fbpx

Lagi Nyiapin Pesta? Dekorasi dengan Bunga Mawar Kertas Deh!

Dibaca Normal: 5 menit aja 😊
cara membuat bunga dari kertas

Dekorasi mawar kertas bisa kamu andalkan kalau ingin membuat acara di kampus sampai resepsi pernikahan budget hemat. Bahannya mudah ditemukan. Yuk, simak cara membuat bunga dari kertas di bawah ini.

Dekorasi pesta yang satu ini belakangan kian hits karena cantik, eco friendly, dan bisa dibuat sendiri! Yup, paper rose, alias mawar kertas, makin sering kita jumpai di feeds sebagai background foto di pesta-pesta besar maupun kecil. Warnanya yang merentang dari warm sampai cool pastel bisa disesuaikan untuk beragam tema acara.

cara membuat bunga dari kertas 4

Ilustrasi sebagai background foto (Sumber: pinterest.com)

 

Kabar baik nih, GenK, kamu bisa bikin sendiri hiasan yang satu ini. Ragam kertas yang bisa kamu jadikan paper flower juga macam-macam, bisa glittery, glossy, doff, textured, bahkan patterned. Semuanya bisa disesuaikan dengan desain dekorasi keseluruhan di acaramu.

cara membuat bunga dari kertas 1

bunga kertas (Sumber: thesprucecrafts.com)

Yuk kita langsung bahas cara membuat bunga dari kertas!

Cara Membuat Hiasan Paper Rose

Kali ini, kita akan membuat giant paper rose. Ini bahan bahan yang bisa kamu siapkan untuk membuat paper rose:

Bahan-bahan:

1. Kertas décor

Pilihannya ada banyak, kamu tinggal sesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan acaramu, ya. Jika kamu butuh kesan elegan dan formal, coba gunakan kertas jasmin. Permukaannya licin dan glossy, dan glittery.

Kertas jasmin biasa digunakan untuk undangan pernikahan agar menampilkan kesan resmi dan mewah. Kelebihan lainnya yakni kertas ini juga tahan air karena dilapisi semacam plastik.

Kelemahannya, karena licin, agak tricky untuk memotongnya dalam dua atau tiga lapis kertas sekaligus, jadi kamu perlu teliti dan berhati-hati ya, GenK. tidak apa-apa lambat asal hasilnya bagus. Kamu tak mau kan kalau paper rose-mu acak adut?

2.Glue gun (lem tembak)

cara membuat bunga dari kertas 2

Glue gun (Sumber: flipkart.com)

Sebenarnya kamu bisa pakai double tape. Tetapi, glue gun jauh lebih kuat dan rekat. Karena dipanaskan dengan listrik, lem dari glue gun cepat menempel pada kertas.

Warnanya pun transparan, sehingga tidak mengganggu jika tersembul keluar dari kertas.

Karena lem yang keluar dari glue gun cenderung tebal, penggunaan lem jenis ini juga membantu paper rose-mu lebih bervolume dari satu kelopak ke kelopak lain.

Kelemahannya, lem ini panas, jadi bisa melukai kulitmu kalau terkena dan dibiarkan lama sedikit di kulit. Lem ini juga memerlukan listrik.

Alternatifnya, kamu bisa menggunakan lilin untuk memanaskan glue stick yang sudah dilepas dari glue gun. Tetapi jika tidak berhati-hati menjaga api, asapnya bisa menempel di lem, sehingga warnanya menghitam dan membuat lem terkesan kotor jika tersembul dari balik kertas.

Kamu bisa menggunakan double tape sebagai alternatif glue gun. Tetapi, double tape masih ada risiko lepas kalau kamu kurang kuat merekatkannya, atau kalau bahan kertas terlalu berat, licin, dan bergelombang.

Nah masalahnya, kelopak bunga dari kertas nanti akan dibuat bergelombang, sehingga terlihat seperti shape kelopak bunga sungguhan. Untuk menyiasatinya, kamu perlu menyiapkan double tape dalam potongan besar agar antarkelopak bunga tidak gampang copot.

3. Gunting

cara membuat bunga dari kertas 3

Ilustrasi menggunting paper rose (Sumber:dekoruma.com)

Usahakan pakai gunting yang besar dan tajam ya, GenK, agar potongan kelopak paper rose-mu tidak terkesan putus-putus.

4.Pensil

Baca Juga   Mengenal Ecobrick, Si Pengganti Batu Bata Ramah Lingkungan

5.Penggaris

6. Opsional:

Styrofoam atau papan plastik, tinggi dan lebar menyesuaikan ukuran dinding yang akan diberi dekorasi paper rose

Langkah Membuat Paper Rose

Kalau bahan-bahannya sudah siap, mari kita jajal cara membuat bunga dari kertas, yaitu jenis paper rose:

1. Buat pola kelopak bunga mawar dalam tiga ukuran. Antara kelopak terkecil, menengah, dan terbesar berbeda ukuran masing masing 2-3 cm. Jangan lupa sisakan lidah berbentuk persegi panjang dengan ukuran minimal 3 cm untuk menyatukan kelopak demi kelopak di dasar bunga

2. Potong pola, lalu salin ke kelopak-kelopak lainnya. Kamu bisa memulai dengan membuat empat kelopak terkecil, lima kelopak menengah, dan enam kelopak besar. Cobalah bereksperimen soal jumlah kelopak untuk membuat paper rose dalam beragam ukuran. Perbedaan ukuran ini akan memberi kesan dinamis di dinding jika paper rose sudah jadi dan ditata rapat di dinding.

Baca Juga   4 Kerajinan dari Kain Flanel sebagai Hadiah Kecil buat Temanmu

3. Panaskan glue gun.

4. Potong semua kelopak beserta lidahnya.

5. Satukan lidah dua kelopak terkecil (kita sebut A dan B). Lakukan sekali lagi di dua kelopak berbeda (C dan D). Lalu, bentuk tanda tambah dengan menumpuk satuan kelopak yang pertama  (A dan B) dengan yang kedua (C dan D). Lem bagian lidah AB dengan lidah CD agar menyatu.

6. Gunakan sisi gunting untuk menarik kelopak A, B, C, dan D dari arah tengah kelopak ke arah luar. Tarikan sisi gunting akan membuat kertas bergelung ke dalam. Lakukan pada sisi kiri dan kanan kelopak.

7. Satukan kelopak A dengan kelopak B yang sudah bergelung menjadi bentuk kelopak-kelopak mawar yang belum merekah. Satukan dengan lem.

8. Satukan kelopak C dan D ke kelopak C dan D. beri jarak 0,5 cm atau lebih untuk memberi kesan volume. Kalau sudah jadi, kamu akan melihat bentuk kelopak-kelopak terdalam di mawar yang belum merekah sempurna.

9. Setelah membuat kelopak-kelopak paling dalam, mulai siapkan kelopak-kelopak bagian tengah dan kelopak-kelopak bagian luar.  Berbeda dengan kelopak-kelopak bagian paling dalam, kelopak-kelopak bagian tengah dan kelopak-kelopak bagian luar menggelung keluar. Gelungan keluar akan mengesankan mawar yang tengah merekah.

Baca Juga   Aneka Kerajinan Tangan dari Botol Bekas

Untuk membuat gelungan kelopak bagian tengah dan bagian dalam, buat tarik sisi gunting dari bagian tengah luar kelopak, ke arah luar, agar kelopak menggelung keluar.

10. Satukan kelopak-kelopak bagian tengah dan kelopak-kelopak bagian luar ke kelopak ABCD. Lakukan satu per satu dengan lem di pinggir sisi dalam kelopak. Oya, kamu bisa menumpuk sedikit sisi antarkelopak untuk memberikan kesan bunga yang belum sepenuhnya merekah dengan kelopaknya yang rapat.

Untuk membuat bunga full bloom, kamu tidak perlu banyak-banyak membuat kelopak yang bertumpukan sisinya. Jadi deh paper rose-mu!

11. Kamu bisa menggantungkan paper rose di dinding dengan glue gun, namun berhati-hati untuk tidak memberikan terlalu banyak lem agar tidak merusak dinding.

Alternatifnya, jika dinding berisiko rusak, kamu bisa melapisi dinding dengan styrofoam atau papan plastik. Sebisanya, gunakan styrofoam dan papan plastik dengan warna senada kelopak paper rose-mu.

Tempelkan ke dinding dengan double tape yang meliputi semua sisi styrofoam atau papan.  Jangan lupa tempel juga bagian tengahnya ke dinding dengan double tape agar lapisan ini tidak “runtuh” keberatan karena banyaknya paper rose yang ditempel.

12. Tata paper roses menjadi gerombolan bunga yang merekah di dindingmu. Kamu bisa melihat referensi penataan di Pinterest dan Youtube. Ada banyak style untuk mengaturnya, mulai dari yang rapat hingga bagian atas dinding ataupun hanya bergerombol di satu sudut. Be creative, GenK!


Yup, itu dia cara-cara membuat bunga dari kertas, yaitu jenis paper rose untuk dekorasi pesta dan acaramu. Good luck for your event!  

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Hobi dan Kriya

Membuat 3 Jenis Kerajinan Tangan dari Koran Bekas

Hobi dan Kriya

Cara Membuat Dekorasi Kamar Menggunakan Lampu Neon Kekinian

Hobi dan Kriya

Menghias Kamar dengan Kreasi Origami

Hobi dan Kriya

Ayo Belajar Cara Membuat Undangan Praktis

Hobi dan Kriya

Mengenal Ecobrick, Si Pengganti Batu Bata Ramah Lingkungan

Hobi dan Kriya

Cara Membuat Aksesoris Wanita: Anting Kekinian

Hobi dan Kriya

4 Ide Kreatif Desain Amplop Lebaran

Hobi dan Kriya

4 Ide Hiasan Dinding Unik dan Cara Membuatnya

Hobi dan Kriya

9 Hobi Sederhana yang Bisa Menghasilkan Uang

Hobi dan Kriya

Cara Lengkap Membuat Seni Paper Cutting untuk Pemula

Hobi dan Kriya

4 Kerajinan dari Kain Flanel sebagai Hadiah Kecil buat Temanmu

Hobi dan Kriya

5 Ide Kerajinan dari Kardus Sepatu yang Bisa Bikin Kamarmu Lebih Rapi

Hobi dan Kriya

Cara Membuat Kartu Ucapan yang Pasti Diingat Oleh Orang Terdekatmu

Hobi dan Kriya

DIY Phone Case Kreatif untuk Kamu Yang Bosenan

Hobi dan Kriya

3 Kerajinan dari Stik Es Krim Buat Meningkatkan Kreativitasmu

Hobi dan Kriya

Aneka Kerajinan Tangan dari Sedotan

Hobi dan Kriya

Aneka Kerajinan Tangan dari Botol Bekas

Hobi dan Kriya

Kreatif! Ini Dia Cara Membuat Aksesoris Wanita

Hobi dan Kriya

Berkebun di Dalam Air dengan Aquascape

Hobi dan Kriya

Yuk, Bikin Rak Buku Unik untuk Koleksi Bukumu

            Artikel Selanjutnya     
kid logo
Mau inspirasi ngalir deras,
kreativitas anti mandek?
Dapetin newsletter gratis dan undangan eksklusif ke acara-acara kreativv ID!

 
close-link