Kerajinan Tembikar dari Tanah Liat, Apakah Beda dengan Gerabah?

Dibaca Normal: 4 menit aja

Indonesia merupakan negara yang penuh dengan beragam kerajinan mulai dari kerajinan anyaman, tenun hingga beragam kerajinan dari olahan tanah liat. Mungkin kita juga sudah tidak terlalu asing dengan bentuk atau rupa dari kerajinan tanah liat ini. Namun, tahukah kamu jika ternyata kerajinan dari tanah liat ini memiliki banyak nama?

Keramik mungkin memang bukanlah sesuatu yang asing kita dengar di telinga. Keramik biasanya merupakan kerajinan tanah liat yang biasanya kita fungsikan sebagai alat-alat rumahan seperi cangkir, teko, piring, mangkok hingga vas bunga.

Ilustrasi tembikar. (Sumber: alowisata)

Tak hanya keramik, kerajinan dari tanah liat ini juga beragam, loh! Seperti tembikar ataupun gerabah. Namun sebab memiliki bentuk yg seragam, banyak masyarakat yg mengaku kesulitan dalam membedakan kedua kerajinan tangan ini. Lalu apakah kamu sudah tahu beda dari dua kerajinan tersebut? Agar tidak keliru dan bisa lebih paham, dapat menyimak penjelasan berikut.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Apa itu gerabah dan tembikar?

Apabila diambil dari KBBI, gerabah merupakan alat-alat dapur yang dibuat dari tanah liat yang di bakar. Umumnya, gerabah ini terdiri dari kendi, belanga dan lainnya. Penggunaan gerabah sendiri biasanya lebih ditujukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal inilah yang membuat gerabah terlihat apa adanya tanpa ada finishing pemanis dan hanya berwarna cokelat tanah.

Sementara itu, tembikar jika diambil dalam KBBI, berarti suatu barang yang  berasal tanah liat yang dibakar dan terlihat mengkilap. Bentuk-bentuk tembikar ini juga dapat dikatakan beraneka rupa misalnya guci, vas, hingga pot. Fungsi tembikar yg utama yaitu menjadi aksesoris ruangan karena memiliki tampilan yang indah dan berestetika tinggi.

Ilustrasi gerabah. (Sumber: Pesona Travel)

Apabila gerabah lebih terlihat sederhana, hal ini berbeda dengan tembikar. Tembikar terlihat lebih dipermanis dan tampil lebih indah sehingga ia sangat cocok jika dijadikan pajangan. Permukaan tembikar juga terlihat lebih mengkilap yang terlihat seperti kaca atau yang disebut glasir. Glasir atau keramik kaca ini terbentuk dari campuran kompleks yang tergabung pada tembikar setelah dibakar pada tungku pembakas yang bersuhu tinggi.

Glasir ini berfungsi sebagai hiasan atau dekorasi tembikar agar terlihat efek mengkilap yang lebih cantik. Selain itu, permukaan kerajinan pottery ini juga terlihat lebih halus, serta lebih melindungi perabotan tembikar dari air atau bahan abrasif lainnya.  Jadi, tembikar berbahan glasir akan lebih awet dipakai hingga bertahun – tahun.

Baca Juga
3 Inspirasi Kerajinan dari Batok Kelapa untuk Hobi dan Bisnis 

Artikel Terkait
Hobi & Kriya

DIY Dekorasi Halloween Kece yang Simpel dan Mudah

Hobi & Kriya

Tips Memelihara Ikan Cupang, ‘Si Petarung’ yang Cantik Penuh Warna

Hobi & Kriya

Cantik dan Anggun, Ini Dia Busana Daerah Terbaik Puteri Indonesia 2020

Hobi & Kriya

Berkreasi dengan Kerajinan dari Sabun

Hobi & Kriya

Cara Membuat Clay dari Bahan-Bahan Sederhana

Hobi & Kriya

Panduan Cara Membuat Bonsai yang Mudah dan Praktis

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>