Mengenal Ecobrick, Si Pengganti Batu Bata Ramah Lingkungan

Dibaca Normal: 7 menit aja
ecobrick adalah

Ecobrick adalah salah satu penemuan yang berperan untuk menjaga lingkungan. Sudah kenal dengan eco-batu bata yang satu ini? Yuk baca selengkapnya di sini, GenK!

Sampah plastik sudah menumpuk di mana-mana. Jika dibiarkan berlarut-larut dampaknya akan semakin terasa bagi bumi dan penghuninya. Sehingga menjadi sorotan yang perlu segera dicari jalan keluar untuk menanggulanginya.

Sekarang sudah banyak orang yang sadar akan permasalahan ini loh. Banyak dari mereka yang mengganti barang-barang plastik menjadi barang yang ramah lingkungan.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Contohnya sedotan plastik diganti dengan sedotan stainless, plastik belanja diganti dengan totebag, dan alat makan plastik diganti dengan travel set yang kamu bawa sendiri dari rumah.

Selain contoh yang kami sebut barusan, ternyata ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menyelamatkan bumi dari menumpuknya sampah plastik, yaitu dengan menggunakan teknik ecobrick.

Kita bahas sama-sama yuk!  

Apa Itu Ecobrick?

Dari namanya saja sudah bikin penasaran.

Jadi sebenarnya istilah ecobrick berasal dari penggabungan dari dua kata, yaitu “eco” dan “brick” yang kalau digabungkan menjadi batu bata ramah lingkungan.

Batu bata bukannya material untuk membangun rumah?

Apa hubungannya?

Yap, ini karena hasil pembuatannya bisa dijadikan sebagai pengganti batu bata yang biasanya digunakan sebagai material bangunan.

Ecobrick adalah sebuah teknologi yang memberikan solusi alternatif untuk limbah padat (terutama limbah plastik) yang bisa dilakukan tanpa perlu mengeluarkan biaya.

Caranya adalah dengan mengumpulkan botol plastik yang kemudian diisi dengan berbagai macam limbah non-biological atau sampah anorganik sampai benar-benar padat. Hanya saja tidak semua limbah tersebut bisa digunakan sebagai isian botol.

Contoh benda yang boleh digunakan sebagai isian adalah kantong plastik, sedotan plastik, styrofoam, bungkus plastik, dan lain-lain. Sedangkan benda yang tidak boleh digunakan adalah barang pecah belah, benda tajam, kertas, dan semua limbah biodegradable.

Solusi ini sudah berkembang luas dan sudah diterapkan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.  

Kenapa Bentuknya Harus Batu Bata?

ecobrick adalah 1

Contoh batu bata ramah lingkungan (sumber: antarafoto.com)

“Kenapa teknologi daur ulang yang satu ini memilih batu bata sebagai hasil akhir?”

Mungkin pertanyaan ini akan muncul di benakmu.

Kalau dipikir-pikir, batu bata termasuk salah satu material utama untuk membangun rumah. Sehingga akan dipakai dalam jangka panjang. Nah, makanya teknologi daur ulang yang satu ini memilih bentuk akhirnya sebagai pengganti batu bata.

Ini bakal berguna banget daripada sampah plastik hanya didiamkan begitu saja atau dibakar yang ujung-ujungnya akan berdampak pada penyebaran CO2.  

Baca Juga
Cara Lengkap Membuat Seni Paper Cutting untuk Pemula

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Hobi & Kriya

Panduan Cara Membuat Bonsai yang Mudah dan Praktis

Hobi & Kriya

DIY Dekorasi Halloween Kece yang Simpel dan Mudah

Hobi & Kriya

Tutorial Cara Merangkai Bunga di Vas untuk Pemula

Hobi & Kriya

Cara Membuat Lilin Aromaterapi yang Mudah dan Praktis

Next >>
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link
Silahkan isi form terlebih dahulu untuk mengunduh Media Kit
Asset Media Kit
close-link