fbpx

4 Ide Hiasan Dinding Unik dan Cara Membuatnya

Dibaca Normal: 5 menit aja 😊
cara membuat hiasan dinding

Sudah bosan dengan nuansa ruangan yang sepi? Mungkin inilah saatnya menambahkan dekorasi. Yuk simak cara membuat hiasan dinding berikut ini yang bisa kamu praktikkan sendiri, GenK!

Sering bosan di kamar? Atau bahkan sampai gak betah? Mungkin salah satu penyebabnya adalah kamu sudah jenuh dengan suasana kamarmu.

Sekali-kali menghias kamar tidak ada salahnya kok. Selain mempercantik kamar, kamu juga bisa melatih imajinasi dan kreativitasmu loh.

Untuk mewujudkannya, diperlukan referensi untuk mendatangkan ide dekorasi ruangan. Di dalam artikel ini, kami akan membagikan 4 referensi hiasan dinding beserta cara membuat hiasan dinding yang bisa kamu praktikkan sendiri di rumah.

DIY Hiasan Dinding dari Ranting Pohon

Cara Membuat Hiasan Dinding 1

Contoh hiasan dinding dari ranting kayu (sumber: diy-pallets.ml)

Ide kerajinan yang pertama adalah membuat hiasan dari ranting pohon. Kerajinan ini cocok untuk menjadi dekorasi ruang tamu, ruang keluarga, dan lain-lain. Pokoknya fleksibel deh. Soalnya hiasan dinding yang satu ini meninggalkan kesan yang mahal tapi tetap minimalis.

Buat kamu yang tertarik untuk membuat hiasan dinding dari ranting pohon ini, kami bakal membagikan apa saja alat dan bahan yang dibutuhkan, serta cara pembuatannya, GenK. Yuk, intip langkah-langkahnya!  

Alat dan bahan:

  1. Papan kayu (3 buah)
  2. Ranting pohon yang bercabang
  3. Cat tembok warna putih
  4. Kuas cat
  5. Pengikat kabel
  6. Paku
  7. Palu
  8. Bor listrik
  9. Tongkat kayu
  10. Gunting

Cara membuat hiasan dinding dari ranting pohon:

  1. Pertama-tama siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Karena ada banyak alat, pastikan semuanya sudah lengkap.
  2. Bersihkan 3 buah papan kayu dari debu dan serat-serat kayu yang masih tersisa. Oh iya, papan ini berbentuk persegi panjang. Untuk ukuran bisa disesuaikan dengan ukuran ruangan.
  3. Siapkan cat tembok, lalu tambahkan air jika dirasa masih terlalu kental. Aduk menggunakan tongkat kayu, jangan pakai kuas ya, GenK.
  4. Mulai warnai ketiga papan tersebut menggunakan cat tembok. Untuk tebal-tipis warna bisa disesuaikan dengan efek yang ingin kamu buat. Kalau cat tipis akan memberikan kesan yang lebih natural, karena tekstur kayu masih terlihat.
  5. Selanjutnya lapisi permukaan ranting kayu yang bercabang dengan cat yang sama. Diamkan sampai cat mengering.
  6. Tempel 3 papan kayu di dinding dengan menggunakan palu dan paku. Pastikan sudah menempel dengan sempurna agar tidak mudah jatuh.
  7. Setelah itu buat bolongan-bolongan kecil di papan menggunakan bor listrik. Lubang ini digunakan sebagai tempat pengikat kabel untuk mengikat ranting.
  8. Posisikan ranting kayu di depan ketiga papan. Lalu ikat menggunakan pengikat kabel. Masukkan pengikat kabel melalui lubang kecil yang sudah dibuat. Lalu gunting bagian pengikat kabel yang tidak terpakai.
  9. Hiasan dinding dari ranting kayu sudah bisa menghiasi rumahmu, GenK!

DIY Garland Benang Wol

cara membuat hiasan dinding 2

Contoh garland benang wol (sumber: kaleyann.com)

Bagaimana gambar garland di atas? Bagus banget kan?

Kalau biasanya untuk memiliki garland sebagus itu mesti beli di toko-toko aksesori atau toko dekorasi rumah, sekarang kamu bisa bikin sendiri loh.

Ada berbagai jenis garland, tapi sekarang yang akan kami bagikan untuk kamu adalah garlan rumbai-rumbai dari benang wol.

Garland ini bisa kamu gunakan sebagai hiasan dinding kamar. Warna-warni garland benang wol bisa mempercantik dan merubah mood kamar jadi lebih fun. Selain dari benang wol, kamu juga bisa membuat garland ala-ala dari sedotan loh. Daripada penasaran, langsung kita lihat langkah-langkah pembuatannya, yuk!  

Baca Juga   DIY Phone Case Kreatif untuk Kamu Yang Bosenan

Alat dan bahan:

  1. Benang wol warna-warni
  2. Benang katun
  3. Karton persegi panjang
  4. Gunting

Cara membuat garland benang wol untuk hiasan dinding:

  1. Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat garland benang wol. Jika sudah, kamu bisa lanjut ke langkah berikutnya.
  2. Potong kertas karton menjadi bentuk persegi panjang. Ukuran karton bisa disesuaikan dengan panjang rumbai-rumbai yang ingin kamu buat nantinya.
  3. Gulung benang wol menggunakan kertas karton. Kira-kira 10-12 kali gulungan.
  4. Potong bagian bawah atau atas gulungan benang wol. Ingat ya, GenK, cukup potong satu bagian saja.
  5. Lepaskan benang dari karton secara perlahan agar benang tidak berantakan.
  6. Luruskan benang, lalu ikat tepat di bagian tengahnya dengan menggunakan warna benang wol yang sama.
  7. Lipat untaian benang yang sudah diikat bagian tengahnya menjadi dua bagian sampai terlihat seperti rumbai-rumbai. Ikat lagi bagian atasnya sampai membentuk lingkaran. Lingkaran ini digunakan untuk mengaitkan rumbai-rumbai dengan benang katun.
  8. Selanjutnya ikat simpul sekitar 2cm ke bawah dari lingkaran. Lilitkan benang di sekitar rumbai.
  9. Supaya terlihat lebih rapi, potong bagian bawah rumbai agar semua benang rata.
  10. Siapkan benang katun. Ukurannya bisa disesuaikan dengan luas ruangan dan dinding yang ingin kamu hias. Panjang 1 meter juga sudah cukup kok, GenK.
  11. Masukkan rumbai-rumbai ke benang katun melalui celah lubang, sehingga rumbai-rumbai bisa menggantung dengan sempurna.
    Cara Membuat Hiasan Dinding 3

    Contoh langkah nomor 11 (sumber: ehow.com)

  12. Lakukan langkah nomor 2-11 sampai beberapa rumbai berhasil dibuat.
  13. Garland benang wol buatanmu sudah bisa digunakan sebagai hiasan kamar deh.

DIY Hiasan Papan Tulis dari Bingkai Jendela

Cara Membuat Hiasan Dinding 4

Contoh hiasan papan tulis dari bingkai jendela (sumber: housebyhoff.com)

Papan tulis dari bingkai jendela bisa dijadikan sebagai hiasan dinding yang super unik. Hiasan dinding yang satu ini akan memberikan nuansa vintage. Apalagi bingkai jendela yang terlihat rapuh akan memperkuat konsep vintage itu sendiri.

Lalu bagaimana cara membuat hiasan dinding seperti gambar di atas? Yuk langsung saja simak alat dan bahan, serta langkah-langkah pembuatannya, GenK.  

Alat dan bahan:

  1. Papan tulis hitam
  2. Bingkai jendela bekas
  3. Triplek
  4. Cat lateks
  5. Kapur
  6. Gergaji
  7. Paku
  8. Palu

Cara membuat hiasan papan tulis dari bingkai jendela:

  1. Pertama-tama siapkan alat dan bahan yang bakal kamu gunakan.
  2. Bersihkan bingkai jendela. Kalau masih ada kacanya akan lebih bagus, GenK. Oh iya, kaca ini berguna sebagai penutup bagian depan, agar papan tulis tidak jatuh dari bingkai jendela.
  3. Siapkan papan tulis. Potong menjadi 4 bagian yang sama panjangnya dengan bingkai-bingkai jendela dengan menggunakan gergaji.
  4. Buatlah tulisan di papan tulis menggunakan kapur. Pilih gaya tipografi yang unik. Kamu bisa mencari referensi kalimat dan bentuk huruf di internet, seperti Tumblr dan Pinterest.
  5. Masukkan keempat papan tulis tersebut ke bingkai jendela. Susun sesuai posisi bingkai. Hadapkan bagian papan yang sudah berisi tulisan indahmu ke bagian kaca jendela.
  6. Sekarang ambil triplek, lalu potong sesuai dengan ukuran bingkai jendela menggunakan gergaji.
  7. Pasang triplek di bagian belakang bingkai, supaya potongan papan tulis tidak jatuh ke belakang. Gunakan paku dan palu untuk memasang triplek di bagian belakang jendela. Hati-hati ya, GenK.
  8. Kamu bisa menambahkan hiasan kerang dan bintang laut loh.
  9. Hiasan dinding papan tulis dari bingkai jendela sudah bisa kamu gunakan untuk menghias rumah. Hiasan ini bisa kamu sandarkan di dinding ataupun digantung.

Kain Mandala Tapestry

Cara Membuat Hiasan Dinding 5

Contoh kain mandala tapestry (sumber: pinterest.com)

Buat kamu yang pengen punya kamar kekinian ala-ala anak Tumblr, kain mandala tapestry ini bisa menjadi pilihan.

Kain mandala tapestry merupakan simbol di dalam mimpi, di mana mencitrakan pemimpi sebagai kesatuan diri. Kain ini menjadi salah satu ciri khas gaya bohemian. Ia mampu memberikan sentuhan cantik di dinding kamarmu.

Baca Juga   Kreatif! Ini Dia Cara Membuat Aksesoris Wanita

Kalau tadinya kamarmu terkesan sepi, dengan mandala tapestry bisa membantu kamu untuk mengisi kekosongan sebagai hiasan dinding kamar yang polos deh.

Mudah banget untuk menempelkan kain ini di dinding. Bisa dengan bantuan batang gorden, dengan paku, dan juga dengan push pin. Untuk penggunaan paku atau push pin, pastikan saat kain mandala tapestry digantung tidak terlalu berat, karena kalau terlalu berat bisa-bisa kainnya jatuh atau bahkan robek, GenK.

Supaya tampilan kamar lebih cantik, tambahkan lampu tumblr LED. Pilihlah warna lampu yang hangat, supaya kamar jadi lebih nyaman dan bikin betah.


Itu dia 4 ide hiasan dinding. Manakah yang menjadi favoritmu? Cara membuat hiasan dinding di atas tergolong mudah kok. Tinggal kamu tambahkan dengan imajinasi dan kreativitasmu untuk membuat kreasi hiasan dinding yang super keren. Selamat mencoba di rumah, GenK!

Polling

Tentang Penulis

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Hobi dan Kriya

Membuat 3 Jenis Kerajinan Tangan dari Koran Bekas

Hobi dan Kriya

Cara Membuat Dekorasi Kamar Menggunakan Lampu Neon Kekinian

Hobi dan Kriya

Menghias Kamar dengan Kreasi Origami

Hobi dan Kriya

Ayo Belajar Cara Membuat Undangan Praktis

Hobi dan Kriya

Mengenal Ecobrick, Si Pengganti Batu Bata Ramah Lingkungan

Hobi dan Kriya

Lagi Nyiapin Pesta? Dekorasi dengan Bunga Mawar Kertas Deh!

Hobi dan Kriya

Cara Membuat Aksesoris Wanita: Anting Kekinian

Hobi dan Kriya

4 Ide Kreatif Desain Amplop Lebaran

Hobi dan Kriya

9 Hobi Sederhana yang Bisa Menghasilkan Uang

Hobi dan Kriya

Cara Lengkap Membuat Seni Paper Cutting untuk Pemula

Hobi dan Kriya

4 Kerajinan dari Kain Flanel sebagai Hadiah Kecil buat Temanmu

Hobi dan Kriya

5 Ide Kerajinan dari Kardus Sepatu yang Bisa Bikin Kamarmu Lebih Rapi

Hobi dan Kriya

Cara Membuat Kartu Ucapan yang Pasti Diingat Oleh Orang Terdekatmu

Hobi dan Kriya

DIY Phone Case Kreatif untuk Kamu Yang Bosenan

Hobi dan Kriya

3 Kerajinan dari Stik Es Krim Buat Meningkatkan Kreativitasmu

Hobi dan Kriya

Aneka Kerajinan Tangan dari Sedotan

Hobi dan Kriya

Aneka Kerajinan Tangan dari Botol Bekas

Hobi dan Kriya

Kreatif! Ini Dia Cara Membuat Aksesoris Wanita

Hobi dan Kriya

Berkebun di Dalam Air dengan Aquascape

Hobi dan Kriya

Yuk, Bikin Rak Buku Unik untuk Koleksi Bukumu

            Artikel Selanjutnya     
kid logo
Mau inspirasi ngalir deras,
kreativitas anti mandek?
Dapetin newsletter gratis dan undangan eksklusif ke acara-acara kreativv ID!

 
close-link