Panduan Mudah Cara Membuat Masker Kain yang Simpel

Dibaca Normal: 3 menit aja

Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung kini, tidak mengherankan jika berbagai jenis masker bedah maupun masker N95 terbilang sangat langka. Apalagi setelah dikeluarkannya peraturan penggunaan masker bagi setiap warga lewat juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, Achmad Yurianto pada konferensi pers, Minggu (5/4/2020). Peraturan baru ini dibuat berdasarkan dengan rekomendasi dari World Health Organization yang menganjurkan penggunaan masker untuk mencegah penyebaran virus corona.

Eits, jangan khawatir, kamu bisa mencoba membuat masker kain sebagai alternatif perlindungan dari paparan virus corona. Cara membuat masker kain itu gak sesulit yang kamu bayangkan dan bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan yang ada di rumah loh. Secara umum, masker kain memang tidak memiliki tingkat efektivitas yang sama dengan masker bedah atau N95 dari segi standar medis. 

Meski demikian, jenis masker yang satu ini masih bisa digunakan untuk mencegah paparan virus daripada tidak menggunakan perlindungan sama sekali. Penggunaan masker kain ini juga dianjurkan, tetapi tentunya dengan beberapa syarat. Salah satunya adalah, masker kain hanya boleh digunakan oleh orang awam atau mereka yang bukan tenaga medis. Hal tersebut disampaikan oleh dr. Tirta Mandira Hudhi, dokter relawan garda depan penanggulangan COVID-19 di Indonesia.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider
Baca Juga
5 Barang Ini Berpotensi Menjadi Media Penyebaran Virus Corona

Masker kain ini bisa digunakan oleh orang awam. Lebih baik memakai masker kain daripada tidak menggunakan sama sekali. Jadi, masker bedah dan N95 bisa dapat tetap tersedia untuk tenaga medis karena mereka yang lebih membutuhkan; ungkap dr. Tirta saat melakukan sesi diskusi terkait masker kain di akun Instagram milik Staf Khusus Milenial Presiden, Belva Devara. Sementara itu, penelitian terbaru Central for Diseases and Prevention (CDC) juga menjelaskan, masker kain pun bisa mengurangi faktor risiko infeksi paparan virus hingga 70 persen. Meski demikian, cara memakai dan melepas masker juga berpengaruh pada tingkat efektivitas.

Sumber: forbes.com

Jika kamu kesulitan mendapat masker kain di toko, cara lainnya juga bisa membuatnya sendiri di rumah, kok. Namun, perhatikan bahan kain yang digunakan, ya. Pasalnya, tidak semua jenis kain cocok dan efektif untuk dijadikan masker. Mengutip laman Huffington Post, sebuah penelitian mengenai masker kain buatan menjelaskan bahwa kain sarung bantal dan kaus 100% katun adalah bahan ideal untuk masker. Tidak hanya efektif, kedua jenis bahan tersebut terbilang nyaman dipakai sehingga cocok dijadikan masker.

Baca Juga
Jangan Salah Pilih, Ini Dia 3 Jenis Masker Udara yang Perlu Kamu Tahu

Artikel Terkait
Hobi & Kriya

DIY Dekorasi Halloween Kece yang Simpel dan Mudah

Hobi & Kriya

Cara Membuat Dekorasi Kamar Menggunakan Lampu Neon Kekinian

Hobi & Kriya

4 Ide Hiasan Dinding Unik dan Cara Membuatnya

Hobi & Kriya

Mengenal Ecobrick, Si Pengganti Batu Bata Ramah Lingkungan

Hobi & Kriya

Cara Lengkap Membuat Seni Paper Cutting untuk Pemula

Hobi & Kriya

Aneka Kerajinan Tangan dari Sedotan

Quizzes

Slider
      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>