya yang ingin kamu gunakan, lalu mulailah memaksimalkan kreativitas kamu. Selamat berkreasi dengan desain buatan kamu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Hobi & Kriya

Tak Cuma Unik dan Cantik, Makrame Bisa Kamu Buat Sendiri Lho!

Hobi & Kriya

4 Ide Desain Amplop Lebaran Unik

Hobi & Kriya

Tutorial Cara Membuat Terarium Mudah dan Praktis

Hobi & Kriya

Lagi Nyiapin Pesta? Dekorasi dengan Bunga Mawar Kertas Deh!

Hobi & Kriya

9 Hobi Sederhana yang Bisa Menghasilkan Uang

Hobi & Kriya

Yuk Intip Keseruan Ajang Perdana Billboard Indonesia Music Awards 2020 

Quizzes

Slider
      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>