fbpx

Cara Membuat Aksesoris Wanita: Anting Kekinian

Dibaca Normal: 5 menit aja 😊
cara membuat aksesoris wanita

Sudah siap-siap tampil kece di depan teman-teman dan keluarga lebaran nanti, GenK? Berikut cara membuat aksesoris wanita, yaitu anting-anting, yang bisa jadi pelengkap manis untuk look spesial di hari raya ataupun di hari biasa.

Mengoleksi anting memang seru, GenK, tetapi kalau beli beragam anting untuk bertukar-tukar look setiap hari, budget jajan harian bisa terpangkas lumayan juga ya. Satu anting bisa dihargai mulai dari 30 ribuan-ratusan ribu rupiah. Kalau beli tiga saja, sudah lumayan buat ditabung. Nah, untuk menyiasati look yang tetap chic tapi tetap bisa berhemat, kamu bisa bikin sendiri antingnya! Kali ini, kita akan membahas cara membuat anting dari clay.

Pada dasarnya, clay adalah tanah liat. Namun kini sudah banyak padanan clay di pasaran. mulai dari polymer clay sampai clay berbahan dasar maizena yang bisa kamu buat sendiri di rumah!

Jangan khawatir, baik polymer clay maupun DIY clay kamu bisa bertahan lama kok, sama kuatnya dengan clay dari tanah liat. Meskipun bahan dasarnya berbeda dan tidak melalui proses pembakaran seperti aksesori dari tanah liat, kamu bisa membuat anting dari DIY clay yang sama awetnya dan sama cantiknya! Yuk GenK, kita coba!

Cara Membuat Aksesoris Anting Clay

Anting Clay panduan Kreativv ID (2)

Sumber: jewelleryforworld_etsy.com

Mari kita siapkan dulu bahan-bahan dan alat yang kamu perlukan untuk membuat anting, ini dia daftarnya:

  1. Tepung maizena
  2. Lem kayu
  3. Pengawet makanan natrium benzoat
  4. Air
  5. Baby oil
  6. Cat air atau cat akrilik
  7. Tang
  8. Pengait ke telinga
  9. Wadah kosong
  10. Plastik untuk alas cetak
  11. Botol kacal atau penggiling adonan kue (roller)
  12. Pisau
  13. Kuas cat lukis kecil
  14. Opsional: cetakan kue kecil
  15. Opsional: penggaris
  16. Opsional: cat semprot bening

Kalau sudah siap, berikut langkah-langkahnya, GenK:

  1. Masukkan tepung maizena ke wadah yang bersih dan kering. Ingat, pastikan bersih ya, GenK. karena tepung maizena adalah bahan organik, adonan dan anting yang dibuat darinya bisa berjamur kalau terkontaminasi bahan-bahan lain.
  2. Masukkan pengawet makanan natrium benzoat kurang lebih satu sendok makan. Fungsinya agar bahan tepung maizena kamu juga tidak berjamur, tapi tetap aman untuk diadon langsung dengan tangan karena merupakan pengawet makanan. Karena itu juga, kamu aman membuat adonan ini bersama adik atau keponakanmu yang masih kecil.
  3. Masukkan lem kayu ke campuran tepung maizena dan pengawet makanan natrium benzoat. Takaran lem kayu dengan maizenanya 1:1 ya, GenK. Sebelum mengadon dengan tangan, oleskan telapak tangan dan jemari kamu dengan baby oil ya, GenK. Fungsinya agar adonan tidak menempel semua ke tangan kamu. Setelah dioles merata, baru mulai mengadon. Jika terasa masih agak lengket, tambahkan tepung maizena sedikit demi sedikit sampai terasa masih kenyal namun tidak lengket. Ingat, jangan sampai terlalu keras ya adonannya, nanti jadi susah dibentuk dan terlanjur mengering.
  1. Jika sudah terasa kenyal dan tidak lengket, sisihkan adonan. Bentangkan plastik di atas meja sebagai alas untuk menggiling.
  2. Ambil sekepal kecil adonan yang sudah kenyal, letakkan di atas plastik, lalu tutupi lagi dengan bagian plastik yang tersisa.
  3. Mulai giling adonan dengan botol kaca atau roller adonan. Giling adonan sampai setipis 3 mm atau sesuai preferensi kamu.
  4. Cetak adonan sesuai cetakan kue, atau buat bentuk sendiri sesuai selera kamu.

Nah, sampai sini bagaimana, GenK? Tidak sulit, kan? Setelah ini, kita akan mencoba dua opsi anting yang bisa kamu jajal, casual look dan elegant look.

Baca Juga   4 Ide Kreatif Desain Amplop Lebaran

DIY Anting Clay Elegant Look

Anting Clay panduan Kreativv ID (3)

Sumber: kajucreation_etsy.com

Mau ke pesta, acara kantor, atau undangan semi formal? Anting dengan kesan elegan bisa bantu upgrade penampilan kamu, GenK. Ini cara membuat aksesoris wanita yang satu ini:

  1. Untuk mendapatkan kesan elegan, kamu bisa bermain dengan shape simetris dan asimetris. Contoh, bentuk persegi, jajar genjang, segi tiga, dan lingkaran. Bentuk clay dengan shape yang kamu pilih. Gunakan alat bantu penggaris dan pisau untuk membuat potongan yang tidak miring-miring. Oya, kamu bisa gunakan koin untuk mencetak shape lingkaran, GenK.
  1. Sisipkan pengait telinga ke sisi dalam anting dengan menusukkannya pelan-pelan. Tekan sedikit bagian pinggir clay setelah ditusuk agar merapat kembali. Selain itu, fungsinya agar pengait tidak mudah lepas dari clay-mu.
  2. Siapkan pewarna dari cat air atau cat akrilik. Buat kekentalannya tidak terlalu kental agar bisa disapukan dengan ringan di atas anting, tapi jangan terlalu cair sampai clay-mu terlalu basah ya GenK. Fungsinya agar warnanya tidak pudar dan bisa dipulas dengan merata ke atas clay. Untuk kesan elegan, coba gunakan satu warna untuk keseluruhan antingmu. Kamu bisa bermain dengan warna-warna bold, hitam, abu-abu, atau putih. Sapukan ke atas salah satu sisi anting dengan merata. Opsi lainnya, kamu bisa membuat motif marmer di antingmu. Caranya, masukkan dua warna cat dengan konsistensi agak cair ke dalam satu wadah kecil. Satukan pelan-pelan dengan menggeser-geser warna yang satu ke warna lainnya, tapi jangan diaduk agar tidak jadi merata. Jika sudah terbentuk motif seperti batu marmer, tuangkan dengan sendok ke atas anting.
  1. Keringkan sisi yang sudah dicat selama 3-4 jam. Jika sudah kering, cat sisi anting satunya. Keringkan kembali.
  2. Jika sudah kering, semprotkan cat semprot transparan atau fixative  ke satu sisi anting. Setelah kering beberapa menit, semprot sisi satunya lagi. Keringkan.

Fungsi cat semprot transparan yakni memberikan kesan glossy pada antingmu. Opsi lainnya, kamu bisa melapisi anting dengan lem kayu yang dicairkan dengan air hingga konsistensinya sampai secair cat air atau cat akrilikmu tadi. Ketika dioleskan, cat kayu akan berwarna putih. Tapi kalau sudah kering, hasil akhirnya akan tampak transparan, sehingga antingmu juga tampak glossy. Tapi perlu dicatat, hasil akhirnya lebih terlihat seperti plastik ketimbang pulasan cat semprot.  Di samping itu, pelapisan dengan lem kayu tidak seawet dengan cat semprot ya, GenK.

Baca Juga   DIY Phone Case Kreatif untuk Kamu Yang Bosenan

DIY Anting Clay Casual Look

Anting Clay panduan Kreativv ID (1)

Sumber: kajucreation_etsy.com

Mau ke kampus, hangout dengan teman, atau ke art market? Anting dengan kesan casual bisa bantu penampilan kamu tampak muda, fresh, dan playful, GenK. Ini cara membuat aksesoris wanita yang lucu ini:

  1. Untuk mendapatkan kesan casual, kamu bisa bermain dengan shape yang lucu-lucu. Misalnya, shape kepala doraemon, kepala beruang, kepala donald bebek, bulat, segitiga, keroppi, bunga, hingga kepik! Bentuk clay dengan shape yang kamu pilih. Gunakan alat bantu seperti cottonbud, sendok, dan pisau untuk membuat potongan yang tidak miring-miring. Oya, seperti biasa, kamu bisa gunakan koin untuk mencetak shape lingkaran, GenK.
  1. Sisipkan pengait telinga ke sisi dalam anting dengan menusukkannya pelan-pelan. Tekan sedikit bagian pinggir clay setelah ditusuk agar merapat kembali. Selain itu, fungsinya agar pengait tidak mudah lepas dari clay-mu.
  2. Siapkan pewarna dari cat air atau cat akrilik. Buat kekentalannya tidak terlalu kental agar bisa disapukan dengan ringan di atas anting, tapi jangan terlalu cair sampai clay-mu terlalu basah ya GenK. Fungsinya agar warnanya tidak pudar dan bisa dipulas dengan merata ke atas clay. Untuk kesan casual, coba juga bermain dengan warna-warna pastel. Kamu juga bisa bermain dengan motif polkadot dan pattern mini yang lucu. Sapukan ke atas salah satu sisi anting dengan merata.
  1. Keringkan dan pulas dengan cat semprot/lem kayu yang dicairkan seperti step-step di elegant look.

Nah, itu dia langkah-langkah membuat anting dari clay. Cara membuat aksesoris wanita yang satu ini pasti berguna, baik untuk meningkatkan penampilan atau untuk ide pekerjaan sampingan khususnya untuk mahasiswa. Kamu juga bisa membuat aksesoris wanita yang lain, GenK! Selamat mencoba ya!

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Hobi dan Kriya

Tutorial Cara Membuat Terarium Mudah dan Praktis

Hobi dan Kriya

Berkreasi dengan Kerajinan dari Sabun

Hobi dan Kriya

Tutorial Cara Membuat Boneka Horta Praktis dan Sederhana

Hobi dan Kriya

Cara Membuat Clay dari Bahan-Bahan Sederhana

Hobi dan Kriya

Belajar Membuat Kerajinan Clay Beserta Alat-Alatnya

Hobi dan Kriya

Tutorial Cara Membungkus Kado Simpel dan Menarik

Hobi dan Kriya

Yuk Belajar Membuat 3 Jenis Kerajinan dari Kain Perca!

Hobi dan Kriya

Membuat 3 Jenis Kerajinan Tangan dari Koran Bekas

Hobi dan Kriya

Cara Membuat Dekorasi Kamar Menggunakan Lampu Neon Kekinian

Hobi dan Kriya

Menghias Kamar dengan Kreasi Origami

Hobi dan Kriya

Ayo Belajar Cara Membuat Undangan Praktis

Hobi dan Kriya

Mengenal Ecobrick, Si Pengganti Batu Bata Ramah Lingkungan

Hobi dan Kriya

Lagi Nyiapin Pesta? Dekorasi dengan Bunga Mawar Kertas Deh!

Hobi dan Kriya

4 Ide Kreatif Desain Amplop Lebaran

Hobi dan Kriya

4 Ide Hiasan Dinding Unik dan Cara Membuatnya

Hobi dan Kriya

9 Hobi Sederhana yang Bisa Menghasilkan Uang

Hobi dan Kriya

Cara Lengkap Membuat Seni Paper Cutting untuk Pemula

Hobi dan Kriya

4 Kerajinan dari Kain Flanel sebagai Hadiah Kecil buat Temanmu

Hobi dan Kriya

5 Ide Kerajinan dari Kardus Sepatu yang Bisa Bikin Kamarmu Lebih Rapi

Hobi dan Kriya

Cara Membuat Kartu Ucapan yang Pasti Diingat Oleh Orang Terdekatmu

            Artikel Selanjutnya     
kid logo
Mau inspirasi ngalir deras,
kreativitas anti mandek?
Dapetin newsletter gratis dan undangan eksklusif ke acara-acara kreativv ID!

 
close-link
kid logo
EARLY BIRD
Daftar dengan mengisi form di bawah ini

 
close-link