Tutorial Cara Membuat Boneka Horta Praktis dan Sederhana

Dibaca Normal: 4 menit aja
Cara membuat boneka horta

Bingung ingin menghias kamar kamu di rumah? Mau pakai hiasan dinding, tapi membosankan. Lampu tumblr kekinian ala selebgram juga sudah. Gimana kalau hiasan boneka lucu yang juga bisa jadi tanaman peliharaan? Nih, langsung simak cara membuat boneka horta berikut, GenK.

Kamarku, istanaku. Siapa yang setuju dengan kiasan tersebut? Sebagai tempat kamu tidur dan menghabiskan banyak waktu setiap harinya, membuat kamar senyaman mungkin tentu jadi sebuah kewajiban. Tak hanya nyaman, mempercantik kamar juga tak ada salahnya untuk dilakukan.

Ibarat sebuah istana, kamar yang cantik pastinya akan membuat sang penghuni betah berlama-lama di dalamnya. Setiap orang punya caranya masing-masing untuk mempercantik kamar. Mulai dari mendesain kamar dengan warna dan tema tertentu, sampai menambahkan pernak-pernik sebagai hiasan.

Aktivitas menghias kamar secara khusus menjadi tren di kalangan milenial dengan berbagai inspirasi dan gaya kamar yang beredar luas di dunia maya. Kamu pasti pernah dong melihat kamar yang dipenuhi dengan hiasan lampu tumblr, gantungan foto di dinding, dan banyak lagi.

Buat kamu yang tertarik untuk mempercantik kamarmu, tapi ingin mencoba sesuatu yang unik dan anti-mainstream, kami punya cara membuat boneka horta yang praktis dan sederhana. Langsung aja intip tutorial lengkapnya di bawah ini, GenK!

Boneka Horta: Hiasan Lucu yang Edukatif

(sumber: liputan6.com)

Mainan edukatif, boneka horta (sumber: liputan6.com)

Tahukah kamu kalau boneka merupakan salah satu jenis mainan yang paling tua di dunia? Dilansir dari berita Dailymail, mainan populer yang banyak digemari di seluruh dunia ini ternyata sudah ada sejak lebih ribuan tahun yang lalu loh. Sebuah boneka dari abad prasejarah yang diperkirakan berusia lebih dari 4.500 tahun, telah ditemukan dalam penggalian di wilayah Khakassia, Siberia pada tahun 2017 silam.

Hingga sekarang, boneka tetap menjadi mainan yang banyak disukai oleh orang-orang dari berbagai kalangan usia. Kamu bisa dengan mudah menemukan boneka di toko-toko mainan, mall, bahkan minimarket dekat rumah. Bentuknya dan bahan pembuat boneka pun ada berbagai macam, GenK. Ada yang terbuat dari bahan kain, porselen, tanah liat, besi, plastik, hingga serbuk kayu loh.

Boneka juga tidak hanya dijadikan sebagai mainan untuk hiburan semata, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan lainnya. Di Jepang misalnya, boneka secara khusus digunakan dalam festival perayaan tahunan yang dikenal dengan nama Hinamatsuri. Sementara di Indonesia, ada boneka yang dapat sekaligus berfungsi sebagai tanaman loh, namanya boneka horta.

Ayo, ada yang pernah mendengar atau bahkan pernah memiliki boneka horta? Boneka hortikultura, atau yang lebih dikenal secara luas dengan nama boneka horta, merupakan sebuah produk inovasi mainan edukatif berbasis lingkungan yang dikembangkan oleh mahasiswa dari Institut Pertanian Bogor (IPB) pada tahun 2004.

  • Belajar Berkebun lewat Mainan

Cara membuat boneka horta 2

Macam-macam bentuk boneka horta (sumber: kabarinews.com)

Produk yang awalnya dibuat sebagai syarat dalam mengikuti kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) ini adalah jenis media tanam yang dibentuk menjadi sebuah boneka. Ide pembuatan boneka horta sendiri berasal dari keinginan untuk menciptakan media edukatif untuk mengenalkan dunia pertanian kepada anak-anak.

Lewat boneka horta, kamu bisa belajar sistem penanaman menggunakan metode hidroponik dengan mudah dan murah. Tanpa perlu repot-repot merancang kerangka pipa yang rumit dan memakan banyak waktu. cukup dengan memakai sebuah boneka mungil nan lucu, kamu sudah bisa langsung membawa hijaunya tanaman ke kamarmu, GenK.

Baca Juga
DIY Dekorasi Halloween Kece yang Simpel dan Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Hobi & Kriya

Panduan Cara Membuat Bonsai yang Mudah dan Praktis

Hobi & Kriya

DIY Dekorasi Halloween Kece yang Simpel dan Mudah

Hobi & Kriya

Tutorial Cara Merangkai Bunga di Vas untuk Pemula

Hobi & Kriya

Cara Membuat Lilin Aromaterapi yang Mudah dan Praktis

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link