Cara Membuat Lilin Aromaterapi yang Mudah dan Praktis

Dibaca Normal: 4 menit aja
cara membuat lilin aromaterapi

Ada berbagai jenis aromaterapi, seperti minyak esensial, dupa, lilin aromaterapi, sabun aromaterapi, dan lain-lain. Nah, salah satu jenisnya yang masih populer sampai saat ini yaitu lilin aromaterapi. Kira-kira bagaimana cara membuatnya yah?

Slider
Slider
Slider

Ada orang yang menggunakan lilin yang satu ini untuk mengharumkan ruangan, tapi ada juga yang menggunakannya sebagai hiasan semata biar ruangan jadi lebih estetis. Kalau kamu termasuk yang mana, GenK?

Lilin aromaterapi bisa dengan mudah kamu temukan di pertokoan dengan harga terjangkau sampai ratusan ribu rupiah. Daripada membeli kenapa tidak coba bikin sendiri, GenK? Kami punya cara membuat lilin aromaterapi yang super praktis. Ingin tahu keseruan membuat lilin yang satu ini? Yuk jangan sampai ketinggalan informasinya!

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Manfaat Lilin Aromaterapi

Selain keindahan tampilannya, lilin aromaterapi menyimpan banyak manfaat loh. Pokoknya layak untuk kamu beli deh, GenK. Lumayan untuk mengharumkan kamar atau ruang kerja biar gak sumpek-sumpek banget. Berikut adalah manfaat lilin aromaterapi:

1. Menghilangkan stres

stres gif

(sumber: edukasyon.ph)

Seharian menggunakan tenaga dan pikiran untuk menyelesaikan pekerjaan kantor yang sangat menumpuk bisa menjadi salah satu pemicu datangnya stres. Sebelumnya kami pernah membahas tentang cara menghilangkan stres di artikel sebelumnya, salah satunya adalah dengan menyalakan lilin aromaterapi.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa lilin aromaterapi dapat digunakan untuk membantu orang menghilangkan stres. Ada berbagai macam aroma yang ditawarkan. Pilih salah satu aroma yang paling kamu suka, kemudian nyalakan sebelum kamu tidur atau saat menikmati waktu bersantai di rumah. Dijamin badan dan pikiran bakal rileks lagi, GenK.

2. Dapat mengatasi insomnia

tidur nyenyak

Tidur nyenyak (sumber: pexels.com)

Insomnia adalah gangguan sulit tidur atau kurangnya jam tidur berkualitas meski kamu memiliki waktu yang cukup untuk melakukannya. Gangguan ini dibagi menjadi insomnia primer dan sekunder. Jenis insomnia primer lebih jinak dibanding sekunder, karena primer terjadi tanpa adanya gangguan kondisi medis lainnya.

Nah, apakah kamu mengidap insomnia? 

Kalau kamu termasuk ke dalam salah satu orang yang mengidap gangguan insomnia, menyalakan lilin aromaterapi sebelum tidur bisa membantu kamu agar tidur lebih cepat. Selain itu, kamu juga dapat mengurangi rasa resah dan gelisah supaya tidur jadi lebih nyenyak.

Baca Juga
Tutorial Cara Membuat Boneka Horta Praktis dan Sederhana

3. Wanginya bikin nostalgia

cara membuat lilin aromaterapi

Lilin aromaterapi (sumber: en.spiritualism-japan.com)

Pernahkah kamu langsung teringat pada suatu kejadian ketika mencium aroma tertentu? Misalnya wangi lavender mengingatkanmu pada rumah Nenek atau wangi peppermint yang mengingatkanmu kepada orang yang kamu sukai. Beberapa orang pasti pernah mengalami hal ini. Makanya lilin aromaterapi yang notabenenya mengeluarkan aroma yang semerbak ini bisa membawamu nostalgia ke masa lalu, GenK. 

Nah, buat kamu yang ingin nostalgia masa-masa indah di masa lalu cobain deh. Selain membeli di pertokoan, kenapa gak coba bikin sendiri, GenK? Buat kamu yang pengen tahu cara membuat lilin aromaterapi bisa langsung lanjut ke poin berikutnya. Yuk, cus!

DIY Lilin Aromaterapi

Setelah mengetahui apa saja jenis dan manfaat lilin aromaterapi, sekarang saatnya kami membagikan cara membuat lilin aromaterapi yang super simpel dan bisa langsung kamu praktikkan di rumah. Alat dan bahan yang dibutuhkan juga sangat terjangkau loh. Ingin tahu bagaimana caranya? Berikut adalah tahap-tahapannya, GenK!

cara membuat lilin aromaterapi 2

Contoh hasil DIY  lilin aromaterapi (sumber: club.iyaa.com)

Alat dan bahan:

  • Gelas kaca
  • Lilin 2-4 batang
  • Penyerut keju atau kelapa
  • Krayon
  • 1 sdt essential oils
  • Wadah plastik
  • Panci
  • Tusukan sate

Cara membuat lilin aromaterapi:

  1. Pertama-tama siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat lilin aromaterapi. Bahan-bahan tersebut dapat dengan mudah kamu temukan dengan harga yang terjangkau.
  2. Tentukan harum lilin aromaterapi. Kami menyarankan harum yang tidak terlalu menyengat supaya pikiran kamu jadi lebih rileks.
  3. Siapkan 2-4 buah batang lilin. Jumlah batang lilin tergantung besar wadah lilin aromaterapi yang kamu gunakan nantinya.
  4. Serut lilin menggunakan penyerut keju atau penyerut lainnya. Tujuannya supaya lilin lebih mudah mencair ketika dilelehkan. Kalau sudah selesai, masukkan hasil lilin serut ke dalam wadah plastik dan sisihkan sebentar. Oh iya, sumbunya jangan dibuang, GenK, karena akan digunakan lagi pada step nomor 10.
  5. Sekarang ambil panci yang sudah berisi air, kemudian masak dengan api kecil.
  6. Sebelum mendidih, segera letakkan wadah plastik yang berisi lilin serut di dalam panci. Aduk menggunakan tusukan sate sampai bentuk dasar lilin benar-benar meleleh. 
  7. Sambil menunggu lilin meleleh, ambil beberapa batang krayon yang berguna sebagai pewarna lilin aromaterapi. Potong pendek batang krayon supaya lebih mudah dilarutkan bersama lilin. 
  8. Masukkan krayon ke dalam wadah yang sama dengan lilin, aduk sampai merata menggunakan tusukan sate. Tak lupa tambahkan essential oil sebagai pengharum, GenK.
  9. Jika sudah tercampur merata, matikan kompor, dan segera pindahkan cairan lilin ke dalam wadah lain. Di cara membuat lilin aromaterapi kali ini, kami menggunakan gelas kaca sebagai wadah. 
  10. Letakkan sumbu di bagian tengah gelas. Pastikan posisi sumbu berdiri tegak supaya api dapat menyala dengan sempurna. 
  11. Diamkan sampai lilin membeku seperti semula.
  12. Nyalakan api pada sumbu dan lilin aromaterapi sudah bisa kamu gunakan, GenK.
Baca Juga
Cara Membuat Aksesoris Wanita: Anting Kekinian

Contoh Gambar Lilin Aromaterapi

Berikut adalah beberapa contoh hasil kreasi lilin aromaterapi yang bisa dijadikan sebagai inspirasi. Cekidot!

cara membuat lilin aromaterapi 3

Menggunakan kaleng bekas untuk wadah lilin (sumber: scratchmommy.com)

cara membuat lilin aromaterapi 4

Pakai jar supaya makin cantik (sumber: buzzfeed.com)

batok kelapa

Memanfaatkan batok kelapa (sumber: etsy.com)

 

Cara membuat lilin ternyata mudah banget, kan? Sekarang tinggal kamu praktikkan step-by-step yang sudah kami berikan di atas. Kerahkan seluruh kreativitasmu untuk memilih bentuk wadah dan warna lilin. Tunggu apa lagi? Yuk bikin sekarang!

Polling

Slider
Slider
Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Hobi & Kriya

Ide DIY Gift Box yang Kece Abis! Lovely dan Spesial di Hati

Hobi & Kriya

Cantik dan Anggun, Ini Dia Busana Daerah Terbaik Puteri Indonesia 2020

Hobi & Kriya

Kerajinan Tembikar dari Tanah Liat, Apakah Beda dengan Gerabah?

Hobi & Kriya

Cara Membuat DIY Terrarium Untuk Hiasan Rumah Mungil

Hobi & Kriya

Instagramable Abis! DIY Flower Wall Bikin Kamarmu Makin Stunning!

Hobi & Kriya

DIY Rak Cantik untuk Dekorasi Rumah Instagramable

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link