fbpx

Tutorial Cara Membuat Boneka Horta Praktis dan Sederhana

Dibaca Normal: 4 menit aja 😊
Cara membuat boneka horta

Bingung ingin menghias kamar kamu di rumah? Mau pakai hiasan dinding, tapi membosankan. Lampu tumblr kekinian ala selebgram juga sudah. Gimana kalau hiasan boneka lucu yang juga bisa jadi tanaman peliharaan? Nih, langsung simak cara membuat boneka horta berikut, GenK.

Kamarku, istanaku. Siapa yang setuju dengan kiasan tersebut? Sebagai tempat kamu tidur dan menghabiskan banyak waktu setiap harinya, membuat kamar senyaman mungkin tentu jadi sebuah kewajiban. Tak hanya nyaman, mempercantik kamar juga tak ada salahnya untuk dilakukan. 

Ibarat sebuah istana, kamar yang cantik pastinya akan membuat sang penghuni betah berlama-lama di dalamnya. Setiap orang punya caranya masing-masing untuk mempercantik kamar. Mulai dari mendesain kamar dengan warna dan tema tertentu, sampai menambahkan pernak-pernik sebagai hiasan. 

Aktivitas menghias kamar secara khusus menjadi tren di kalangan milenial dengan berbagai inspirasi dan gaya kamar yang beredar luas di dunia maya. Kamu pasti pernah dong melihat kamar yang dipenuhi dengan hiasan lampu tumblr, gantungan foto di dinding, dan banyak lagi. 

Buat kamu yang tertarik untuk mempercantik kamarmu, tapi ingin mencoba sesuatu yang unik dan anti-mainstream, kami punya cara membuat boneka horta yang praktis dan sederhana. Langsung aja intip tutorial lengkapnya di bawah ini, GenK! 

Boneka Horta: Hiasan Lucu yang Edukatif 

(sumber: liputan6.com)

Mainan edukatif, boneka horta (sumber: liputan6.com)

Tahukah kamu kalau boneka merupakan salah satu jenis mainan yang paling tua di dunia? Dilansir dari berita Dailymail, mainan populer yang banyak digemari di seluruh dunia ini ternyata sudah ada sejak lebih ribuan tahun yang lalu loh. Sebuah boneka dari abad prasejarah yang diperkirakan berusia lebih dari 4.500 tahun, telah ditemukan dalam penggalian di wilayah Khakassia, Siberia pada tahun 2017 silam. 

Hingga sekarang, boneka tetap menjadi mainan yang banyak disukai oleh orang-orang dari berbagai kalangan usia. Kamu bisa dengan mudah menemukan boneka di toko-toko mainan, mall, bahkan minimarket dekat rumah. Bentuknya dan bahan pembuat boneka pun ada berbagai macam, GenK. Ada yang terbuat dari bahan kain, porselen, tanah liat, besi, plastik, hingga serbuk kayu loh

Boneka juga tidak hanya dijadikan sebagai mainan untuk hiburan semata, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan lainnya. Di Jepang misalnya, boneka secara khusus digunakan dalam festival perayaan tahunan yang dikenal dengan nama Hinamatsuri. Sementara di Indonesia, ada boneka yang dapat sekaligus berfungsi sebagai tanaman loh, namanya boneka horta

Ayo, ada yang pernah mendengar atau bahkan pernah memiliki boneka horta? Boneka hortikultura, atau yang lebih dikenal secara luas dengan nama boneka horta, merupakan sebuah produk inovasi mainan edukatif berbasis lingkungan  yang dikembangkan oleh mahasiswa dari Institut Pertanian Bogor (IPB) pada tahun 2004. 

  • Belajar Berkebun lewat Mainan 

Cara membuat boneka horta 2

Macam-macam bentuk boneka horta (sumber: kabarinews.com)

Produk yang awalnya dibuat sebagai syarat dalam mengikuti kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) ini adalah jenis media tanam yang dibentuk menjadi sebuah boneka. Ide pembuatan boneka horta sendiri berasal dari keinginan untuk menciptakan media edukatif untuk mengenalkan dunia pertanian kepada anak-anak. 

Lewat boneka horta, kamu bisa belajar sistem penanaman menggunakan metode hidroponik dengan mudah dan murah. Tanpa perlu repot-repot merancang kerangka pipa yang rumit dan memakan banyak waktu. cukup dengan memakai sebuah boneka mungil nan lucu, kamu sudah bisa langsung membawa hijaunya tanaman ke kamarmu, GenK. 

Baca Juga   Cara Membuat Pembatas Buku Kreatif

Tutorial Cara Membuat Boneka Horta

Keunikan utama yang membuat boneka horta sempat menjadi tren di masanya adalah pada variasi bentuknya yang dapat dikreasikan sesuai keinginan. Boneka horta sendiri terbuat dari gabungan material yang dipakai untuk metode penanaman hidroponik, yang kemudian dibuat menjadi macam-macam bentuk tumbuhan, binatang, kendaraan, dan manusia. 

Cara membuat boneka horta pun terbilang mudah dan sederhana. Kamu hanya memerlukan waktu yang singkat dan memanfaatkan bahan serta alat yang dapat ditemukan di toko terdekat, GenK. Kamu bisa membuat berbagai macam kreasi yang kamu inginkan, seperti kura-kura, mobil, anjing, monyet, sapi, sampai karakter favoritmu. 

Cara membuat boneka horta 3

Boneka horta kura-kura (sumber: bibitbunga.com)

Di artikel kali ini, kami akan memberikan tutorial cara membuat boneka horta berbentuk kura-kura. Kamu juga bisa membuat bentuk lain sesuai keinginanmu. Ini dia step-by-step selengkapnya.

Alat dan bahan:

  • Stoking. Pilihan warna bebas sesuai yang kamu mau, atau dapat digantikan dengan alternatif berupa kain kasa. 
  • Serbuk kayu/serbuk gergaji. Kamu bisa mendapatkannya di toko mebel atau toko penjual bahan-bahan pertanian. Pastikan serbuk kayunya yang berukuran kecil dan halus agar mudah mudah dipadatkan untuk bahan boneka. 
  • Bibit rumput. Dapat kamu temukan di toko bahan-bahan pertanian saat membeli serbuk kayu. Pastikan bibit rumput yang kamu pilih adalah jenis rumput hias yang paling cocok untuk boneka horta. Dapat juga diganti dengan alternatif benih lain seperti kacang hijau, GenK.
  • Pupuk. Jenis pupuk khusus untuk tanaman hidroponik. Tersedia juga di toko pertanian.
  • Benang.
  • Pernak-pernik hiasan seperti pita, mata boneka, atau kancing.
  • Gunting.
  • Lem lilin.

Baca Juga   Cara Membuat Kartu Ucapan yang Pasti Diingat Oleh Orang Terdekatmu

Step-by-step cara membuat boneka horta: 

  1. Langkah pertama, gunting stoking menjadi dua bagian. Lalu ikat salah satu bagian ujung stoking dengan kuat sampai berbentuk seperti bungkusan. Kemudian balik posisi stoking sehingga ikatannya menjadi berada di dalam. 
  2. Masukan bibit ke bagian yang kamu inginkan. Bagian ini nantinya akan menjadi tempat tumbuhnya bibit, jadi pastikan untuk meletakannya pada posisi paling atas seperti kepala atau bagian punggung. Catatan: Gunakan bibit secukupnya, jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit agar proses pertumbuhan bibit bisa lebih maksimal. 
  3. Campurkan serbuk kayu dengan pupuk sampai rata, lalu masukan dengan perlahan ke dalam stoking. 
  4. Padatkan campuran serbuk kayu dan pupuk tadi, sambil membentuknya menjadi empat bulatan kecil untuk bagian kaki dan tangan kura-kura. Jangan lupa satu bulatan yang lebih besar untuk bagian kepalanya. 
  5. Setelah selesai, ikat setiap bagian yang telah dibentuk menggunakan benang. 
  6. Tambahkan aksesoris untuk mempercantik boneka horta-mu  dengan menempelkan mata mainan menggunakan lem lilin dan pita di sekeliling leher bentuk kura-kura tersebut. 
  7. Step terakhir adalah dengan merendam bagian yang terdapat bibit selama 15-30 menit. 
  8. Boneka horta sudah siap beraksi!

Dalam waktu kurang lebih tiga hari, rumput akan mulai tumbuh di bagian tempat bibit diletakan. Jangan lupa untuk menyiramnya secara rutin setiap hari  dan meletakannya dekat daerah yang terkena cahaya matahari supaya rumputnya tetap subur, GenK.

Sekarang kamu bisa punya hiasan kamar yang unik dan juga sekaligus berfungsi sebagai penyegar ruangan. Selain boneka horta, kamu juga dapat mempercantik kamar atau rumahmu dengan kreasi aquascape lewat artikel yang pernah kami buat sebelumnya, 

Polling

Tentang Penulis

Wahyu Ramadhan adalah alumnus dari jurusan Bahasa Prancis, Universitas Gadjah Mada. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Hobi menulisnya berkembang sejak ia duduk di bangku SMA hingga sekarang. Dengan menulis, ia dapat belajar banyak hal baru dan berbagi ilmu yang dimilikinya dengan orang banyak. Pemuda yang menyukai warna merah ini senang membaca buku dan belajar hal baru dengan ditemani segelas susu atau jus jambu.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Hobi dan Kriya

Tutorial Cara Membuat Terarium Mudah dan Praktis

Hobi dan Kriya

Berkreasi dengan Kerajinan dari Sabun

Hobi dan Kriya

Cara Membuat Clay dari Bahan-Bahan Sederhana

Hobi dan Kriya

Belajar Membuat Kerajinan Clay Beserta Alat-Alatnya

Hobi dan Kriya

Tutorial Cara Membungkus Kado Simpel dan Menarik

Hobi dan Kriya

Yuk Belajar Membuat 3 Jenis Kerajinan dari Kain Perca!

Hobi dan Kriya

Membuat 3 Jenis Kerajinan Tangan dari Koran Bekas

Hobi dan Kriya

Cara Membuat Dekorasi Kamar Menggunakan Lampu Neon Kekinian

Hobi dan Kriya

Menghias Kamar dengan Kreasi Origami

Hobi dan Kriya

Ayo Belajar Cara Membuat Undangan Praktis

Hobi dan Kriya

Mengenal Ecobrick, Si Pengganti Batu Bata Ramah Lingkungan

Hobi dan Kriya

Lagi Nyiapin Pesta? Dekorasi dengan Bunga Mawar Kertas Deh!

Hobi dan Kriya

Cara Membuat Aksesoris Wanita: Anting Kekinian

Hobi dan Kriya

4 Ide Kreatif Desain Amplop Lebaran

Hobi dan Kriya

4 Ide Hiasan Dinding Unik dan Cara Membuatnya

Hobi dan Kriya

9 Hobi Sederhana yang Bisa Menghasilkan Uang

Hobi dan Kriya

Cara Lengkap Membuat Seni Paper Cutting untuk Pemula

Hobi dan Kriya

4 Kerajinan dari Kain Flanel sebagai Hadiah Kecil buat Temanmu

Hobi dan Kriya

5 Ide Kerajinan dari Kardus Sepatu yang Bisa Bikin Kamarmu Lebih Rapi

Hobi dan Kriya

Cara Membuat Kartu Ucapan yang Pasti Diingat Oleh Orang Terdekatmu

            Artikel Selanjutnya     
kid logo
Mau inspirasi ngalir deras,
kreativitas anti mandek?
Dapetin newsletter gratis dan undangan eksklusif ke acara-acara kreativv ID!

 
close-link
kid logo
EARLY BIRD
Daftar dengan mengisi form di bawah ini

 
close-link