fbpx

Cara Membuat Kartu Ucapan yang Pasti Diingat Oleh Orang Terdekatmu

Dibaca Normal: 6 menit aja šŸ˜Š
cara membuat kartu ucapan

Bosan dengan kartu ucapan yang itu-itu saja? Yuk cobain cara membuat kartu ucapan berikut ini agar orang terdekatmu terkesan, GenK!

Ā 

Kartu ucapan merupakan barang sederhana yang sering terlupakan. Padahal dengan menggunakan kartu ucapan, kamu bisa menjaga hubungan baik dengan rekan-rekanmu. Misalnya, pada hari spesial tertentu, seperti lebaran, imlek, atau cara ulang tahun.

Sayangnya, desain kartu ucapan yang ada di pasaran mungkin membuatmu bosan. Solusinya adalah dengan membuat DIY kartu ucapan. Kami punya beberapa referensi desain dan cara membuat kartu ucapan yang bisa kamu praktikkan sendiri di rumah.

Kartu Ucapan dengan Teknik Cetak

cara membuat kartu ucapan 1

Kartu Ucapan dengan Cara Cetak (sumber: chinahao.com)

Ā 

Kami mulai dari yang paling mudah, GenK. Teknik membuat kartu ucapan yang satu ini adalah dengan cara unduh dan cetak. Cocok banget buat kamu yang tidak punya waktu luang untuk membuat kreasi kerajinan yang rumit tetapi bosan dengan desain kartu ucapan yang ada di pasaran.

Terlebih, kamu bisa mengunduh banyak gambar dari internet untuk dicetak menjadi desain kartu ucapan buatanmu. Kalau kamu tertarik membuatnya, simak langkah pembuatannya berikut ini, yuk!

Alat dan Bahan:

  1. Kertas art paper, ukuran disesuaikan dengan kebutuhan cetak
  2. Aplikasi edit foto
  3. Gambar
  4. Printer atau mesin cetak
  5. Gunting

Cara Membuat Kartu Ucapan dengan Teknik Cetak:

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan alat dan bahan yang digunakan untuk membuat kartu ucapan.
  2. Cari gambar-gambar lucu dan unik di internet. Supaya hasil gambar lebih bagus, carilah foto di situs web yang memang menyediakan foto High Quality (kualitas tinggi), GenK. Dijamin hasil cetak tidak akan buram deh.
  3. Install tipografi yang cocok dengan tema kartu ucapan. Sama seperti foto, sudah banyak situs web yang menyediakan berbagai jenis huruf yang bisa kamu unduh secara gratis. Kalau sudah diunduh, jangan lupa untuk dipasang (install) di perangkatmu, GenK.
  4. Ini merupakan cara membuat kartu ucapan melalui aplikasi edit foto. Kalau belum punya, kamu bisa mengunduhnya di situ web tertentu, karena ada banyak aplikasi edit foto gratis, baik di desktop maupun ponsel pintar.
  5. Buat lembar kerja sesuai dengan ukuran kartu ucapan yang kamu inginkan, misalnya kamu ingin membuat bentuk persegi, gunakan ukuran 10x10cm.
  6. Masukan gambar yang sudah kamu unduh, lalu posisikan di lembar kerja yang sudah kamu buat di aplikasi edit foto. Pilih posisi yang sekiranya enak dilihat dan tentunya menarik. Ada tips juga nih, GenK, kamu bisa memainkan besar kecil gambar supaya tidak monoton.
  7. Tulis ucapan dengan menggunakan huruf yang sudah kamu install. Ganti warna huruf supaya lebih bervariasi.
  8. Kalau sudah, jangan lupa simpan gambar dalam format jpg atau jpeg.
  9. Siapkan printer. Eh iya, kamu tidak perlu bingung kalau tidak punya printer, GenK, karena kamu bisa pergi ke percetakan terdekat.
  10. Masukan kertas art paper ke dalam printer, lalu cetak.
  11. Jika sudah dicetak, potong kertas dengan gunting kalau seandainya ada bagian yang tidak kamu inginkan.
  12. Buat pilihan opsional, laminasi kartu ucapan buatanmu dengan laminasi doff atau glossy.
  13. Kartu ucapan sudah bisa kamu sebarkan kepada rekanmu, GenK! Mudah banget kan cara pembuatannya?

Ā 

Baca Juga   Cara Membuat Pembatas Buku Kreatif

Ā 

Kartu Ucapan Ilustrasi

cara membuat kartu ucapan 2

Kartu ucapan ilustrasi (sumber: doris-chang.com)

Ā 

Dari gambarnya saja sudah kece banget, GenK!

Nah, kalau kamu ingin membuat kartu ucapan di atas, caranya mudah kok. Kamu hanya memerlukan beberapa alat dan bahan yang sederhana. Bahan utama yang harus kamu punya adalah kertas, cat air, dan kuas gambar. Tidak perlu khawatir untuk masalah skill gambar. Coba saja dulu, siapa tahu hasilnya melebihi ekspektasimu, GenK. Yuk kita lihat cara pembuatan kartu ucapan ilustrasi ini!

Alat dan Bahan:

  1. Kertas gambar atau kertas dari sketchbook
  2. Cat air
  3. Kuas gambar
  4. Palet warna
  5. Alat tulis seperti pensil, spidol, atau drawing pen

Cara Membuat Kartu Ucapan Ilustrasi:

  1. Pertama-tama siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat kartu ucapan ilustrasi. Oh iya, ilustrasi di sini dibuat secara manual ya, GenK. Jadi kamu perlu menggunakan cat air dan alat-alat pendukungnya.
  2. Siapkan 1 lembar kertas gambar atau kertas dari sketchbook. Usahakan menggunakan kertas yang tebal supaya cat air tidak tembus saat diaplikasikan ke kertas. Lipat menjadi dua bagian.
  3. Mulai buat sketsa gambar menggunakan pensil. Tipis-tipis saja, GenK. Kamu juga bisa menggunakan alat tulis lainnya, karena ada beberapa orang yang lebih nyaman membuat sketsa pakai spidol atau drawing pen. Bila masih bingung soal gambar, kamu dapat mencari referensi gambar di internet. Mudah banget deh, GenK.
  4. Setelah membuat sketsa, mulai warnai dengan cat air. Pelan-pelan saja, apalagi kalau kamu belum terbiasa dengan cat air. Karena kunci penting saat melukis dengan cat air adalah tebal tipis warna dan bagaimana cara kamu mencampur warna dengan air.
  5. Tambahkan outline gambar sesuai selera.
  6. Buatlah tipografi yang indah supaya menarik saat dilihat. Teknik ini disebut dengan hand lettering yang juga digunakan saat kamu membuat studyblr. Perbanyak latihan membuat hand lettering di kertas, supaya tangan kamu tidak kaku lagi.
  7. Kartu ucapan ilustrasi buatanmu sudah jadi, GenK! Ayo kirimkan ke rekan-rekanmu!

Ā 

Kartu Ucapan 3D

cara membuat kartu ucapan 3

Kartu ucapan 3D (sumber: amazon.com)

Ā 

Selanjutnya adalah kartu ucapan 3D. Dilihat dari contoh gambar di atas saja sudah keren banget bukan? Teknik menempel 3D memang selalu menjadi juara kalau soal kreasi kerajinan tangan. Tampilannya akan terlihat lebih mahal dan rumit dibanding dengan kreasi kartu ucapan lainnya. Namun itu relatif ya, GenK.

Kreasi kartu ucapan yang seperti ini akan membutuhkan banyak waktu, karena pembuatannya cukup rumit. Namun cocok buat kamu yang memang gemar membuat kerajinan tangan. Yuk lihat cara pembuatannya!

Alat dan Bahan:

  1. Kertas concorde atau kertas lainnya yang tebal
  2. Kelopak bunga plastik
  3. Kancing
  4. Manik-manik
  5. Pita
  6. Alat tulis seperti pensil, penghapus, dan penggaris
  7. Lem kertas atau lem tembak
  8. Gunting

Cara Membuat Kartu Ucapan 3D:

  1. Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat kartu ucapan 3D.
  2. Siapkan kertas concorde, lalu ukur sesuai keinginanmu. Gunakan penggaris saat mengukur supaya angkanya lebih akurat dan hasilnya lebih rapi. Lalu potong dengan gunting. Lipat menjadi dua bagian. Sekedar tips, gunakan kertas yang tebal, supaya kertas tidak lemas.
  3. Buat bentuk hati dan bunga dalam berbagai ukuran untuk dijadikan hiasan kartu. Gunakan warna yang berbeda dengan warna kertas concorde yang digunakan sebagai kartu ucapan. Lalu gunting dan tempel menggunakan lem.
  4. Tempel juga kancing warna-warni untuk mempercantik tampilan.
  5. Nah, sekarang tempelkan kelopak bunga plastik supaya memberi kesan 3D. Tidak perlu banyak-banyak, yang penting posisi bunganya sudah pas, GenK.
  6. Tempel pita yang sudah dibentuk menjadi pola cantik di sudut kartu ucapan.
  7. Untuk opsional, buat gambar-gambar lain supaya kartu ucapanmu lebih ramai dan terkesan playful.
  8. Kreasi kartu ucapan 3D buatanmu sudah bisa dikirim, GenK.

Ā 

Baca Juga   3 Ide Kreasi Bunga Kertas

Ā 

Kartu Ucapan dengan Hiasan Bunga

cara membuat kartu ucapan 4

DIY kartu ucapan bunga (sumber: dhgate.com)

Ā 

Kreasi yang terakhir adalah kartu ucapan bunga. Yap, sesuai namanya, kartu ucapan ini menggunakan bunga kering sebagai hiasan kartu. Bunga kering memang sedang menjadi tren untuk dijadikan kerajinan tangan, salah satunya adalah membuat phone case. Ada beragam bunga yang bisa kamu pilih untuk dijadikan hiasan.

Cara pembuatannya juga sangat mudah dan sederhana. Pokoknya tidak memakan banyak waktu deh. Daripada penasaran, langsung saja kamu lihat cara pembuatannya berikut ini.

Alat dan Bahan:

  1. Bunga kering
  2. Kertas linen
  3. Alat tulis seperti pulpen, penghapus, dan penggaris
  4. Gunting
  5. Isolasi kertas

Cara Membuat Kartu Ucapan dengan Hiasan Bunga:

  1. Persiapkan alat dan bahan yang kamu butuhkan untuk membuat kartu ucapan dengan hiasan bunga. Pilihlah bunga-bunga sesuai tema desain kartu.
  2. Siapkan kertas linen, lalu ukur sesuai keinginanmu. Gunakan penggaris saat mengukur supaya angkanya lebih akurat dan hasilnya lebih rapi. Lalu potong dengan gunting.
  3. Setelah digunting, lipat bagian tengah kertas linen hingga menjadi dua bagian layaknya kartu ucapan.
  4. Siapkan bunga yang akan menjadi hiasan kartu. Ukuran bunga jangan terlalu panjang. Kalau bisa lebih pendek dari ukuran kertas linen.
  5. Tempel bunga menggunakan isolasi kertas.
  6. Tambahkan kreasi hand lettering kreatif supaya lebih menarik.
  7. Kreasi kartu ucapan dengan hiasan bunga buatanmu siap dikirimkan.

Ā 


Nah, itu dia cara membuat kartu ucapan unik dan kreatif yang bisa kamu praktikkan sendiri diri rumah. Kalau hasilnya bagus, orang yang kamu berikan kartu buatanmu pasti terkesan. Mereka pasti ingin menyimpannya. Jadi jangan ragu membuat kartu ucapan agar hubungan dengan orang terdekat semakin erat, GenK.

Ā 

Tentang Penulis

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Hobi dan Kriya

Menghias Kamar dengan Kreasi Origami

Hobi dan Kriya

Ayo Belajar Cara Membuat Undangan Praktis

Hobi dan Kriya

Mengenal Ecobrick, Si Pengganti Batu Bata Ramah Lingkungan

Hobi dan Kriya

Lagi Nyiapin Pesta? Dekorasi dengan Bunga Mawar Kertas Deh!

Hobi dan Kriya

Cara Membuat Aksesoris Wanita: Anting Kekinian

Hobi dan Kriya

4 Ide Kreatif Desain Amplop Lebaran

Hobi dan Kriya

4 Ide Hiasan Dinding Unik dan Cara Membuatnya

Hobi dan Kriya

9 Hobi Sederhana yang Bisa Menghasilkan Uang

Hobi dan Kriya

Cara Lengkap Membuat Seni Paper Cutting untuk Pemula

Hobi dan Kriya

4 Kerajinan dari Kain Flanel sebagai Hadiah Kecil buat Temanmu

Hobi dan Kriya

5 Ide Kerajinan dari Kardus Sepatu yang Bisa Bikin Kamarmu Lebih Rapi

Hobi dan Kriya

DIY Phone Case Kreatif untuk Kamu Yang Bosenan

Hobi dan Kriya

3 Kerajinan dari Stik Es Krim Buat Meningkatkan Kreativitasmu

Hobi dan Kriya

Aneka Kerajinan Tangan dari Sedotan

Hobi dan Kriya

Aneka Kerajinan Tangan dari Botol Bekas

Hobi dan Kriya

Kreatif! Ini Dia Cara Membuat Aksesoris Wanita

Hobi dan Kriya

Berkebun di Dalam Air dengan Aquascape

Hobi dan Kriya

Yuk, Bikin Rak Buku Unik untuk Koleksi Bukumu

Hobi dan Kriya

Cara Membuat Pembatas Buku Kreatif

Hobi dan Kriya

3 Ide Kreasi Bunga Kertas

            Artikel Selanjutnya