leadersingle

Aneka Kerajinan Tangan dari Botol Bekas

Dibaca Normal: 6 menit aja
kerajinan tangan dari botol bekas

Kamu punya banyak botol bekas yang tidak terpakai di rumah? Eits, jangan dibuang, GenK! Kreasikan saja menjadi kerajinan tangan dari botol bekas. Unik-unik loh! Caranya banyak dan mudah kok. Sampah pun bisa memiliki nilai lebih dan tentunya ramah lingkungan.

Berbagai jenis dan bentuk botol sebenarnya bisa kamu gunakan. Bahkan sampai tutup botolnya pun bisa. Tinggal kamu sesuaikan dengan bentuk karya yang kamu inginkan. Soalnya, setiap jenis dan bentuk akan berbeda-beda pula teknik pengerjaannya.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Sementara itu, dari segi alat dan bahan pembuatannya juga cukup simpel, GenK. Yang penting kamu sesuaikan dengan material botol, yaitu botol plastik atau botol kaca. Umumnya untuk material botol plastik, kamu hanya memerlukan gunting, cutter, lem, selotip, dan alat tulis lainnya yang mudah kamu cari di berbagai toko buku atau tempat percetakan.

Sedangkan untuk material botol kaca, kamu memerlukan alat yang sedikit rumit, seperti bor dan lem tembak. Akan tetapi walaupun lebih rumit, hasil karya botol buatanmu dijamin memuaskan. 😊

Kalau kamu tertarik untuk membuat kerajinan tangan dari botol bekas, kami punya beberapa tips yang bisa kamu praktikkan sendiri di rumah alias DIY (Do It Yourself). Apa saja sih bentuk kreasinya dan bagaimana cara membuatnya? Yuk langsung saja kita intip satu per satu, GenK!    

DIY Lampu Hias dari Botol Kaca

kerajinan tangan dari botol 1 bekas

Lampu hias dari botol kaca (sumber: winefolly.com)

Bentuk kerajinan tangan dari botol bekas yang pertama adalah lampu hias dari botol kaca. Apa kesan pertama yang terlintas di benakmu kala melihat hasil kreasi di atas? Cantik bukan? Siapa sangka kalau lampu cantik itu dibuat dari botol kaca.

Ternyata barang bekas sekalipun bisa dijadikan barang baru yang terlihat mahal. Lalu yang lebih mengejutkannya lagi adalah kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Kalau kamu tertarik untuk membuat kreasi botol bekas seperti gambar di atas, ini dia alat, bahan, dan cara pembuatannya.  

Alat dan Bahan:

  1. Botol kaca kosong, seperti botol kecap, botol saus sambal/tomat, botol sirup, dan lain-lain
  2. Kabel listrik, ukuran panjang disesuaikan dengan kebutuhan
  3. Bola lampu
  4. Karet Grommet
  5. Stop kontak yang dilengkapi pemutar kenop
  6. Steker listrik
  7. Bor untuk kaca
Baca Juga
Cara Membuat Dekorasi Kamar Menggunakan Lampu Neon Kekinian

Cara Membuat Lampu dari Botol Kaca:

  1. Pertama-tama siapkan alat dan bahan yang diperlukan. Pastikan semua alat sudah tersedia supaya proses pembuatan lampu berjalan lancar. Jika sudah siap, kamu bisa masuk ke langkah berikutnya.
  2. Bersihkan botol kaca agar tidak ada sisa-sisa noda yang tersisa dan tentunya lebih steril. Lalu pastikan botol kering, karena nanti akan dipasang kabel listrik di dalamnya.
  3. Buat satu lubang kecil di botol dengan menggunakan bor. Lakukan tahap ini dengan hati-hati agar meminimalisir kecelakaan saat bekerja. Lama atau tidaknya durasi melubangi botol dengan bor tergantung dengan tingkat ketebalan kaca. Kalau sudah selesai, bersihkan partikel kecil kaca yang masih menempel setelah di bor.
  4. Siapkan kabel listrik, lalu masukkan ke dalam karet Grommet.
  5. Setelah itu masukkan kabel ke dalam lubang botol hingga kabel keluar sedikit dari mulut botol.
  6. Letakkan karet Grommet pas di tengah-tengah lubang botol yang sudah dibor supaya kabel listrik tidak gerak dan tetap rapi.
  7. Sekarang saat merakit lampu. Sambungkan kabel listrik dengan stop kontak. Pastikan sudah tersambung dengan benar.
  8. Pasang bola lampu di stop kontak.
  9. Sambungkan bagian kabel listrik yang sudah tersambung dengan steker listrik.
  10. Kalau sudah menyala, berarti kerajinan lampu dari botol kaca bekas berhasil kamu buat, GenK.

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Hobi & Kriya

DIY Phone Case Kreatif untuk Kamu Yang Bosenan

Hobi & Kriya

Cara Membuat Dekorasi Kamar Menggunakan Lampu Neon Kekinian

Hobi & Kriya

Ayo Belajar Cara Membuat Undangan Praktis

Hobi & Kriya

Aneka Kerajinan Tangan dari Sedotan

Hobi & Kriya

Mengenal Ecobrick, Si Pengganti Batu Bata Ramah Lingkungan

Hobi & Kriya

4 Ide Desain Amplop Lebaran Unik

      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>