Berkreasi dengan Kerajinan dari Sabun

Dibaca Normal: 4 menit aja
kerajinan dari sabun

Biasanya kerajinan tangan terbuat dari kayu, plastik, atau kaca. Tapi apa jadinya kalau sabun dijadikan karya seni? Yuk simak tutorial membuat kerajinan dari sabun yang super simpel!

Gak cuma patung yang bisa diukir, tapi sabun juga loh. Salah satu barang yang sering kamu gunakan untuk mandi ini ternyata bisa diubah menjadi kerajinan tangan yang memukau dan bernilai lebih. 

Kerajinan tangan dari sabun sangat cocok buat kamu kaum anti ribet-ribet klub, karena cara pembuatannya super simpel, GenK. Hanya memerlukan sabun dan beberapa alat sederhana seperti alat ukir dan cetakan saja kok. Tertarik untuk membuatnya? Simak tutorial pembuatannya yuk!

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Cara Membuat Kerajinan dari Sabun

Wah jadi gak sabar ingin segera bikin kerajinan dari sabun. Eits, tahan dulu, GenK, karena kamu mesti tahu dulu bagaimana cara membuatnya. Ternyata ada dua jenis teknik membuat karya dari sabun yang bisa langsung kamu aplikasikan, GenK. Apa saja yah? Ini dia teknik membuat kerajinan dari bahan dasar sabun!

1. Teknik Ukir

kerajinan dari sabun

Hasil sabun yang dipahat (sumber: ebay.com)

Pertama adalah teknik ukir. Biasanya teknik ini digunakan pada bahan kayu, tapi sekarang kamu dapat mengaplikasikan teknik ini untuk membuat kerajinan dari sabun. Caranya adalah sabun mandi batangan sengaja diukir bagian permukaannya menggunakan pisau atau alat ukir lainnya. Tinggal sesuaikan bentuknya dengan motif yang kamu inginkan. 

Alat dan bahan:

  • Sabun mandi batangan
  • Pensil
  • Kertas gambar
  • Cutter atau gunting
  • Tusuk gigi
  • Pemahat
  • Amplas
Baca Juga
Menghias Kamar dengan Kreasi Origami

Cara mengukir sabun:

  1. Pertama-tama siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan dari sabun menggunakan teknik ukur. 
  2. Mulai buat sketsa motif dari objek yang akan kamu buat menggunakan pensil dan kertas gambar. Misalnya kamu ingin membuat bunga dari sabun, berarti gambar detail bunganya terlebih dahulu sebagai panduan saat mengukir sabun nantinya.
  3. Ambil satu batang sabun mandi yang masih kering atau benar-benar baru. Semakin besar batangnya, semakin mudah pula proses mengukirnya. Hilangkan nama merek yang tercetak di permukaan sabun menggunakan amplas dan lakukan secara perlahan.
  4. Siapkan alat ukir sederhana, seperti cutter, gunting, dan tusuk gigi. Mulai cukil bagian permukaan sabun sesuai sketsa motif yang kamu buat di step 2. Perhatikan juga ukuran sabun, jangan sampai malah jadi terlalu kecil karena kebanyakan dicukil, GenK.
  5. Untuk desain yang detail, kamu dapat menggunakan tusuk gigi atau paku kecil sebagai alat ukir. Ikuti saja pola yang ada di gambar dan cukil sedikit demi sedikit.
  6. Nah, jika polanya sudah jadi, kamu dapat menghaluskan permukaan sabun dengan menggunakan bantuan amplas. Lakukan secara perlahan agar tidak ada ukiran yang lepas, retak, atau hilang.
  7. Kerajinan dari sabun menggunakan teknik ukir buatanmu sudah jadi, GenK!

2. Teknik Cetak

kerajinan dari sabun 2

Sabun yang dicetak (sumber: pinterest.com)

Gak cuma sabun batang, sabun cair juga bisa disulap menjadi karya loh. Caranya adalah dengan menggunakan teknik cetak. Teknik ini dirasa lebih mudah daripada teknik ukir. Gunakan sabun cair yang nantinya dicampurkan dengan bahan-bahan lain. Setelah itu adonan dituang ke dalam cetakan. Kamu dapat memvariasikan bentuk cetakan untuk mendapatkan hasil yang memesona. 

Alat dan bahan:

  • Sabun mandi batangan atau cair
  • Tepung maizena
  • Air panas
  • Pewarna makanan
  • Parutan keju
  • Cetakan
  • Wadah
Baca Juga
3 Inspirasi Kerajinan dari Batok Kelapa untuk Hobi dan Bisnis 

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Hobi & Kriya

Panduan Cara Membuat Bonsai yang Mudah dan Praktis

Hobi & Kriya

DIY Dekorasi Halloween Kece yang Simpel dan Mudah

Hobi & Kriya

Tutorial Cara Merangkai Bunga di Vas untuk Pemula

Hobi & Kriya

Cara Membuat Lilin Aromaterapi yang Mudah dan Praktis

Next >>
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link
Silahkan isi form terlebih dahulu untuk mengunduh Media Kit
Asset Media Kit
close-link