fbpx

4 Ide Kreatif Desain Amplop Lebaran

Dibaca Normal: 5 menit aja 😊
desain amplop lebaran

Lebaran saatnya bagi-bagi angpao nih. Daripada pakai desain amplop yang itu-itu saja, mending cobain 4 ide kreatif desain amplop lebaran berikut ini, GenK. Tukar angpao jadi lebih berkesan!

Lebaran hanya datang setahun sekali. Berkumpul dengan sanak saudara sudah menjadi tradisi. Kumpul keluarga di hari lebaran tidak akan lengkap kalau gak bagi-bagi angpao, GenK.

Ada banyak amplop yang dijual di pasaran. Namun, pernah gak sih kamu bosan dengan desain amplop yang itu-itu aja? Daripada bosen, mendingan tuangkan kreativitasmu untuk membuat kreasi amplop lebaran.

Di dalam artikel kali ini, kami akan membagikan 4 ide kreatif desain amplop lebaran yang bisa menginspirasimu beserta cara pembuatannya, GenK. Yuk kita intip sama-sama!

DIY Amplop Lebaran Bentuk Ketupat dari Kain Flanel  

desain amplop lebaran

Contoh amplop lebaran bentuk ketupat dari kain flanel (sumber: tokopedia.com)

Ketupat identik dengan lebaran. Bahkan bentuknya sering dijadikan sebagai ikon untuk desain poster, iklan, dan motion graphics untuk memperingati Hari Raya Idul Fitri.

Seperti desain amplop lebaran yang satu ini, bentuk ketupat adalah ide utamanya. Alat dan bahan yang dibutuhkan sangat simpel. Cara pembuatannya juga tergolong mudah.

Kalau kamu tertarik membuat kreasi amplop lebaran bentuk ketupat dari kain flanel, yuk simak langkah-langkahnya berikut ini!  

Alat dan bahan:

  • Kain flanel warna hijau
  • Kain flanel warna kuning
  • Penggaris
  • Alat tulis
  • Lem tembak
  • Velcro
  • Gunting

Cara membuat amplop lebaran bentuk ketupat dari kain flanel:

  1. Pertama-tama siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.
  2. Ambil kain flanel warna hijau. Potong menjadi bentuk persegi dengan ukuran 8cm x 8cm. Buat sebanyak 2 persegi. Kita sebut saja sebagai persegi besar. Sisihkan terlebih dahulu.
  3. Sekarang ambil kain flanel warna kuning. Potong menjadi bentuk persegi juga, tapi dengan ukuran yang lebih kecil, yaitu 2cm x 2cm. Buat sebanyak 8 persegi. Kalau yang ini kita sebut saja sebagai persegi kecil.
  4. Kemudian buatlah ujung juntaian janur ketupat. Tidak perlu panjang-panjang, GenK.
  5. Masuk ke tahap penempelan, ambil 1 lembar persegi besar. Lalu susun 8 persegi kecil di atasnya sampai membentuk pola anyaman ketupat.
  6. Tempel persegi kecil di atas persegi besar dengan menggunakan lem tembak.
  7. Lalu di bagian belakang persegi besar, pasang kain flanel yang sudah dibentuk menjadi ujung juntaian janur ketupat. Tempel pakai lem tembak.
  8. Kemudian ambil lembaran persegi besar yang satu lagi. Pasang velcro di kedua lembar persegi supaya saling menempel.
  9. Ada 4 sisi di bentuk persegi. Karena satu sisi sudah ditempel dengan velcro, sisi lainnya ditempel menggunakan lem tembak. Pastikan lembaran persegi besar sudah tertempel dengan sempurna.
  10. Masukkan uang ke dalam amplop ketupat.
  11. Desain amplop lebaran bentuk ketupat dari kain flanel buatanmu sudah jadi, GenK.

Selain dijadikan kreasi amplop bentuk ketupat, kain flanel juga bisa dibentuk jadi amplop lebaran bentuk es krim loh.  

Baca Juga   Cara Membuat Kartu Ucapan yang Pasti Diingat Oleh Orang Terdekatmu

DIY Amplop Lebaran bentuk Pizza dari Kain Flanel

desain amplop lebaran 2

Contoh amplop lebaran bentuk pizza dari kain flanel (sumber: Titiz Craft YouTube Channel)

Masih kerajinan dari kain flanel, sekarang kamu bisa membuat amplop bentuk pizza yang super unik ini sendiri di rumah. Jika dilihat-lihat, bentuknya yang seperti pizza asli ini memang menarik banget.

Kalau biasanya pizza bisa kamu makan, yang ini lain ceritanya, karena pizza dijadikan sebagai desain amplop lebaran. Yuk simak cara pembuatannya, GenK!

Alat dan bahan:

  1. Kain flanel warna coklat
  2. Kain flanel warna kuning
  3. Kain flanel warna merah
  4. Kain flanel warna hijau
  5. Lem tembak
  6. Pensil
  7. Penggaris
  8. Jangka
  9. Gunting

Cara membuat desain amplop lebaran bentuk pizza dari kain flanel:

  1. Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat amplop lebaran bentuk pizza.
  2. Gelar kain flanel warna coklat di lantai. Lalu buat lingkaran besar menggunakan jangka. Untuk ukuran diameternya bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu.
  3. Setelah itu bagi menjadi 6-8 bagian berbentuk segitiga. Bagian ini nantinya bakal dijadikan sebagai pola potongan pizza.
  4. Ambil satu bentuk segitiga, lalu gulung sedikit di bagian ujungnya dengan bantuan pensil. Rekatkan dengan lem tembak supaya kain flanel tetap membentuk gulungan. Nantinya uang angpao akan dimasukkan di gulungan ini, GenK.
  5. Sekarang ambil kain flanel warna kuning. Gunting menjadi bentuk segitiga sebanyak 6-8 buah.
  6. Tempel masing-masing bentuk segitiga dari kain flanel warna kuning di atas kain flanel warna coklat yang ujungnya sudah digulung. Rekatkan dengan lem tembak.
  7. Buat taburan sosis dari kain flanel warna merah.
  8. Lalu buat taburan paprika dari kain flanel warna hijau.
  9. Tempel bentuk sosis dan paprika tersebut di atas kain flanel yang warna kuning secara acak. Gunakan lem tembak untuk menempelkannya.
  10. Masukkan uang yang sudah digulung ke dalam gulungan ujung kain flanel warna coklat.
  11. Kreasi amplop lebaran bentuk pizza buatanmu sudah jadi deh. Tinggal bagi-bagi ke sanak saudaramu, GenK!

DIY Amplop Lebaran Gambar Kaktus

desain amplop lebaran 3

Contoh amplop lebaran gambar kaktus (sumber: prelo.co.id)

Nah, kalau desain amplop lebaran yang satu ini mudah banget untuk dibikin sendiri di rumah. Alat dan bahan yang digunakan juga sederhana. Kamu bisa membuat custom nama dan gambar sendiri. Jadi bisa lebih bebas untuk membuat desainnya, GenK. Sehingga amplop lebaran punyamu tentu berbeda dan tidak akan pernah ditemukan di mana pun, karena kamu sendiri yang mendesain. Penasaran cara membuat amplop yang satu ini? Ini dia langkah-langkah pembuatannya.

Alat dan bahan:

  1. Kertas HVS
  2. Gunting
  3. Lem kertas
  4. Pensil
  5. Penggaris

Cara membuat amplop lebaran gambar kaktus:

  1. Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat desain amplop lebaran gambar kaktus.
  2. Cari gambar kaktus di internet.
  3. Print di kertas HVS A4, tapi supaya ukuran amplop lebih besar, kamu bisa gunakan kertas A3 atau A2. Cari tempat percetakan yang menyediakan jasa print kertas A3 atau A2.
  4. Buat pola amplop dengan pensil untuk dijadikan garis bantu.
  5. Gunting bagian yang tidak terpakai.
  6. Lipat kertas sampai bentuk amplop mulai terlihat.
  7. Lipat dan tempel sisi kertas menggunakan lem kertas.
  8. Sekadar tips, tambahkan nama atau ilustrasi vector diri kamu sendiri sebagai ciri khas.
  9. Amplop gambar kaktus sudah jadi, GenK.

DIY Amplop Lebaran Bentuk Wafer Roll dari Kain Spunbond

desain amplop lebaran 4

Contoh amplop lebaran bentuk wafer roll dari kain spunbond (sumber: hitsbanget.com)

Desain amplop lebaran yang ini menyerupai wafer roll. Uang akan digulung dan dimasukkan ke dalam lubang wafer.

Cara membuat amplop yang satu ini sangat mudah dan alat-alat yang dibutuhkan juga sangat simpel loh. Ayo lihat langkah-langkah pembuatannya, GenK.

Alat dan bahan:

  1. Sedotan besar
  2. Kain spunbond warna coklat muda
  3. Pita satin warna coklat tua
  4. Gunting
  5. Lem tembak

Cara membuat amplop lebaran bentuk wafer roll dari kain spunbond:

  1. Pertama-tama siapkan alat dan bahan yang digunakan untuk membuat kerajinan amplop lebaran.
  2. Ambil sedotan besar dan kain spunbond warna coklat muda. Lalu lilitkan kain spunbond sampai menutupi semua permukaan sedotan. Rekatkan dengan menggunakan lem tembak. Gunting bagian kain spunbond yang tidak terpakai.
  3. Selanjutnya siapkan pita satin warna coklat tua. Nah, pita satin ini berfungsi untuk memberikan efek coklat seperti di wafer roll pada umumnya. Lilitkan pita satin di sedotan yang sudah dibungkus dengan kain spunbond. Rekatkan juga pakai lem tembak.
  4. Rapikan bagian atas dan bawah amplop wafer roll. Gunting supaya rata.
  5. Masukkan gulungan uang kertas ke dalam lubang amplop.
  6. Desain amplop lebaran bentuk wafer roll dari kain spunbond sudah bisa kamu gunakan, GenK. Hasilnya lucu banget kan?


Mulai sekarang tukar angpao jadi lebih seru dan berkesan dengan 4 ide kreatif desain amplop lebaran di atas. Tuangkan kreativitas dan imajinasimu di dalam kreasi amplop lebaran, GenK.

Tentang Penulis

Halo GenKreativv disini.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Hobi dan Kriya

Menghias Kamar dengan Kreasi Origami

Hobi dan Kriya

Ayo Belajar Cara Membuat Undangan Praktis

Hobi dan Kriya

Mengenal Ecobrick, Si Pengganti Batu Bata Ramah Lingkungan

Hobi dan Kriya

Lagi Nyiapin Pesta? Dekorasi dengan Bunga Mawar Kertas Deh!

Hobi dan Kriya

Cara Membuat Aksesoris Wanita: Anting Kekinian

Hobi dan Kriya

4 Ide Hiasan Dinding Unik dan Cara Membuatnya

Hobi dan Kriya

9 Hobi Sederhana yang Bisa Menghasilkan Uang

Hobi dan Kriya

Cara Lengkap Membuat Seni Paper Cutting untuk Pemula

Hobi dan Kriya

4 Kerajinan dari Kain Flanel sebagai Hadiah Kecil buat Temanmu

Hobi dan Kriya

5 Ide Kerajinan dari Kardus Sepatu yang Bisa Bikin Kamarmu Lebih Rapi

Hobi dan Kriya

Cara Membuat Kartu Ucapan yang Pasti Diingat Oleh Orang Terdekatmu

Hobi dan Kriya

DIY Phone Case Kreatif untuk Kamu Yang Bosenan

Hobi dan Kriya

3 Kerajinan dari Stik Es Krim Buat Meningkatkan Kreativitasmu

Hobi dan Kriya

Aneka Kerajinan Tangan dari Sedotan

Hobi dan Kriya

Aneka Kerajinan Tangan dari Botol Bekas

Hobi dan Kriya

Kreatif! Ini Dia Cara Membuat Aksesoris Wanita

Hobi dan Kriya

Berkebun di Dalam Air dengan Aquascape

Hobi dan Kriya

Yuk, Bikin Rak Buku Unik untuk Koleksi Bukumu

Hobi dan Kriya

Cara Membuat Pembatas Buku Kreatif

Hobi dan Kriya

3 Ide Kreasi Bunga Kertas

            Artikel Selanjutnya