Cara Lengkap Membuat Seni Paper Cutting untuk Pemula

Dibaca Normal: 6 menit aja
cara membuat paper cutting

Slider
Slider
Slider

Seni paper cutting beberapa tahun terakhir populer di Indonesia lewat penggunaannya sebagai kado ulang tahun atau wisuda. Tetapi di berbagai belahan lain dunia, papercut menjadi karya seni bernilai tinggi dan kriya yang menjadi bagian tradisi. Keberadaannya bahkan telah muncul sejak abad ke-4 Masehi, GenK!

Sejarah Seni Paper Cutting

Pada dasarnya, paper cutting adalah seni mendesain kertas. Sesuai namanya, kesenian ini identik dengan memotong kertas memakai cutting pen atau pisau cutter untuk menonjolkan sebuah desain atau gambar di atas kertas.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Kesenian ini pertama kali muncul pada pemerintahan dinasti Han di Cina, setelah kertas diciptakan oleh penemunya, Cai Lun, pada tahun 105 M. Papercut tertua di dunia ditemukan di Xinjiang, Cina, dengan  bentuk lingkaran simetris. Karya ini dibuat pada abad ke-6 M.

paper cutting

chinese paper (Sumber: freeimages.com)

Sejak saat itu, seni ini menjadi seni dekoratif populer di Cina. Fungsinya bermacam-macam, mulai dari hiasan lentera sampai dekorasi pintu dan jendela, sebagai simbol kesehatan dan kemakmuran sang pemilik. Papercut ukuran jumbo biasa dipakai sebagai hiasan dada, kursi tandu, dan kotak penyimpanan.

Gaya papercut jianzhi menjadi salah satu yang paling terkenal. Gaya ini  khas dengan lekatnya penggunaan kertas warna merah dan karakter-karakter binatang shio. Gaya jianzhi mengambil pola bordir khas Cina yang amat beragam. Saking beragamnya, papercut gaya jianzhi menjadi bentuk seni tradisional sendiri loh di Cina.

Epiknya seni papercut menjaga nilai budaya masyarakat selama 15 abad di Cina membuatnya dianugerahi sebagai warisan budaya dunia tak berwujud pada 2009.

Paper Cutting hingga Hari Ini

Kemasyhuran papercut berkembang seiring dikenalnya ilmu pembuatan kertas di negara-negara lain setelah abad ke-16 M, GenK. Perjalanan paper cutting kemudian merambah Asia Timur, Asia Barat, Turki, Switzerland, Jerman, lalu ke seluruh dunia.

Seni papercut kemudian berkembang ke berbagai negara dan mengalami percampuran dengan gaya tradisi setempat. Di Jepang, contohnya. Papercut tradisional Jepang lekat dengan penggunaan kertas washi yang kemudian dibentuk menjadi karya dua dimensi, karya instalasi, atau patung kertas.

Baca Juga
3 Ide Kreasi Bunga Kertas

Papercut di Jepang menjadi bagian dari pertunjukan kamikiri yang masih dipertontonkan hingga hari ini. Kamikiri adalah seni unik berumur ratusan tahun yang mempertunjukkan performer membuat gambar siluet dari kertas polos tanpa garis bantu sedikitpun, sesuai bentuk yang diminta penonton.

Hari ini, papercut telah menjadi seni modern yang menjadi bagian industri komersil. Hasil akhirnya juga beragam GenK, mulai dari dekorasi tahun baru Cina, dekorasi pernikahan, desain undangan, shadow box,  hingga karya seni instalasi kontemporer.

Slider
Slider
Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Hobi & Kriya

Berkebun di Dalam Air dengan Aquascape

Hobi & Kriya

Menghias Kamar dengan Kreasi Origami

Hobi & Kriya

Panduan Mudah Cara Membuat Masker Kain yang Simpel

Hobi & Kriya

Aglonema, Si Cantik yang Bisa Datangkan Untung

Hobi & Kriya

4 Ide Hiasan Dinding Unik dan Cara Membuatnya

Hobi & Kriya

Instagramable Abis! DIY Flower Wall Bikin Kamarmu Makin Stunning!

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link