Cara Membuat Clay dari Bahan-Bahan Sederhana

Dibaca Normal: 4 menit aja
cara membuat clay

Berkreasi dengan clay adalah hal yang mengasyikkan, cocok dijadikan sebagai hobi sampingan ataupun sekadar mengisi waktu luang. Namun banyak yang mengeluh sulit mendapatkan materialnya. Nah, ternyata ada cara membuat clay sederhana yang bisa kamu lakukan di rumah dengan harga yang terjangkau. Yuk simak cara pembuatannya, GenK!

Sebelumnya kami membahas seputar kerajinan clay beserta alat-alat yang digunakan khusus untuk clay. Nah, sekarang kami ingin membagikan beberapa cara membuat clay dari bahan alternatif sederhana yang ada di sekitarmu, seperti tisu toilet, tepung, dan sabun.

Tertarik untuk membuat clay homemade ala kamu? Simak informasi alat dan bahan yang dibutuhkan serta cara pembuatannya yuk! Cekidot!

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

DIY Paper Clay dari Tisu Toilet

cara membuat clay 1

Kerajinan clay dari tisu toilet (sumber: wikihow.com)

Salah satu jenis clay yang banyak digunakan untuk membuat kerajinan homemade adalah paper clay. Jenis ini terbuat dari kertas yang dihancurkan sampai bentuknya seperti bubur yang kemudian diberi lem sebagai perekat layaknya squishy, GenK.

Nah, sekarang kami akan membagikan cara membuat clay dari tisu toilet yang bisa langsung kamu coba sendiri di rumah. Bahan-bahan yang diperlukan sangat sederhana dan terjangkau. Yuk kita mulai!

Alat dan bahan:

  • 1 gulung tisu toilet
  • 1 roll tisu
  • 600 ml air
  • Lem cair
  • Tepung putih
  • 2 buah wadah besar
  • Gunting
  • Electric mixer
  • Cat akrilik
  • Kuas lukis

Cara membuat paper clay dari tisu toilet:

  1. Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat paper clay.
  2. Ambil 1 wadah berukuran besar dan letakkan satu gulung tisu toilet di dalamnya. Dengan catatan roll tisu sudah dikeluarkan dari gulungan. Roll tersebut jangan langsung dibuang, GenK, karena nanti akan kami gunakan pada step nomor 6.
  3. Siram 1 botol berisikan kurang lebih 600 ml ke dalam wadah tersebut sampai semua permukaan tisu terendam air. Remas menggunakan telapak tangan sampai bentuknya jadi hancur menjadi bubur kertas.
  4. Karena masih dalam satu gulungan, robek tisu menjadi beberapa bagian, kemudian peras dan pindahkan ke wadah kering.
  5. Masukkan bahan-bahan yang diperlukan ke dalam wadah kering, yaitu lem cair dan tepung putih. Aduk sampai merata dan teksturnya berubah menjadi lebih halus menggunakan electric mixer
  6. Karena sekarang kamu ingin membuat kerajinan clay berbentuk wajah kucing, ambil roll tisu yang sebelumnya sudah kamu simpan dan bentuk sampai menyerupai wajah kucing dengan menggunakan gunting.
  7. Ambil adonan paper clay yang sudah dicampur pakai mixer dan tempelkan di semua permukaan roll yang sudah kamu bentuk menjadi kepala kucing. Pastikan adonan menempel dengan sempurna.
  8. Tidak lupa beri mata dan hidung kucing menggunakan adonan paper clay juga, GenK.
  9. Siapkan cat akrilik dengan berbagai variasi warna untuk mewarnai bagian kepala kucing dan memberi hiasan di bagian-bagian tertentu seperti bola mata, bulu mata, dan kumis kucing. 
  10. Diamkan sampai semuanya benar-benar mengering dengan sempurna. Jika sudah, kerajinan clay dari tisu toilet buatanmu sudah jadi, GenK!
Baca Juga
6 Tips Cara Merawat Action Figure Supaya Tahan Lama

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Hobi & Kriya

Panduan Cara Membuat Bonsai yang Mudah dan Praktis

Hobi & Kriya

DIY Dekorasi Halloween Kece yang Simpel dan Mudah

Hobi & Kriya

Tutorial Cara Merangkai Bunga di Vas untuk Pemula

Hobi & Kriya

Cara Membuat Lilin Aromaterapi yang Mudah dan Praktis

Next >>
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link
Silahkan isi form terlebih dahulu untuk mengunduh Media Kit
Asset Media Kit
close-link