Ayo Belajar Cara Membuat Undangan Praktis

Dibaca Normal: 5 menit aja
cara membuat undangan

Mau bikin pesta ulang tahun? Mungkin acara pernikahan? Ingin merayakan kelulusan? Waktunya mengirim undangan untuk teman-teman kamu. Supaya makin berkesan, yuk belajar cara membuat undangan custom untuk berbagai acara kamu. 

Acara apa pun itu, baik formal dan informal, kamu pasti butuh yang namanya undangan untuk memberitahu keluarga, teman, dan kolega agar hadir di acaramu.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Walaupun sekarang kamu bisa mengundang orang dengan melalui chat, tidak ada salahnya dong mengirimkan undangan supaya para calon tamu lebih tertarik untuk datang ke acaramu. 

Tidak perlu buang-buang uang untuk membeli undangan yang mahal, GenK. Mending buat dengan kreasimu sendiri. Selain lebih hemat tentunya, undangan hasil buatanmu akan terasa lebih personal. Ayo kita mulai!

Mengenal Jenis-Jenis Undangan

Apa pun acaranya, selalu ada pilihan desain undangan yang bisa kamu gunakan untuk para tamu spesial. Tapi sebelum belajar cara membuat undangan, kamu harus tahu beberapa jenisnya yang harus disesuaikan dengan acara yang akan kamu adakan. 

Pada umumnya, kategori undangan akan mengikuti jenis acaranya, formal, semi-formal, atau informal. Masing-masing kategori punya gaya sendiri dalam format penyusunannya, supaya selaras dengan tema kegiatan. 

1. Undangan Acara Formal 

cara membuat undangan 1

Contoh undangan formal (sumber: mouldings.co)

Untuk jenis acara formal, undangan yang akan kamu buat harus menunjukan gaya desain dan tata bahasa yang sesuai dengan acara tersebut. Kegiatan yang bersifat kelembagaan, pertemuan dengan tokoh-tokoh penting, hingga ke acara pernikahan, semuanya membutuhkan undangan formal. 

Meskipun formalitas sebuah kegiatan dapat berbeda-beda antara satu dengan lainnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan teliti saat membuat undangan. 

Termasuk yang harus kamu pertimbangkan adalah pemilihan kata-kata menggunakan bahasa baku, informasi yang jelas, dan desain yang sesuai, GenK. 

  • Pemilihan kosakata untuk isi undangan formal haruslah tersusun dengan rapi dan dapat dengan mudah dimengerti. Gunakanlah bahasa baku, dengan format penulisan yang tidak disingkat yah
  • Pada penulisan alamat, hindarilah menulis dengan format: “Jl. Pattimura No.8, Jaksel”.  Tulislah menggunakan format “Jalan Pattimura, Nomor 8, Jakarta Selatan”. 
  • Tuliskanlah informasi dengan lengkap dan tanpa menggunakan singkatan. Termasuk pada penerima undangan, gunakanlah nama lengkap dengan titel yang sesuai. 
  • Untuk opsi desain, pilihlah elemen-elemen yang simple dan komposisi warna tidak terlalu mencolok, termasuk jenis-jenis font yang digunakan. Sesuaikanlah dengan tema acaranya, GenK. 
Baca Juga
Yuk Belajar Membuat 3 Jenis Kerajinan dari Kain Perca!

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Hobi & Kriya

Panduan Cara Membuat Bonsai yang Mudah dan Praktis

Hobi & Kriya

DIY Dekorasi Halloween Kece yang Simpel dan Mudah

Hobi & Kriya

Tutorial Cara Merangkai Bunga di Vas untuk Pemula

Hobi & Kriya

Cara Membuat Lilin Aromaterapi yang Mudah dan Praktis

Next >>
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link
Silahkan isi form terlebih dahulu untuk mengunduh Media Kit
Asset Media Kit
close-link