3 Kerajinan dari Stik Es Krim Buat Meningkatkan Kreativitasmu

Dibaca Normal: 6 menit aja
kerajinan dari stik es krim

Buat kamu yang suka banget makan es krim, sebaiknya stiknya jangan langsung dibuang, karena bisa disulap menjadi kerajinan dari stik es krim kreatif loh, GenK.

Es krim adalah salah satu hidangan yang terbuat dari produk susu dengan campuran perasa dan pemanis yang dihidangkan dalam keadaan beku. Es krim disajikan dalam beberapa bentuk, seperti dengan cone, stik, mangkuk, piring, dan masih banyak lagi. Nah, stik es krim bisa kamu sulap menjadi kerajinan tangan.

kerajinan dari stik es krim 1

Stik es krim (sumber: letsquillon.com)

Membuat kerajinan tangan sangatlah mengasyikkan, karena kamu bisa memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak terpakai kemudian diolah menjadi sesuatu yang bernilai. Salah satunya adalah dengan membuat kerajinan dari stik es krim. Kerajinan ini memiliki banyak kegunaan, misalnya dijadikan hiasan rumah.

Kalau kamu tertarik untuk membuat kerajinan tangan, kami akan membagikan kepada kamu beberapa bentuk kreasi beserta cara membuat kerajinan tangan dari stik es krim yang mudah . Langsung saja disimak, yuk!

Pot Bunga dari Stik Es Krim

kerajinan dari stik es krim 2

Pot bunga dari stik es krim (sumber: onecrazyhouse.com)

Kreasi yang pertama akan kami bahas adalah kerajinan pot bunga dari stik es krim. Bagaimana menurutmu kreasi bunga pot di atas? Bagus sekali bukan? Kalau biasanya kamu harus pergi membeli pot bunga di toko tanaman atau toko perabotan, sekarang kamu bisa memiliki pot bunga unik tersebut hanya menggunakan stik es krim bekas.

Cara membuat kerajinan tangan yang satu ini tergolong sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan stik es krim bekas, kaleng, dan cat pigmen. Untuk lebih jelasnya, kita simak tahapan pembuatannya yuk!

Alat dan Bahan:

  1. Stik es krim
  2. Kaleng bekas, usahakan memiliki ukuran yang tinggi
  3. Cat pigmen warna-warni
  4. Kuas
  5. Lem tembak
  6. Pita
Baca Juga
Membuat 3 Jenis Kerajinan Tangan dari Koran Bekas

Cara Membuat Pot Bunga dari Stik Es Krim:

  1. Pertama-tama siapkan alat dan bahan, pastikan tidak ada yang kurang. Supaya proses pengerjaan jadi lebih mudah dan tidak memakan banyak waktu.
  2. Siapkan stik es krim yang sudah kamu kumpulkan. Agar hasilnya lebih maksimal, sebaiknya stik es krim kamu cuci terlebih dahulu dengan air bersih, lalu keringkan sampai benar-benar kering ya, GenK.
  3. Ambil satu batang stik es krim, kemudian cat seluruh permukaannya dengan menggunakan cat pigmen. Kamu bisa menggunakan warna yang sama atau bisa juga bermain dengan warna yang bervariasi agar terlihat lebih menarik. Lakukan tahap ini sampai semua stik es krim sudah kamu warnai.
  4. Keringkan cat pigmen di bawah sinar matahari supaya cepat kering. Kamu juga bisa menggunakan alternatif lain, seperti kipas dan pengering rambut. Pastikan cat pigmen sudah benar-benar mengering.
  5. Kalau sudah mengering, ambil satu stik es krim, lalu tempel ke kaleng menggunakan lem tembak. Pastikan stik es krim sudah merekat dengan sempurna. Lakukan tahap ini sampai seluruh permukaan kaleng tertutupi dengan susunan stik es krim. Lalu diamkan sampai lem mengering dengan sempurna.
  6. Ikatkan pita secara melingkar di kaleng. Kamu bisa menggunakan pita bermotif supaya terlihat lebih menarik.
  7. Kalau kamu menggunakan bunga asli, masukkan tanah beserta bunganya ke dalam kaleng yang sudah dihias.
  8. Untuk opsional, letakkan kerajinan pot bunga buatanmu di atas piring kecil.
  9. Kerajinan pot bunga dari stik es krim sudah bisa digunakan untuk menghias rumah kamu, GenK.

Tempat Aksesoris dari Stik Es Krim

kerajinan dari stik es 3

Tempat aksesori dari stik es krim (sumber: mrol.net)

Selanjutnya adalah kerajinan tempat aksesori dari stik es krim bekas. Untuk membuat kerajinan seperti gambar di atas sangat mudah loh. Kamu hanya perlu memainkan kreativitas kerangka tempat aksesori dan warna.

Penggunaan gradasi warna menambah kesan manis dan unik. Kamu hanya memerlukan alat dan bahan yang sederhana untuk membuatnya. Inilah cara membuat tempat aksesori dari stik es krim.

Alat dan Bahan:

  1. Stik es krim
  2. Cat pigmen warna-warni
  3. Palet cat
  4. Kuas
  5. Lem tembak

Cara Membuat Tempat Aksesoris dari Stik Es Krim:

  1. Langkah pertama siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat tempat aksesoris dari stik es krim.
  2. Siapkan semua stik es krim yang sudah kamu kumpulkan. Sebaiknya cuci semua stik es krim terlebih dahulu supaya tidak ada sisa es krim yang menempel. Lalu keringkan sampai benar-benar kering.
  3. Selanjutnya mulai membuat kerangka untuk menyangga tempat gantung. Kerangka ini berbentuk segitiga yang kemudian akan diletakkan di sisi kanan dan sisi kiri. Posisikan stik es krim menjadi segitiga, lalu rekatkan sudut-sudutnya dengan menggunakan lem tembak. Setelah berhasil membuat 1 sisi, kemudian buat 1 lagi untuk sisi lainnya.
  4. Siapkan cat pigmen, palet cat, dan kuas. Kami ambil contoh warna ungu. Agar terlihat lebih menarik, buat gradasi warna ungu dari ungu tua sampai ungu muda. Buatlah 5 pilihan warna gradasi.
    Baca Juga
    Cara Membuat Nirmana Sedotan Mudah dan Gak Ribet
  5. Siapkan 5 stik es krim bekas, masing-masing stik es krim diberi warna yang berbeda-beda. Gunakan warna gradasi yang sudah kamu buat. Pastikan seluruh permukaan stik es krim sudah dilumuri cat pigmen. Lalu keringkan 5 stik es krim tersebut sampai benar-benar mengering.
  6. Kalau sudah mengering, tempelkan satu per satu stik es krim gradasi tersebut sebagai jembatan antara kerangka segitiga kanan dengan kerangka segitiga kiri. Rekatkan dengan menggunakan lem tembak. Pastikan sudah merekat dengan sempurna agar saat digunakan tidak mudah lepas.
  7. Ambil aksesori favoritmu, misalnya anting-anting, lalu gantung di salah satu stik es krim gradasi.
  8. Kerajinan tempat aksesori dari stik es krim sudah bisa digunakan, GenK!

Bingkai Foto dari Stik Es Krim

kerajinan dari stik es 4

Bingkai foto dari stik es krim (sumber: mycrafts.com)

Berikutnya adalah kerajinan bingkai foto dari stik es krim. Kalau biasanya kamu harus membeli bingkai foto di toko perabotan atau toko aksesori, sekarang kamu bisa membuatnya sendiri hanya dengan menggunakan stik es krim.

Siapa sangka, stik es krim bekas yang sudah dianggap sebagai sampah ternyata bisa diolah dan dikreasikan menjadi bingkai foto yang super kece. Bingkai foto juga bermanfaat banget buat kamu yang sedang bingung menghias rumah.

Kalau kamu tertarik untuk membuat bingkai foto dari stik es krim, kami akan membagikan cara pembuatannya secara cuma-cuma khusus untuk kamu, GenK. Yuk langsung saja dilihat!

Alat dan Bahan:

  1. Stik es krim
  2. Cat pigmen warna-warni
  3. Kuas
  4. Lem tembak
  5. Double tape
  6. Foto kecil yang sudah dicetak

Cara Membuat Bingkai Foto dari Stik Es Krim:

  1. Pertama-tama siapkan semua alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat kerajinan bingkai foto dari stik es krim. Pastikan semua alat dan bahan sudah siap.
  2. Siapkan semua stik es krim yang sudah kamu kumpulkan. Cuci menggunakan air bersih, lalu setelah itu keringkan.
  3. Pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah membuat alas bingkai. Susun beberapa stik es krim secara menumpuk. Rekatkan masing-masing lapisan menggunakan lem tembak. Pastikan stik es krim sudah merekat dengan sempurna.
  4. Setelah itu buat penyangga, yaitu antara alas dengan kerangka bingkai foto. Rekatkan batang penyangga yang terbuat dari stik es krim juga di atas alas bingkai dengan menggunakan lem tembak.
    Baca Juga
    4 Kerajinan dari Kain Flanel sebagai Hadiah Kecil buat Temanmu
  5. Selanjutnya masuk ke proses pembuatan kerangka bingkai. Buat 3 kerangka berbentuk persegi. Masing-masing kerangka persegi dibuat dengan ukuran yang berbeda-beda. Mulai dari ukuran besar, sedang, dan kecil. Rekatkan sudut-sudutnya menggunakan lem tembak.
  6. Untuk kerangka persegi dengan ukuran sedang dan kecil, beri warna dengan cat pigmen. Pilihlah warna yang kamu sukai. Lalu diamkan sampai cat mengering.
  7. Setelah itu tempelkan foto di antara kerangka persegi berukuran sedang dan yang berukuran kecil. Kamu bisa tempel foto menggunakan double tape.
  8. Kemudian satukan semua kerangka persegi, mulai dari yang besar, sedang, dan kecil sampai merekat satu sama lain hingga menjadi bingkai foto yang seutuhnya. Kamu bisa memainkan posisi kerangka supaya tampak lebih menarik.
  9. Lalu gabungkan antara alas dan bingkai dengan menggunakan penyangga yang sudah dibuat sebelumnya. Rekatkan semuanya dengan menggunakan lem tembak. Diamkan sampai lem benar-benar merekat dan mengering.
  10. Kerajinan bingkai foto dari stik es krim sudah bisa menghiasi rumahmu, GenK!

Nah itu dia tiga kerajinan dari stik es krim yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Dengan membuat kerajinan seperti di atas, kamu juga berperan untuk membantu mengurangi sampah. Jadi, mulai sekarang kalau kamu punya stik es krim jangan langsung dibuang ya. Kreasikan menjadi kerajinan tangan yang kreatif, GenK!

Polling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Hobi & Kriya

Panduan Cara Membuat Bonsai yang Mudah dan Praktis

Hobi & Kriya

DIY Dekorasi Halloween Kece yang Simpel dan Mudah

Hobi & Kriya

Tutorial Cara Merangkai Bunga di Vas untuk Pemula

Hobi & Kriya

Cara Membuat Lilin Aromaterapi yang Mudah dan Praktis

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link