Cara Membuat Pembatas Buku Kreatif

Dibaca Normal: 5 menit aja
pembatas-buku-kreatif

Membaca buku adalah hal yang menyenangkan untuk sebagian orang. Biasanya mereka sampai terhanyut dalam dunia imajinasi yang terbangun dari tulisan di buku. Apalagi saat membaca buku fiksi, GenK, kamu bisa terbawa alur yang dibangun oleh penulis. Tapi belum tentu kamu bisa baca dalam satu waktu, kan? Agar tidak lupa sudah baca sampai halaman berapa, kamu memerlukan pembatas buku, GenK. Nah, di artikel ini, kita akan bahas cara membuat pembatas buku kreatif.

Apa itu Pembatas Buku?

Pembatas buku atau dalam bahasa Inggris disebut bookmark adalah suatu tanda yang digunakan untuk menandai lokasi terakhir halaman yang kamu baca atau bisa juga sengaja kamu tandai untuk kepentingan tertentu. Umumnya orang menggunakan seutas tali, seperti pita untuk menandai halaman. Ada pula yang melipat ujung kertas. Mungkin bagi kamu melipat ujung kertas adalah hal praktis, tapi itu dapat merusak buku loh.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Daripada menandai dengan seutas tali atau melipat ujung kertas, kamu bisa mengkreasikan pembatas buku kamu dengan bentuk-bentuk yang lebih kreatif. Kamu bisa membeli atau membuatnya sendiri.

Memang sih, banyak toko buku atau toko online yang menjualnya, tapi membuat pembatas buku sendiri pasti lebih seru. Kamu bisa mendesain sesuai selera kamu dan pastinya berbeda dari pembatas buku yang dijual di toko-toko. Lagi pula, tidak sulit kok, kamu hanya perlu berimajinasi dan berkreasi dengan karyamu.

Tidak perlu khawatir, GenK, karena dalam artikel ini kami akan membahas tentang bentuk, bahan yang digunakan, dan cara membuat pembatas buku. Semua bisa kamu praktikkan sendiri dengan mudah di rumah. Yuk, kita mulai, GenK!

1. Jenis Pembatas Buku Persegi Panjang Biasa

Sumber: etsy.com

Bentuk persegi panjang untuk pembatas buku bukanlah hal langka. Namun bagaimana caranya agar pembatas buku kamu terlihat berbeda dari yang lain? Kamu bisa mulai dengan mencari referensi sebanyak-banyaknya. Lalu kreasikan referensi yang sudah kamu dapat menjadi lebih menarik sehingga bisa tampil beda.

Untuk membuat bentuk pembatas jenis ini, kamu hanya memerlukan sedikit bahan. Untuk mendesainnya sendiri, ada dua cara, yaitu digital dan manual. Tapi ada juga nih cara ketiga, yakni gabungan cara digital dan cara manual.

Kita bahas satu-satu ya, GenK.

Teknik Digital

Pertama adalah mendesain pembatas buku persegi panjang dengan teknik digital. Kamu bisa mencari gambar-gambar lucu dan menarik di internet, contohnya di Pinterest dan Deviantart. Gambar yang sudah kamu pilih, kemudian dicetak dengan media kertas art paper. Jenis art paper adalah kertas yang memiliki ketebalan yang beragam. Pilih jenis kertas yang tebal agar pembatas buku kamu tidak cepat rusak, GenK.

Baca Juga
Yuk, Bikin Rak Buku Unik untuk Koleksi Bukumu

Teknik Manual

Kedua adalah mendesain pembatas buku persegi panjang dengan teknik manual. Dengan cara ini, kamu perlu menyiapkan alat gambar, seperti drawing pen, watercolor, spidol, dan alat lainnya. Pilih alat gambar yang menurutmu cocok untuk konsep desain pembatas buku. Kamu bisa mulai menggambar di atas kertas gambar, seperti sketchbook. Pilih kertas yang tebal agar warna yang kamu gunakan tidak tembus ke belakang.

Teknik Gabungan

Teknik ketiga merupakan penggabungan keduanya. Kamu bisa memilih gambar di internet yang dikombinasikan dengan gambar manual. Tambahkan tipografi yang keren atau menarik untuk mempercantik tampilan pembatas buku. Kamu bisa mencari referensi tipografi di berbagai situs web. Bila kamu ingin lebih berkreasi lagi, kamu bisa menghias pembatas buku dengan seni hand lettering.

2. Jenis Pembatas Buku Polymer Clay

Sumber: etsy.com

Ini bentuk dan jenis yang lebih unik daripada sebelumnya, GenK. Dengan melihat tampilannya sudah menarik banget kan? Bagaimana bisa dua pasang kaki muncul di sela-sela buku kamu? Untuk membuat bentuk pembatas buku seperti ini, kamu memerlukan beberapa bahan yang terbilang tidak murah. Namun bila kamu pintar memodifikasi bahan, mungkin kamu bisa menemukan bahan-bahan yang serupa tapi lebih murah.

Sumber: en.wikipedia.org

Bahan yang diperlukan untuk membuat pembatas buku jenis ini adalah polymer clay atau polimer tanah liat sebagai bahan utama, lalu kardus tebal, plastik, cat akrilik, dan lem. Untuk cara membuat disesuaikan dengan bentuk yang kamu inginkan. Misalkan kamu ingin membuat kaki balerina, kamu bentuk polimer tanah liat hingga menyerupai kaki balerina. Mungkin kaki Barbie bisa menjadi referensi kamu, GenK. Setelah dibentuk, beri aksesori seperti sepatu atau gelang kaki agar mempercantik tampilan pembatas buku.

3. Jenis Pembatas Buku Rajut

Sumber: etsy.com

Desain pembatas buku seperti gambar di atas cocok banget buat kamu yang punya minat atau hobi menjahit, GenK. Kamu juga bisa bereksperimen dengan bentuk-bentuk rajutan lainnya. Desain seperti ini cocok banget untuk digunakan pribadi maupun sebagai hadiah untuk rekan kamu. Walau terlihat simpel, desain pembatas buku rajutan ini memiliki nilai tinggi, karena usaha yang harus dilakukan tidaklah mudah.

Jika kamu tertarik membuat pembatas buku rajutan, bahan yang perlu kamu siapkan tentunya benang rajut. Lalu kamu memerlukan serat polyester, manik-manik mutiara, dan kerang kecil. Benang rajut dan serat polyester digunakan untuk membuat kerangka badan, sedangkan manik-manik mutiara dan kerang kecil digunakan untuk mahkota.

Selanjutnya, cara membuat pembatas buku rajutan dimulai dengan merajut sedikit demi sedikit kerangka badan. Bisa dimulai dari sirip duyung sampai rambut karakter. Kamu bisa modifikasi warna benang dan model rambut. Setelah kerangka badan jadi, kamu bisa lanjut untuk membuat aksesori dari manik-manik mutiara dan kerang kecil.

Baca Juga
Cara Kreatif Membuat Berbagai Aksesoris Wanita

4. Jenis Pembatas Buku Origami

Sumber: makefilmplay.com

Dalam bahasa Jepang, origami arti singkatnya adalah melipat kertas. Jadi, origami adalah seni lipat dari Jepang dengan menggunakan kertas atau kain. Dalam berkreasi dengan origami, kamu harus teliti dan sabar, GenK. Jika salah sedikit, kertas kamu bisa-bisa robek loh.

Bentuknya yang lucu akan terlihat menarik bila digunakan sebagai pembatas buku. Kamu hanya perlu menyelipkan kertas origami di sela-sela buku. Lalu bagaimana cara membuat pembatas buku origami?

Pertama-tama kamu harus menyiapkan origami. Kamu bisa bereksperimen dengan warna setiap kertas. Selain kertas, kamu juga memerlukan gunting dan lem. Dua alat ini digunakan bila ada sisi kertas yang perlu dibentuk khusus.

Setelah menyiapkan bahan, kamu bisa mulai mendesain. Agar desain origami semakin kreatif, kamu bisa lihat referensi di internet. Atau kamu juga bisa langsung cari tutorial mendesain origami di YouTube, GenK. Bila desain origami sudah jadi, tambahkan ornamen-ornamen kecil yang lucu agar desain yang telah dibentuk terasa lebih hidup.

Baca Juga
3 Ide Kreasi Bunga Kertas


Nah, itu dia beberapa jenis dan bentuk yang bisa menjadi referensi kamu. Cara membuat pembatas buku kreatif ternyata tidak sulit kan, GenK? Kamu bisa kreasikan sesuai selera. Selain digunakan untuk pribadi, pembatas buku yang sudah kamu buat bisa kamu jual loh. Dari sekedar hobi membuat pembatas buku kreatif, ternyata bisa menghasilkan uang. Keren banget kan, GenK!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Hobi & Kriya

Intip Yuk, Serba-Serbi Aquascape Iwagumi Asal Jepang yang Penuh Makna!

Hobi & Kriya

6 Tips Cara Merawat Action Figure Supaya Tahan Lama

Hobi & Kriya

Tutorial Cara Membuat Action Figure dari Clay Lengkap!

Hobi & Kriya

Berkreasi lewat Sepatu Lukis

Hobi & Kriya

Tutorial Cara Merangkai Bunga di Vas untuk Pemula

Hobi & Kriya

7 Fakta Puteri Indonesia 2020, Dari Masa Karantina hingga Hadiah Pemenang

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>