5 Ide Kerajinan dari Kardus Sepatu yang Bisa Bikin Kamarmu Lebih Rapi

Dibaca Normal: 7 menit aja 😊
kerajinan dari kardus sepatu

Sekarang gak perlu bingung lagi soal kardus sepatu yang menumpuk di sudut rumah. Solusinya adalah dengan membuat kerajinan dari kardus sepatu. Yuk keluarkan ide kreatif kamu, GenK!

Saat membeli sepasang sepatu, umumnya toko juga akan memberikan kardus sepatu kepada si pembeli. Kamu tim menyimpan sepatu di rak atau di dalam kardusnya lagi? Kalau kamu tim menyimpan sepatu di rak, berarti kardus sepatunya kalian simpan di mana dong? Ujung-ujungnya akan menumpuk di gudang atau kamu buang karena sudah tidak terpakai lagi.

Sayang banget kan kalau kardus sepatu yang sebenarnya masih bisa kita sulap menjadi barang berguna harus berakhir di tempat sampah. Nah, mulai sekarang keresahan seperti itu sudah bisa disingkirkan. Salah satu solusinya adalah dengan membuat kerajinan dari kardus sepatu.

Buat kamu yang masih bingung, kami punya cara mudah dan sederhana loh untuk membuat kerajinannya. Langsung saja dilihat sama-sama, GenK!  

Lampu Tidur dari Kardus Sepatu

kerajinan dari kardus sepatu 1

Lampu tidur dari kardus sepatu (sumber: kidsomania.com)

Lampu tidur bukan hanya untuk menerangi kamar di kala malam, tetapi juga bisa berguna sebagai hiasan agar kamar terasa lebih nyaman dan tidak membosankan. Nah, kalau lampu yang satu ini berbeda, GenK, karena ornamen lampunya terbuat dari kardus sepatu. Keunikan yang lainnya, lampu ini menampilkan diorama kawanan pinguin yang tinggal di kawasan es. Menarik banget ‘kan?

Sekarang kamu bisa membuat lampu ini sendiri di rumah dengan memanfaatkan kerajinan dari kardus sepatu. Walau cara pembuatannya agak rumit, tapi hasil akhirnya dijamin memuaskan deh. Coba ikuti langkah-langkah pembuatannya, yuk!  

Alat dan bahan:

    1. Kotak sepatu
    2. Beberapa sumpit bekas
    3. Tumblr lamp
    4. Beberapa bandul kecil
    5. Kertas kosong
    6. Pensil dan spidol
    7. Penggaris
    8. Cutter dan gunting
    9. Lem dan double tape

Cara membuat lampu tidur dari kardus sepatu:

  1. Pertama-tama siapkan alat dan bahan yang diperlukan. Pastikan semuanya sudah siap.
  2. Bersihkan kardus sepatu dari debu dan kotoran, supaya proses pengerjaan lebih mudah. Lalu pisahkan antara badan dengan penutup kardus.
  3. Sekarang kita kerjakan dulu bagian badan kardus. Buat lubangdi bagian alas kardus. Buat garis menggunakan pensil dan penggaris. Oh iya, jangan dilubangi semuanya, GenK, tapi sisakan tepiannya. Masing-masing kurang lebih 5cm. Lalu potong menggunakan cutter.
  4. Nah, sekarang kamu harus membuat lubang di bagian dinding kanan dan kiri badan kardus. Bentuk lubangnya seperti garis panjang, dari ujung ke ujung. Gunakan pensil dan penggaris untuk membuat polanya terlebih dahulu. Usahakan lubang di dinding kanan seimbang dengan dinding kiri. Begini hasilnya, GenK.
    kerajinan dari kardus sepatu 2

    Hasil membolongkan dinding kanan dan dinding kiri (sumber: kidsomania.com)

  5. Sekarang kerjakan bagian penutup kardus sepatu. Lapisi tutupnya dengan kertas polos. Hias dengan gambar-gambar atau warna-warna sekreatif mungkin, GenK. Nantinya gambar di penutup kardus ini akan digunakan sebagai latar belakang gambar. Misal kamu ingin membuat diorama pinguin yang tinggal di es, berarti latar belakangnya adalah gambar gunung es.
  6. Lalu masuk ke proses pembuatan puppet. Pertama-tama buatlah gambar pinguin di kertas kosong, lalu beri warna menggunakan spidol. Kalau sudah, gunting bagian pinggiran yang tidak terpakai.
  7. Siapkan satu batang sumpit bekas. Tempelkan potongan kertas gambar penguin ke sumpit menggunakan lem atau double tape. Pastikan gambar sudah merekat dengan benar.
  8. Tempel bandul kecil di bagian bawah sumpit. Gunanya supaya nanti sumpit tidak mudah berantakan saat ditusuk ke lubang kardus. Lakukan langkah nomor 6-8 untuk membuat puppet lainnya.
  9. Tusuk puppet melintasi lubang di kedua dinging. Posisikan setiap puppet dengan benar, supaya terlihat lebih menarik. Contohnya akan jadi seperti ini, GenK.
    kerajinan dari kardus sepatu

    Contoh pemasangan puppet (sumber: kidsomania.com)

  10. Lalu pasang penutup kardus sepatu yang sudah dihias dengan gambar latar belakang ke tempat semula.
  11. Ambil tumblr lamp yang kemudian dililitkan di antara batang puppet. Setelah itu nyalakan lampunya deh.
  12. Lampu tidur dari kardus sepatu buatanmu sudah bisa digunakan untuk menemani tidurmu malam ini, GenK.

 

Rak Make-Up dari Kardus Sepatu

kerajinan dari kardus sepatu

Kotak make up dari kardus sepatu (sumber: 5-Minute Crafts MEN YouTube Channel)

Kerajinan dari kardus sepatu yang selanjutnya adalah membuat kreasi rak make-up dua lantai. Ini bakal berguna banget buat kamu yang suka bingung harus simpan koleksi make-up di mana. Dengan kreasi kardus sepatu ini, koleksi make-up milikmu jadi tidak mudah berceceran, GenK.

Cara membuatnya sangat mudah. Bahan utamanya cukup menggunakan kardus sepatu, pipa PVC, dan cat akrilik. Ini dia langkah-langkah pembuatannya.  

Alat dan Bahan:

  1. Kotak sepatu
  2. Pipa PVC
  3. Cat akrilik
  4. Lem tembak
  5. Gergaji

Cara Membuat Rak Make-Up dari Kardus Sepatu:

  1. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat rak make-up.
  2. Bersihkan kotak sepatu dari kotoran dan debu yang sekiranya masih menempel. Pisahkan antara badan kardus dengan penutup kardus.
  3. Potong pipa PVC menjadi 4 bagian yang sama panjang. Pipa ini bakal digunakan sebagai pilar penyangga, karena nantinya penutup kardus akan dipasang di bagian atas.
  4. Lem bagian atas dan bawah pipa PVC menggunakan lem tembak. Bagian bawah ditempelkan di bagian dalam badan kardus, sedangkan bagian atas ditempelkan di penutup kardus sepatu. Pastikan lem sudah merekat dengan sempurna. Supaya bisa menahan bobot koleksi make-up kamu.
  5. Cat semua bagian rak make-up menggunakan cat akrilik. Kamu bisa berkreasi dengan warna-warna sesuai selera.
  6. Rak make-up dari kardus sepatu buatanmu sudah bisa dipakai, GenK! Kamarmu jadi lebih rapi bukan?

Baca Juga   DIY Phone Case Kreatif untuk Kamu Yang Bosenan

Tempat Penyimpanan Pita

kerajinan dari kardus sepatu 5

Tempat penyimpanan pita dari kardus sepatu (sumber: earth911.com)

Gulungan pita berserakan di lantai dan arah gulungannya pun sudah kusut tiada arah. Males banget kan kalau harus beresin lagi dan lagi? Nah, salah satu solusinya adalah dengan membuat kerajinan tempat penyimpanan pita dari kardus sepatu. Selain membuat ruangan jadi lebih rapi dan bersih, kegiatan membuat kerajinan ini juga bisa meningkatkan kreativitas kamu loh. Langsung saja disimak cara pembuatannya, GenK.  

Alat dan Bahan:

  1. Kardus sepatu
  2. Sumpit bekas atau potongan bambu
  3. Kertas kado
  4. Obeng
  5. Gunting
  6. Isolasi kertas

Cara membuat tempat penyimpanan pita:

  1. Pertama-tama siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.
  2. Bersihkan kardus sepatu dari debu dan kotoran yang masih menempel.
  3. Buat lubang berbentuk huruf u di bagian kanan dan kiri dinding kotak sepatu. Gunakan cutter supaya lebih rapi, GenK.
  4. Lapisi semua bagian badan dan penutup kardus dengan kertas kado. Supaya tampilannya lebih menarik.
  5. Siapkan sumpit bekas atau potongan bambu yang akan digunakan sebagai penyangga gulungan pita.
  6. Masukkan gulungan-gulungan pita ke sumpit bekas atau potongan kayu bambu. Mulai dari langkah nomor 1-5, maka hasilnya akan seperti ini.
    kerajinan dari kardus sepatu 6

    Hasil langkah 1-5 (sumber: earth911.com)

  7. Sekarang buat lubang-lubang di salah satu dinding lebar kotak sepatu. Gunanya sebagai tempat masing-masing pita keluar dari dalam kardus. Untuk membuat bolongan, kamu bisa menggunakan obeng atau gunting, GenK. Oh iya, tidak usah buru-buru, jangan sampai tangan kamu malah cedera.
  8. Kalau sudah, keluarkan pita melalui lubang tersebut. Satu pita, satu lubang.
  9. Tutup bagian atas menggunakan penutup kardus sepatu lagi. Pastikan semua sudah rapi.
  10. Tempat penyimpanan pita dari kardus sepatu sudah bisa kamu gunakan, GenK. Ternyata mudah banget cara pembuatannya.

 

Keranjang Alat Tulis dari Kardus Sepatu

kerajinan dari kardus sepatu 7

Keranjang alat tulis dari sepatu (sumber: redtedart.com)

Memiliki keranjang alat tulis bakal bermanfaat banget supaya tidak berantakan dan tidak berceceran di mana-mana. Kamu bisa dengan mudah membeli keranjang tersebut, baik di toko alat tulis maupun toko online. Beragam harga juga ditawarkan. Akan tetapi pernahkah terpikirkan olehmu bahwa keranjang yang bagus ini bisa kamu buat sendiri di rumah menggunakan kardus sepatu?

Buat kamu yang penasaran dan tertarik ingin membuat keranjang alat tulis seperti gambar di atas, tidak perlu bingung lagi. Soalnya kami punya cara mudah pembuatannya yang bisa kamu terapkan sendiri di rumah. Yuk cobain!  

Alat dan bahan:

  1. Kardus sepatu
  2. Beberapa isian gulungan tisu bekas
  3. Kertas kado
  4. Isolasi kertas
  5. Gunting
  6. Lem tembak

Cara membuat keranjang alat tulis dari kardus sepatu:

  1. Siapkan semua alat dan bahan yang kamu butuhkan untuk membuat keranjang alat tulis. Pastikan semuanya sudah lengkap, supaya proses pembuatan tidak memakan banyak waktu.
  2. Lalu bersihkan kardus sepatu dari debu-debu bandel yang masih menempel. Oh ya, bagian kardus sepatu yang kamu gunakan hanya bagian badannya saja, GenK.
  3. Lapisi semua bagian badan kardus menggunakan kertas kado dengan warna dan motif sesuai seleramu. Rekatkan menggunakan isolasi kertas.
  4. Siapkan beberapa isian gulungan tisu yang berbentuk seperti tabung itu, GenK. Tabung-tabung ini berguna sebagai penyangga alat tulis supaya bisa diletakkan berdiri dan sebagai sekat antara jenis alat tulis satu dengan jenis lainnya.
  5. Rekatkan tabung tersebut dengan posisi berdiri di bagian dalam badan kardus. Gunakan lem tembak supaya merekat dengan sempurna.
  6. Susun semua koleksi alat tulismu.
  7. Keranjang alat tulis dari kardus sepatu sudah siap menghiasi kamarmu, GenK.

Baca Juga   3 Kerajinan dari Stik Es Krim Buat Meningkatkan Kreativitasmu

Tempat Charger dari Kardus Sepatu

kerajinan dari kardus sepatu 8

Tempat charger dari kardus sepatu (sumber: girlslife.com)

Kerajinan dari kardus sepatu yang terakhir akan kami bahas adalah kreasi tempat charger. Pernah nggak sih kamu merasa risih melihat kabel-kabel yang melintang di mana-mana? Alhasil ruangan jadi kelihatan berantakan. Coba deh pakai kreasi yang satu ini. Dijamin ruangan bakal lebih rapi, GenK.

Cara pembuatannya cukup mudah. Sebenarnya hampir sama dengan cara pembuatan tempat penyimpanan gulungan pita, tapi bedanya kalau kreasi yang ini membutuhkan lubang yang lebih besar, karena yang keluar dari dalam kardus adalah kabel charger ponsel. Ini dia cara pembuatannya, GenK!  

Alat dan bahan:

  1. Kardus sepatu
  2. Kertas kado
  3. Obeng
  4. Gunting
  5. Isolasi kertas

Cara membuat tempat charger dari kardus sepatu:

  1. Siapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat tempat charger.
  2. Bersihkan kardus sepatu dari kotoran dan debu yang masih menempel.
  3. Pisahkan antara badan kardus dengan penutup kardus. Masing-masing dibungkus pakai kertas kado.
  4. Lalu lubangi satu sisi dinding badan kardus. Buat sekitar 5-6 lubang besar dengan pola sesuai selera. Gunakan obeng atau gunting untuk membuat lubang.
  5. Masukkan terminal listrik ke dalam badan kardus. Lalu keluarkan kabel-kabel charger lewat lubang yang sudah kamu buat. Satu lubang, satu kabel.
  6. Tutup bagian atas menggunakan penutup kardus lagi.
  7. Tempat charger dari kardus sepatu sudah bisa digunakan, GenK.


Dari kelima ide kerajinan dari kardus sepatu di atas, manakah yang menjadi favoritmu? Selain kardus sepatu, ada juga loh kerajinan dari kardus lainnya yang bisa dijadikan rak buku unik. Wajib banget untuk dicoba. Yuk langsung praktikkan di rumah!

Polling

Tentang Penulis

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Hobi dan Kriya

Tutorial Cara Merangkai Bunga di Vas untuk Pemula

Hobi dan Kriya

Cara Membuat Lilin Aromaterapi yang Mudah dan Praktis

Hobi dan Kriya

Tutorial Cara Membuat Action Figure dari Clay Lengkap!

Hobi dan Kriya

3 Inspirasi Kerajinan dari Batok Kelapa untuk Hobi dan Bisnis 

Hobi dan Kriya

6 Tips Cara Merawat Action Figure Supaya Tahan Lama

Hobi dan Kriya

Tutorial Cara Membuat Terarium Mudah dan Praktis

Hobi dan Kriya

Berkreasi dengan Kerajinan dari Sabun

Hobi dan Kriya

Tutorial Cara Membuat Boneka Horta Praktis dan Sederhana

Hobi dan Kriya

Cara Membuat Clay dari Bahan-Bahan Sederhana

Hobi dan Kriya

Belajar Membuat Kerajinan Clay Beserta Alat-Alatnya

Hobi dan Kriya

Tutorial Cara Membungkus Kado Simpel dan Menarik

Hobi dan Kriya

Yuk Belajar Membuat 3 Jenis Kerajinan dari Kain Perca!

Hobi dan Kriya

Membuat 3 Jenis Kerajinan Tangan dari Koran Bekas

Hobi dan Kriya

Cara Membuat Dekorasi Kamar Menggunakan Lampu Neon Kekinian

Hobi dan Kriya

Menghias Kamar dengan Kreasi Origami

Hobi dan Kriya

Ayo Belajar Cara Membuat Undangan Praktis

Hobi dan Kriya

Mengenal Ecobrick, Si Pengganti Batu Bata Ramah Lingkungan

Hobi dan Kriya

Lagi Nyiapin Pesta? Dekorasi dengan Bunga Mawar Kertas Deh!

Hobi dan Kriya

Cara Membuat Aksesoris Wanita: Anting Kekinian

Hobi dan Kriya

4 Ide Kreatif Desain Amplop Lebaran

            Artikel Selanjutnya