Intip Yuk, Serba-Serbi Aquascape Iwagumi Asal Jepang yang Penuh Makna!

Dibaca Normal: 3 menit aja
aquascape iwagumi

Ada banyak hal yang bisa kamu pilih sebagai hiburan di rumah sesuai dengan kecintaan kamu terhadap sesuatu. Jika kamu termasuk orang yang suka dengan ikan dan memiliki akuarium di rumah, barangkali kamu akan tertarik untuk menekuni aquascape. Aquascape merupakan seni menata kayu, batu, tanaman, dan ikan di dalam akuarium. Tidak heran jika kemudian banyak akuarium tidak hanya sekadar tempat ikan tapi menyuguhkan pemandangan indah sehingga bisa menghilangkan stress. Salah satu gaya aquascape yang cukup populer yaitu aquascape iwagumi.  Aquascape dari Jepang ini memiliki arti formasi batuan. Hal ini karena fokus utama dari aquascape ini adalah tata letak batuan.

Slider
Slider
Slider

Tata Letak Batuan pada Aquascape Iwagumi

Tata Letak Aquascape Iwagumi

sumber : aquascapepaludarium.com

Fokus utama aquascape iwagumi terletak pada formasi batuan yang berjumlah ganjil. Batu yang digunakan untuk gaya ini umumnya adalah shou, meten, dan seiryu-seki. Dalam gaya ini, kamu akan melihat bebatuan akan lebih ditonjolkan daripada tanaman dan ikan yang ada di dalamnya. Meski begitu, konsep dasar dari gaya aquascape yang dikenalkan Takashi Amano ini adalah kesederhanaan dan keseimbangan. Keseimbangan dapat terlihat dari jumlah batu yang digunakan akan berjumlah ganjil. Jumlah ini akan lebih mudah membentuk fokus daripada jumlah genap yang lebih mengarahkan ke bentuk simetris.

Jumlah minimal batu yang digunakan yaitu tiga karena masing-masing batu mewakili simbol yang penuh makna. Secara umum ada lima batu yang dibuat lanskap aquascape iwagumi. Batu yang paling besar dan ditempatkan jadi fokus utama disebut oyaishi. Oyaishi ditempatkan miring menghadap aliran air. Kemudian ada fukiishi yang digunakan sebagai penyeimbang dan ukurannya lebih kecil dari oyaishi. Lalu ada soeishi dengan ukuran terbesar ketiga yang berada di sisi air mengalir. Ketiga batu ini diletakkan dengan membentuk formasi rule of thirds dengan oyaishi di tengah. Berikutnya ada suteishi yang biasa digunakan untuk ditempeli tanaman.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Tanaman yang Cocok untuk Aquascape Iwagumi

Tanaman untuk Aquascape Iwagumi

sumber : pinterest.com

Selain komposisi batu berjumlah ganjil dan menjadi fokus utama dari aquascape iwagumi, ada tanaman yang tidak terpisahkan dari sebuah aquascape. Kamu tidak bisa sembarangan meletakkan tanaman aquascape di dalam akuarium karena bisa jadi akan merusak tatanan iwagumi yang penuh makna. Tanaman yang paling cocok untuk aquascape iwagumi yaitu tanaman berupa karpet. Jenis tanaman ini akan lebih menonjolkan fokus kepada batuan aquascape iwagumi. Beberapa tanaman yang cocok untuk iwagumi yaitu cuba, hairgrass, rotala, pogostemon helferi.  Kamu bisa memilih tingkat kesulitan perawatan tanaman baik dari cahaya, pH air, pertumbuhan, dan lain sebagainya.

Slider
Slider
Slider
Artikel Terkait
Hobi & Kriya

6 Tips Cara Merawat Action Figure Supaya Tahan Lama

Hobi & Kriya

3 Kerajinan dari Stik Es Krim Buat Meningkatkan Kreativitasmu

Hobi & Kriya

Membuat Resin Art, Cocok Jadi Hobi Bisa Juga untuk Bisnis Modal Kecil

Hobi & Kriya

Instagramable Abis! DIY Flower Wall Bikin Kamarmu Makin Stunning!

Hobi & Kriya

Panduan Cara Membuat Bonsai yang Mudah dan Praktis

Hobi & Kriya

3 Inspirasi Kerajinan dari Batok Kelapa untuk Hobi dan Bisnis 

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link