Cara Membuat Pembatas Buku Kreatif

Dibaca Normal: 5 menit aja
pembatas-buku-kreatif

Membaca buku adalah hal yang menyenangkan untuk sebagian orang. Biasanya mereka sampai terhanyut dalam dunia imajinasi yang terbangun dari tulisan di buku. Apalagi saat membaca buku fiksi, GenK, kamu bisa terbawa alur yang dibangun oleh penulis. Tapi belum tentu kamu bisa baca dalam satu waktu, kan? Agar tidak lupa sudah baca sampai halaman berapa, kamu memerlukan pembatas buku, GenK. Nah, di artikel ini, kita akan bahas cara membuat pembatas buku kreatif.

Apa itu Pembatas Buku?

Pembatas buku atau dalam bahasa Inggris disebut bookmark adalah suatu tanda yang digunakan untuk menandai lokasi terakhir halaman yang kamu baca atau bisa juga sengaja kamu tandai untuk kepentingan tertentu. Umumnya orang menggunakan seutas tali, seperti pita untuk menandai halaman. Ada pula yang melipat ujung kertas. Mungkin bagi kamu melipat ujung kertas adalah hal praktis, tapi itu dapat merusak buku loh.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Daripada menandai dengan seutas tali atau melipat ujung kertas, kamu bisa mengkreasikan pembatas buku kamu dengan bentuk-bentuk yang lebih kreatif. Kamu bisa membeli atau membuatnya sendiri.

Memang sih, banyak toko buku atau toko online yang menjualnya, tapi membuat pembatas buku sendiri pasti lebih seru. Kamu bisa mendesain sesuai selera kamu dan pastinya berbeda dari pembatas buku yang dijual di toko-toko. Lagi pula, tidak sulit kok, kamu hanya perlu berimajinasi dan berkreasi dengan karyamu.

Tidak perlu khawatir, GenK, karena dalam artikel ini kami akan membahas tentang bentuk, bahan yang digunakan, dan cara membuat pembatas buku. Semua bisa kamu praktikkan sendiri dengan mudah di rumah. Yuk, kita mulai, GenK!

1. Jenis Pembatas Buku Persegi Panjang Biasa

Sumber: etsy.com

Bentuk persegi panjang untuk pembatas buku bukanlah hal langka. Namun bagaimana caranya agar pembatas buku kamu terlihat berbeda dari yang lain? Kamu bisa mulai dengan mencari referensi sebanyak-banyaknya. Lalu kreasikan referensi yang sudah kamu dapat menjadi lebih menarik sehingga bisa tampil beda.

Untuk membuat bentuk pembatas jenis ini, kamu hanya memerlukan sedikit bahan. Untuk mendesainnya sendiri, ada dua cara, yaitu digital dan manual. Tapi ada juga nih cara ketiga, yakni gabungan cara digital dan cara manual.

Kita bahas satu-satu ya, GenK.

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Hobi & Kriya

Panduan Cara Membuat Bonsai yang Mudah dan Praktis

Hobi & Kriya

DIY Dekorasi Halloween Kece yang Simpel dan Mudah

Hobi & Kriya

Tutorial Cara Merangkai Bunga di Vas untuk Pemula

Hobi & Kriya

Cara Membuat Lilin Aromaterapi yang Mudah dan Praktis

Next >>
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link
Silahkan isi form terlebih dahulu untuk mengunduh Media Kit
Asset Media Kit
close-link