fbpx

Membuat 3 Jenis Kerajinan Tangan dari Koran Bekas

Dibaca Normal: 5 menit aja 😊
kerajinan tangan dari koran

Punya setumpuk koran bekas yang tidak terpakai? Kami punya 3 jenis kerajinan tangan dari koran berikut yang bisa kamu kreasikan sesuka hati. Yuk kita lihat, GenK!

Berlangganan surat kabar harian atau mingguan lama membuat koleksi koranmu semakin menumpuk. Kalau gak dijadikan alas, palingan dibuang, sayang banget kan. Padahal tumpukan koran tersebut bisa didaur ulang menjadi berbagai macam barang yang punya nilai lebih loh.

Bingung mau dijadikan apa? Kami punya beberapa referensi kerajinan tangan dari koran beserta cara membuatnya. Yuk kita simak satu per satu!

Kerajinan Tangan dari Koran

Berikut beberapa kerajinan dari koran bekas yang bisa kamu kreasikan menjadi barang yang fungsional. Let’s start!

DIY Keranjang Buah dari Koran

Kerajinan Tangan dari Koran 1

Contoh keranjang dari koran (sumber: YouTube Mitanjali .M)

Kami mulai dari barang pertama, yaitu keranjang buah dari koran. Mau koranmu berisi tentang politik, kehidupan selebriti, atau lifestyle bisa kamu kreasikan menjadi keranjang buah loh. Kamu juga bisa mendekorasi keranjang tersebut menjadi berbagai macam warna yang super kece. Ini dia langkah pembuatannya, GenK!

Alat dan Bahan:

  • Koran bekas
  • Sedotan
  • Isi batang pulpen
  • Gunting
  • Lem tembak
  • Baskom
  • Kuas cat
  • Cat akrilik warna putih

Cara Membuat Keranjang Buah dari Koran:

  1. Pertama-tama siapkan alat dan bahan yang kamu butuhkan untuk membuat kerajinan tangan dari koran.
  2. Di sini kami akan menggunakan beberapa lembar koran bekas. Ambil satu lembar terlebih dahulu, di mana ada sisi kanan dan kirinya. Kemudian potong lembaran tersebut dengan panjang masing-masing 10 cm. Untuk lebarnya disesuaikan dengan lembaran koran. Potonglah dengan menggunakan gunting atau penggaris, GenK.
  3. Pada ujung kertas yang sudah digunting, letakkan isian pulpen di sana, gunanya untuk mempermudah kamu saat menggulung kertas. Gulunglah sampai semua bagian kertas ikut tergulung. Jika sudah selesai, rekatkan ujungnya dengan menggunakan lem tembak. Tak lupa cabut isian pulpen dari gulungan kertas deh.
  4. Eits, tidak hanya sampai di situ saja, kamu masih harus menggulung kertas tersebut dengan menggunakan bantuan sedotan. Gulung kertas mengikuti bulatan sedotan sampai membentuk seperti roda. Rekatkan lagi ujung-ujung kertasnya menggunakan lem. Lakukan tahap 2-4 sampai tercipta banyak gulungan kertas.
  5. Sekarang saatnya membuat kerangka keranjang yang dimulai dari bagian alas. Letakkan 1 bulatan kertas melingkar yang sudah jadi, kemudian beri lem di seluruh sisi sampingnya. Di sisi tersebut bisa kamu tempelkan bulatan lain sampai menutupi sekelilingnya, mirip seperti bentuk bunga.
  6. Setelah itu di bagian sisi luar bunga, lapisi dengan gulungan seperti yang sudah kamu buat di step nomor 3. Gunanya supaya bentuk kerangka alas berbentuk lingkaran besar. 
  7. Selanjutnya siapkan 1 buah baskom yang akan berguna untuk mempermudah kamu dalam pembuatan keranjang. Letakkan kerangka alas di bagian dasarnya. Susun dan tempel bulatan-bulatan lainnya dengan mengikuti bentuk baskom. 
  8. Lepaskan kerangka keranjang dari baskom, pastikan semuanya sudah merekat sempurna. Jika masih ada yang kurang tinggal tambahkan lemnya saja, GenK.
  9. Siapkan kuas cat dan cat akrilik warna putih. Lapisi kerangka keranjang sampai semuanya berwarna putih. Jika sudah beres, diamkan sebentar sampai cat mengering.
  10. Keranjang buah dari koran sudah jadi deh!

DIY Vas Bunga dari Koran

Kerajinan Tangan dari Koran 2

Contoh vas bunga dari koran (sumber: YouTube Raj easy crafts)

Bagaimana desain vas bunga di atas? Bagus bukan?

Siapa sangka vas cantik di atas ternyata terbuat dari koran bekas. Nah, kerajinan tangan dari koran yang akan kami bahas sekarang adalah keasu vas bunga nih.

Sebelumnya kami sudah pernah membahas tentang tips menghias meja kerja, salah satu hiasan yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik mejamu adalah dengan meletakkan vas ini, GenK. Tertarik untuk membuatnya? Yuk simak tahap pembuatannya berikut ini!

Alat dan Bahan:

  • Koran bekas
  • Bambu kecil
  • Gunting
  • Lem tembak
  • Karet
  • Tali goni
  • Bunga imitasi
  • Cat pilox warna putih

Cara Membuat Vas Bunga dari Koran:

  1. Siapkan alat dan bahan yang digunakan untuk membuat kreasi vas bunga.
  2. Ambil satu lembar koran di mana terdapat sisi kanan dan kirinya. Kemudian potong lembaran tersebut dengan panjang masing-masing 10 cm. Kalau untuk lebarnya disesuaikan dengan lembaran koran. Setelah itu potong menggunakan gunting atau penggaris.
  3. Satu lembar potongan tersebut kemudian buat menjadi lipatan panjang dan di bagian ujungnya diberi lem tembak untuk merekatkan lipatan tersebut. Lakukan step ini sampai jadi beberapa buah lipatan memanjang.
  4. Beberapa buah lipatan yang sudah kamu buat kemudian dipotong sama panjang. Sebenarnya lipatan ini berguna untuk bagian dinding vas.
  5. Setelah dipotong, susun lipatan tersebut secara vertikal sampai mengelilingi potongan bambu. Ukuran bambunya kecil saja, GenK dan pastikan diameter lubangnya juga tidak terlalu besar. Ikat semuanya dengan karet supaya posisi batang lipatan tidak ke mana-mana.
  6. Kemudian geser batang lipatan tersebut sampai bentuknya menjadi mekar. 
  7. Rekatkan batang dan potongan bambu dengan menggunakan lem tembak. Kemudian keringkan sejenak sampai menempel dengan sempurna.
  8. Lepaskan karet dan langsung warnai semua sisi vas dengan menggunakan cat pilox warna putih. Diamkan sejenak sampai warna cat mengering.
  9. Lilitkan tali goni di bagian tengah vas. Kamu juga bisa memberi hiasan bunga imitasi warna warni di tali goni.
  10. Sekarang vas bunga ala kamu sudah jadi deh! Mudah banget cara pembuatannya!

DIY Tatakan Gelas dari Koran

Kerajinan Tangan dari Koran 3

Contoh tatakan gelas dari koran (sumber: YouTube Paper Tales)

Nah, kalau yang ini membuat kreasi tatakan gelas dari koran bekas. Gak perlu jauh-jauh beli ke toko deh. Alat dan bahan yang dibutuhkan juga sangat mudah didapatkan dan terjangkau. Kalau dilihat dari gambar di atas, bentuknya lucu-lucu banget yah. Bisa dibuat menjadi bentuk segitiga, persegi, lingkaran, sampai bentuk bunga. 

Baca Juga   Berkebun di Dalam Air dengan Aquascape

Tertarik untuk membuatnya juga? Yuk kita simak tutorial pembuatannya!

Alat dan Bahan:

  • Koran bekas
  • Lem tembak
  • Lidi atau tusuk sate
  • Pulpen

Cara Membuat Tatakan Gelas dari Koran:

  1. Untuk membuat kerajinan dari koran bekas yang berikutnya, kamu mesti mempersiapkan alat dan bahan yang sudah kami sebutkan di atas.
  2. Ambil selembar koran, kemudian bagi menjadi dua. Gunakan bantuan penggaris untuk merobek kertas.
  3. Kertas yang sudah dirobek tersebut lalu digulung memanjang dengan menggunakan lidi atau tusuk sate. Kemudian beri lem pada bagian ujung gulungan kertas menggunakan lem tembak.
  4. Setelah itu ambil pulpen sebagai alat bantu untuk menggulung kertas. Buatlah gulungan pada step nomor 3 menjadi gulungan melingkar sampai benar-benar padat. 
  5. Kalau sekiranya hasil gulungan masih kurang lebar atau lebih kecil dari bagian alas gelas, kamu bisa menambahkan gulungan kertasnya lagi, GenK. Inilah yang nantinya akan digunakan sebagai tatakan.
  6. Tahap yang terakhir adalah dengan melapisi semua bagian gulungan tersebut dengan menggunakan lem. Tujuannya agar kertas koran tidak rusak saat terkena tetesan air dari gelas. 
  7. Tunggu sampai lem mengering. Kalau sudah, tatakan gelas buatanmu sudah jadi deh


Nah, itu dia tiga referensi kerajinan tangan dari koran dan cara pembuatannya. Sebenarnya teknik utama dalam pembuatan kerajinan adalah menggulung dan terus menggulung. Selain dari kertas, kamu juga bisa membuat kreasi barang bekas lainnya loh. Seandainya tertarik, yuk cobain kerajinan tangan dari sedotan dan cari referensi sebanyak-banyaknya dari Pinterest. Selamat mencoba, GenK!

Polling

Tentang Penulis

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Hobi dan Kriya

Cara Membuat Dekorasi Kamar Menggunakan Lampu Neon Kekinian

Hobi dan Kriya

Menghias Kamar dengan Kreasi Origami

Hobi dan Kriya

Ayo Belajar Cara Membuat Undangan Praktis

Hobi dan Kriya

Mengenal Ecobrick, Si Pengganti Batu Bata Ramah Lingkungan

Hobi dan Kriya

Lagi Nyiapin Pesta? Dekorasi dengan Bunga Mawar Kertas Deh!

Hobi dan Kriya

Cara Membuat Aksesoris Wanita: Anting Kekinian

Hobi dan Kriya

4 Ide Kreatif Desain Amplop Lebaran

Hobi dan Kriya

4 Ide Hiasan Dinding Unik dan Cara Membuatnya

Hobi dan Kriya

9 Hobi Sederhana yang Bisa Menghasilkan Uang

Hobi dan Kriya

Cara Lengkap Membuat Seni Paper Cutting untuk Pemula

Hobi dan Kriya

4 Kerajinan dari Kain Flanel sebagai Hadiah Kecil buat Temanmu

Hobi dan Kriya

5 Ide Kerajinan dari Kardus Sepatu yang Bisa Bikin Kamarmu Lebih Rapi

Hobi dan Kriya

Cara Membuat Kartu Ucapan yang Pasti Diingat Oleh Orang Terdekatmu

Hobi dan Kriya

DIY Phone Case Kreatif untuk Kamu Yang Bosenan

Hobi dan Kriya

3 Kerajinan dari Stik Es Krim Buat Meningkatkan Kreativitasmu

Hobi dan Kriya

Aneka Kerajinan Tangan dari Sedotan

Hobi dan Kriya

Aneka Kerajinan Tangan dari Botol Bekas

Hobi dan Kriya

Kreatif! Ini Dia Cara Membuat Aksesoris Wanita

Hobi dan Kriya

Berkebun di Dalam Air dengan Aquascape

Hobi dan Kriya

Yuk, Bikin Rak Buku Unik untuk Koleksi Bukumu

            Artikel Selanjutnya     
kid logo
Mau inspirasi ngalir deras,
kreativitas anti mandek?
Dapetin newsletter gratis dan undangan eksklusif ke acara-acara kreativv ID!

 
close-link