Cara Membuat Dekorasi Kamar Menggunakan Lampu Neon Kekinian

Dibaca Normal: 5 menit aja
cara membuat dekorasi kamar

Slider
Slider
Slider

Sering merasa bosan dengan tampilan kamar yang biasa saja? Cobain menghias kamar deh. Salah satu hiasan yang bisa kamu tambahkan adalah lampu neon, GenK. Yuk intip cara membuat dekorasi kamar kekinian dari lampu neon.

Beberapa waktu belakangan, tren menata kamar menjadi booming di dunia maya. Para netizen berlomba-lomba unjuk gigi untuk memperlihatkan kamar tidur yang paling estetik dan instagramable ala Tumblr. 😍

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Mulai dari kamar bernuansa minimalis yang didominasi warna hitam dan putih, kamar yang dihias dengan kreasi origami, hingga kamar seterang jalanan di Tokyo yang bergaya retro, dengan lampu neon. 

Cara membuat dekorasi kamar 1

Contoh dekorasi lampu neon (sumber: trazy.com)

Nah, buat kamu yang tertarik dengan dekorasi kamar kekinian dari lampu neon, kamu bisa belajar cara membuatnya. Cus disimak tutorialnya! 

Alat dan bahan untuk membuat dekorasi lampu neon

cara membuat dekorasi kamar 2

Gambar alat dan bahan (sumber: rookiemag.com)

  • Kabel lampu neon sepanjang ½ meter. Bisa kamu dapatkan di toko listrik atau toko lampu nih. Atau kalau kamu malas, ada juga yang tersedia secara online, GenK. Yang penting pastikan kalau kamu memilih membelinya secara online, jangan lupa untuk memperhatikan review-nya yah
  • Kawat besi ukuran 16mm sepanjang 8 meter. Kamu bisa mendapatkannya di toko-toko bangunan terdekat. 
  • 1 pistol lem tembak 
  • 1 pita perekat kertas Jepang (washi tape)
  • Tang atau gunting kawat
  • Kertas ukuran besar untuk dasar tatakan bentuk atau tulisan yang akan dibuat. Kamu bisa memakai kertas karton berwarna putih atau kertas gambar ukuran A3. 
  • Pensil 
  • Tali. Untuk tali, kami sarankan untuk menggunakan tali kecil dari bahan seperti wol yang mudah dibentuk. 
Baca Juga
5 Tips Pencahayaan Rumah untuk Hunian yang Lebih Nyaman

Cara membuat dekorasi kamar dengan lampu neon

Alat dan bahan sudah di tangan? Kalau semuanya sudah lengkap, waktunya kita beraksi nih. Ini dia cara membuat hiasan lampu neon kekinian: 

1. Tahap pertama 

cara membuat dekorasi kamar 3

(sumber: rookiemag.com)

Gambarlah tulisan, kalimat, atau bentuk yang kamu inginkan di atas kertas yang telah disiapkan. Tips: Supaya lebih mudah, kamu juga dapat mencetak terlebih dahulu bentuk atau tulisan yang kamu mau. Lalu satukan dengan memakai lem. 

Bentuknya terserah kamu, GenK. Bebaskan kreativitasmu. Kamu bisa memilih untuk menuliskan kata-kata favoritmu seperti “Hello” atau mungkin “Work”, bahkan bentuk-bentuk lucu seperti ‘hati’, atau apapun yang kamu sukai. 

Yang penting untuk tulisan, kamu harus menulisnya dengan menggunakan huruf sambung. Jadi kamu akan lebih mudah saat pemasangan lampu neonnya nanti. Untuk tutorial ini, kami menggunakan tulisan “Girl Almighty”. 

2. Tahap kedua

cara membuat dekorasi kamar

(sumber: rookiemag.com)

Bentuklah tali mengikuti huruf-huruf pada tulisan untuk memastikan seberapa panjang kawat yang akan kamu butuhkan. Posisikan tali mengikuti bentuk huruf secara akurat agar panjangnya sesuai yah

Jika hasil ukuran tulisan menggunakan talimu lebih panjang daripada kabel lampu neon yang kamu miliki, cobalah untuk mengecilkan huruf-huruf yang telah kamu buat, atau buatlah kalimat yang lebih pendek.

Baca Juga
Aneka Kerajinan Tangan dari Botol Bekas

3. Tahap ketiga

cara membuat dekorasi kamar 5

(sumber: rookiemag.com)

Oke, tahap selanjutnya adalah membentuk kawat sesuai dengan bentuk huruf yang kamu buat dengan menggunakan tang. Ini dia yang nantinya akan digunakan sebagai kerangka dekorasi lampu neon kamu, GenK. 👍

Pastikan untuk membentuk kawat hingga persis dengan kerangka tulisan hingga selesai. Jadi jangan sampai kamu langsung potong sebelum kerangka kawat benar-benar sesuai dengan bentuk yang telah kamu buat. 

4. Tahap keempat 

caar membuat dekorasi kamsr 6

(sumber: rookiemag.com)

Setelah kamu selesai membentuk kawat, ikatlah bagian yang melingkar (khususnya pada huruf ‘a’ dan ‘g’) dengan memakai kawat kecil supaya kawatnya tidak mudah lepas dan kehilangan bentuknya. 

Bagian ujung kawat juga cukup tajam GenK, jadi harus hati-hati yah. Bengkokanlah bagian ujung kawat agar tidak merusak dinding saat hiasan lampu neonmu digantung nanti. 

Catatan: Kerangka kawat yang kamu buat bisa saja mudah kehilangan bentuk, dan tidak rata. Untuk mengatasinya, kamu bisa membuat sedikit bengkokan pada setiap huruf. Supaya nantinya rata saat kamu tempelkan di dinding. 

Mulailah dari huruf pertama, lalu pastikan kerangkamu sudah cukup rata untuk pemasangan kabel lampu neon. Kuncinya harus banyak bersabar, gak harus rapi banget, yang penting permukaan kawatnya sudah cukup seimbang. 

Baca Juga
3 Ide Kreatif Dekorasi Kamar Kos untuk Anak Kuliah

5. Tahap kelima

cara membuat dekorasi kamar 7

(sumber: rookiemag.com)

Ambil kabel lampu neonmu (pastikan kalau kabelnya tidak kusut yah) dan pistol lem tembak. Kemudian mulailah merekatkannya ke kerangka kawat sedikit demi sedikit. Berhati-hatilah saat menggunakan pistol lem tembak, GenK. 

Setelah kamu mengaplikasikan lem pada permukaan kerangka, tempelkan kabel lampu neon ke kawat besi selama lima sampai sepuluh detik supaya betul-betul merekat dengan kuat. Agar kamu tidak kesulitan, rekatkanlah kabel sekitar enam sampai tujuh sentimeter secara perlahan. 

6. Tahap keenam 

cara membuat dekorasi kamar 8

(sumber: rookiemag.com)

Kalau tahapan yang ini bersifat opsional, GenK. Jika kamu ingin menambahkan bagian khusus pada huruf tulisanmu, seperti titik pada huruf ‘i’, perhatikanlah cara berikut nih. 

Saat kamu memasangkan kabel lampu neon ke kerangka kawat besi, berikanlah sedikit ekstra kabel yang memanjang keluar dari kerangka. Lalu ikatlah bagian ujung kerangka dengan menggunakan kawat kecil.

7. Tahap ketujuh

cara membuat dekorasi kamar 9

(sumber: rookiemag.com)

Sudah selesai, GenK! Kamu baru saja mempraktikan cara membuat dekorasi kamar lampu neon, praktis bukan? Nah, sekarang waktunya memajang hasil karyamu di dinding kamar dengan memakai pita perekat bening. 

cara membuat dekorasi kamar 10

(sumber: rookiemag.com)

Tambahkan sedikit kawat ke dinding, lalu tempelkan adaptor lampu ke papan buletin dengan menggunakan sedikit washi tape. Kemudian letakan tepat di bawah tulisan lampu neon buatanmu. Kamu juga bisa mengganti papan dengan velcro atau double tape khusus untuk dinding, GenK.


Kamar jadi semakin terang dan pastinya makin terlihat memukau dengan dekorasi kamarmu yang baru. Mudah dan praktis bukan? Selamat mencoba! 😁

Slider
Slider
Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Hobi & Kriya

Membuat Aquascape Low Budget untuk Dekorasi Rumah

Hobi & Kriya

Tips Membuat Kolase Kertas untuk Salurkan Kreativitas

Hobi & Kriya

Membuat 3 Jenis Kerajinan Tangan dari Koran Bekas

Hobi & Kriya

Cara Membuat DIY Terrarium Untuk Hiasan Rumah Mungil

Hobi & Kriya

4 Ide Desain Amplop Lebaran Unik

Hobi & Kriya

Raih Mahkota Miss Indonesia 2020, Ini Dia Sosok Pricilia Carla Yules

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link