Panduan Cara Membuat Bonsai yang Mudah dan Praktis

Dibaca Normal: 3 menit aja
Feature image

Budidaya bonsai telah lama dikenal sebagai salah satu bisnis yang memiliki potensi besar dengan nilai yang bisa mencapai ratusan juta loh. Di artikel ini, kami akan memandu kamu yang tertarik untuk belajar cara membuat bonsai yang mudah dan praktis.

Kecil-kecil cabe rawit, kurang lebih begitulah sekilas tentang teknik pembuatan tanaman kerdil yang pertama kali berkembang di Negeri Tirai Bambu ini, GenK. Ukurannya boleh minimalis, tapi soal harga, bisa bikin kamu langsung dapat mobil baru dibayar tunai loh.

Bonsai sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut seni mengkerdilkan tanaman di dalam pot. Bukan hanya sekadar dikerdilkan saja, tanaman yang dibuat bonsai juga ditata sedemikian rupa dengan menggunakan teknik khusus untuk menghasilkan tampilan yang lebih estetik.

Flying gif

Pada dasarnya, hampir semua jenis tumbuhan bisa dibuat menjadi bonsai, meskipun pohon beringin menjadi varietas unggulan yang paling banyak dipilih untuk dibudidayakan menggunakan teknik ini, GenK.

Selain indah untuk dipajang, tanaman bonsai juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Kalau kamu tertarik untuk berbisnis tanaman atau sekadar untuk mempercantik pekarangan rumah, langsung saja simak panduan cara membuat bonsai berikut.

Cara Membuat Bonsai

Seni menciptakan tanaman bonsai bisa terbilang susah-susah gampang, GenK. Kunci utama yang mesti kamu miliki agar sukses dalam mengembangkan bonsai adalah kesabaran, kreativitas, dan keuletan.

Mulai dari tahap awal persiapan, penanaman, hingga pemeliharaan bonsai, semuanya membutuhkan ketelatenan serta kesabaran tinggi agar tanaman yang dihasilkan memiliki kualitas dan tampilan yang baik. Sudah siap untuk berkebun? Cus lanjut aja dibaca tahapannya di bawah ini.

Baca Juga
Tutorial Cara Membuat Terarium Mudah dan Praktis

1. Persiapan Alat dan Bahan

Cara membuat bonsai 1

Bonggol beringin (sumber: nugi234.wordpress.com)

Cara membuat bonsai yang pertama adalah dengan menyiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu, GenK. Bahan utama yang kamu perlukan tentunya adalah bibit tumbuhan yang ingin dijadikan bonsai. Tumbuhan bercabang banyak seperti beringin merupakan pilihan terbaik untuk dibuat bonsai.

Tips: Kamu bisa membeli bonggol beringin yang sudah tumbuh besar dan siap tanam untuk menghemat waktu pembuatan bonsai.

Sementara untuk peralatannya, kamu perlu menyiapkan media tanam berupa pot sesuai dengan ukuran bibit atau bonggol beringin. Selain media tanam, peralatan lainnya yang juga tak boleh ketinggalan untuk kamu siapkan adalah kawat stainless steel berukuran 2-3 milimeter, beserta gunting tanaman dan tang sebagai alat pembentukan pola cabang bonsai nanti. 儭

2. Media Tanam

Cara membuat bonsai 2

Media tanam untuk bonsai (sumber: belajarberkebun.com)

Batang tanaman yang tumbuh bercabang banyak merupakan bagian utama dari teknik cara membuat bonsai. Untuk mendukung proses pertumbuhan batang, gunakanlah media tanam dengan tekstur yang padat dan minim unsur hara.

Nah, cara menanam bonsai yang tepat adalah dengan menggunakan campuran material dari tanah, pasti dan batu-batu kerikil. Campuran tersebut merupakan media tanam yang ideal untuk membuat bonsai.

Baca Juga
Yuk Belajar Membuat 3 Jenis Kerajinan dari Kain Perca!

3. Teknik Pembuatan Pola Bonsai

Setelah pohon beringin yang kamu pelihara tumbuh subur dan menghasilkan banyak cabang, waktu untuk membuat pola bonsai telah tiba, GenK. Untuk mendapatkan pola batang yang kamu inginkan, gunakanlah kawat stainless steel sebagai kerangka dasar pembentukan bonsai yang kokoh.

Cara membuat bonsai 3

Lilitkan kawat menggunakan bantuan tang di sekitar batang bonsai (sumber: bibitbunga.com)

Guntinglah kawat sesuai panjang batang dan pola yang akan kamu buat, lalu bentuklah secara perlahan dan berhati-hati. Pastikan kamu mengecek terlebih dahulu kekuatan batang bonsaimu sebelum memulai membentuknya.

Cara membuat bonsai 4

Hasil jadi pohon beringin bonsai (sumber: bibitonline.com)

Cara membuat bonsai yang baik adalah dengan melilitkan kawat secara melingkar pada batang mengikuti pola yang telah dibuat, dimulai dari pangkal hingga ke ujung dahan. Kerangka dari kawat inilah yang nantinya akan menjadi media tumbuh batang bonsai hingga besar dan menghasilkan pola nan cantik.

Gimana, GenK, cara membuat bonsai mudah bukan? Nah, selain bonsai, kamu juga bisa mempercantik ruangan dengan tanaman hias gantung loh. Ruangan jadi makin estetik dan pastinya terasa lebih segar.

Polling

Ditulis Oleh

Wahyu Ramadhan adalah alumnus dari jurusan Bahasa Prancis, Universitas Gadjah Mada. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Hobi menulisnya berkembang sejak ia duduk di bangku SMA hingga sekarang. Dengan menulis, ia dapat belajar banyak hal baru dan berbagi ilmu yang dimilikinya dengan orang banyak. Pemuda yang menyukai warna merah ini senang membaca buku dan belajar hal baru dengan ditemani segelas susu atau jus jambu.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Hobi dan Kriya

DIY Dekorasi Halloween Kece yang Simpel dan Mudah

Hobi dan Kriya

Tutorial Cara Merangkai Bunga di Vas untuk Pemula

Hobi dan Kriya

Cara Membuat Lilin Aromaterapi yang Mudah dan Praktis

Hobi dan Kriya

Tutorial Cara Membuat Action Figure dari Clay Lengkap!

            Thank u, next!