Yuk Belajar Membuat 3 Jenis Kerajinan dari Kain Perca!

Dibaca Normal: 4 menit aja
kerajinan dari kain perca

Punya kain yang tidak terpakai? Daripada berujung di tempat sampah, mendingan dibuat jadi barang kerajinan yang punya nilai fungsional, GenK. Yuk simak sama-sama kerajinan dari kain perca berikut ini!

Kerajinan dari Kain Perca

Ada beberapa jenis kain yang kerap digunakan sebagai bahan utama pembuatan kerajinan tangan, salah satunya kain perca.

Kain perca adalah kain sisa-sisa produksi pakaian, tas, atau barang sandang lainnya. Meskipun sisa, tapi sebenarnya kain ini masih bisa diolah menjadi barang yang fungsional loh, contohnya seperti jenis kerajinan tangan dari kain perca yang akan kami bahas di artikel kali ini.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Salin untuk mengisi waktu luang, hasil kerajinan ini bisa kamu jual guna mendapatkan pundi-pundi rupiah. Yuk kita simak satu per satu cara pembuatannya! 😆

1. DIY Sandal dari Kain Perca

kerajinan dari kain perca 1

Sandal dari kain perca (sumber: YouTube katingal sae)

Kerajinan dari kain perca yang pertama adalah sandal rumah. Sandal yang biasanya mesti kamu beli di distro-distro ini ternyata bisa kamu bikin sendiri di rumah. Alat dan bahan utama yang diperlukan sangat simpel, seperti kain perca dan sol sepatu. Cara pembuatannya juga sangat mudah loh. Ini dia langkah-langkah pembuatannya. 🤗

Alat dan bahan:

  • Kain perca
  • Sol sepatu
  • Pensil
  • Gunting
  • Lem tembak
  • Jarum dan benang jahit
  • Mesin jahit (jika ada)

Cara membuat sandal dari kain perca:

  1. Pertama-tama siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat sandal rumah yang merupakan kerajinan dari kain perca.
  2. Berikutnya ambil sol sepatu, letakkan telapak kakimu di atas sol dan buat garis mengitari telapak kakimu dengan menggunakan pensil. Jika sudah selesai, gunting cetakan kakimu tersebut, GenK.
  3. Lapisi cetakan sol yang sudah kamu buat dengan kain perca. Akan tetapi cukup lapisi satu bagian permukaan saja, karena permukaan lainnya akan digunakan sebagai alas sandal.
  4. Untuk merekatkan kain perca di sol sepatu, kamu bisa menggunakan lem tembak. Pastikan kain sudah merekat dengan sempurna. Kemudian singkirkan terlebih dahulu.
  5. Selanjutnya yang harus kamu buat adalah kulit muka atau bagian atas sandal dengan masih menggunakan sol sepatu. Setelah itu lapisi permukaannya dengan kain perca dan rekatkan dengan lem tembak.
  6. Gabungkan antara bagian alas sandal dengan kulit muka sandal dengan cara dijahit. Supaya lebih cepat, gunakan mesin jahit jika kamu punya, GenK.
  7. Sandal rumah dari kain perca buatanmu sudah bisa digunakan deh. Mudah banget kan? 😊
Baca Juga
4 Kerajinan dari Kain Flanel sebagai Hadiah Kecil buat Temanmu

2. DIY Ikat Rambut dari Kain Perca

kerajinan dari kain perca 2

Ikat rambut dari kain perca (sumber: YouTube Rahmadhani Fitri)

Gemar mengoleksi aksesoris? Daripada beli di, mending cobain deh bikin ikat rambut dari kain perca. Dengan membuat sendiri, kamu bisa menentukan bentuk dan motif ikat rambut sesuai keinginanmu, GenK. Tertarik untuk mencoba? Ini dia tahapan pembuatan kerajinan tangan dari kain perca.

Alat dan bahan:

  • Kain perca
  • Gunting
  • Tali karet
  • Jarum dan benang jahit

Cara membuat ikat rambut dari kain perca:

  1. Sebelum mulai ke tahap pertama, ada baiknya untuk menyiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat kerajinan ikat rambut dari kain perca.
  2. Siapkan kain perca dengan ukuran 45 x 15 cm. Kemudian lipat menjadi dua hingga ukurannya menjadi 45 x 7,5 cm. 
  3. Jahit bagian pinggirannya dengan menggunakan jarum dan benang atau kamu bisa menggunakan mesin jahit supaya pekerjaan jadi lebih praktis.
  4. Setelah itu siapkan tali karet. Masukkan tali tersebut ke dalam lubang kain yang sudah dijahit. Untuk ukurannya sesuaikan dengan panjang kain.
  5. Tarik karet sampai bentuknya menjadi melingkar alias ujung karet bertemu dengan ujung lainnya sehingga kain perca pun jadi mengerut.
  6. Jahit bagian ujung karet agar menyatu, begitu pula dengan kain percanya.
  7. Nah, kerajinan ikat rambut dari kain perca buatanmu sudah bisa langsung digunakan deh.
Baca Juga
Lagi Nyiapin Pesta? Dekorasi dengan Bunga Mawar Kertas Deh!

3. DIY Bros Bunga dari Kain Perca

kerajinan dari kain perca 3

Bros dari kain perca (sumber: YouTube Kreasi Cerita)

Kerajinan dari kain perca yang berikutnya adalah membuat bros cantik nih, GenK. Bros adalah aksesoris dekoratif yang dapat disematkan di pakaian atau media lain, misalnya untuk menyematkan kerudung. Kalau kamu tertarik untuk membuat bros sendiri, kamu punya tutorialnya loh. Ayo simak alat dan bahan yang digunakan serta tahapan pembuatannya! 🤗

Alat dan bahan:

  • Kain perca
  • Kain flanel
  • Kancing, gunakan ukuran kancing 24 ligne atau 15 mm.
  • Jarum dan benang jahit
  • Peniti

Cara membuat bros dari kain perca:

  1. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat bros dari kain perca.
  2. Potong kain perca dengan ukuran 5 x 5 cm. Buat sebanyak 5 potong kain dengan ukuran yang sama.
  3. Ambil satu potong kain, lipat menjadi bentuk segitiga, kemudian lipat lagi menjadi bentuk segitiga yang lebih kecil. Kira-kira bentuknya menjadi segitiga sama kaki, GenK.
  4. Siapkan jarum dan benang jahit untuk menjahit bagian sisi alas segitiga. Alhasil bentuknya jadi menyerupai kelopak bunga. Lakukan tahap ini sampai kelima potong kain tersebut sudah dijahit di dalam satu untaian benang yang sama.
  5. Ujung benang dari kelima kelopak bunga tersebut diikat mati. Kemudian akan ada bagian tengah yang bolong. Nah, bagian ini kamu mesti kamu tutup menggunakan kain flanel dan kancing berukuran 24 ligne atau 15 mm.
  6. Sisi pertama ditutup dengan kain flanel yang sudah dipotong menjadi bentuk lingkaran. Tempel dengan menggunakan lem tembak. Tunggu sampai mengering.
  7. Setelah kering, tempel peniti di permukaan kain flanel tersebut, inilah yang berfungsi untuk menyematkan bros di pakaianmu.
  8. Kemudian sisi kedua dari bolongan tersebut ditutup dengan kancing. Gunakan lem tembak juga untuk merekatkan kancing dengan kain perca.
  9. Bros dari kain perca buatanmu sudah bisa digunakan, GenK!


Ketiga kerajinan dari kain perca tersebut bisa kamu buat sendiri di rumah. Alat dan bahan yang diguna pun sangat terjangkau dan mudah ditemukan. Selain kain perca, kamu juga bisa membuat kerajinan dari kain flanel loh. Yuk simak tutorialnya di artikel berikutnya! 🤭

Polling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Hobi & Kriya

Tutorial Cara Membuat Action Figure dari Clay Lengkap!

Hobi & Kriya

4 Ide Hiasan Dinding Unik dan Cara Membuatnya

Hobi & Kriya

Belajar Membuat Kerajinan Clay Beserta Alat-Alatnya

Hobi & Kriya

Tutorial Cara Membungkus Kado Simpel dan Menarik

Hobi & Kriya

Makin Betah di Ruangan dengan Ragam Hiasan Dinding Kamar Buatan Sendiri

Hobi & Kriya

Berkebun di Dalam Air dengan Aquascape

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>