3 Ide Kreasi Bunga Kertas

Dibaca Normal: 5 menit aja 😊
Bunga Kertas

Umumnya bunga dijadikan sebagai hiasan rumah, hadiah, dan hiasan di acara-acara tertentu. Akan tetapi apa jadinya kalau bunga tersebut dibuat dengan bahan dasar kertas? Memang sih, kamu bisa beli di toko perabotan atau toko aksesori lainnya. Namun kamu juga bisa membuat sendiri loh.

Kamu tidak perlu bingung harus menggunakan kertas apa, karena pada dasarnya semua kertas bisa digunakan sebagai bahan dasar. Tetapi kamu juga harus memperhatikan jenis dan ketebalannya. Pilihlah kertas yang sekiranya mudah didesain dan dibentuk layaknya bunga. Beberapa jenis kertas yang bisa kamu gunakan adalah HVS, krep, karton, koran, origami, manila, flanel, tisu, dan masih banyak lagi.

Alat yang digunakan juga tergolong mudah. Umumnya untuk membuatnya menggunakan kertas, kamu hanya memerlukan alat tulis, gunting, cutter, lem, dan pewarna.

Agar ide semakin berkembang, carilah referensi dari karya-karya milik orang lain. Kamu bisa dengan mudah mencarinya di internet.

Kreasi ini juga bukan sekedar hobi loh, GenK, tetapi juga bisa dijual dan menghasilkan pundi-pundi rupiah. Kami memiliki beberapa ide kreasi cara membuat bunga kertas yang bisa kamu coba. Yuk langsung saja kita baca!

Mawar dari Kertas HVS

Bunga Kertas

Contoh bunga kertas dari HVS (sumber: cutoutandkeep.net)

Model yang pertama adalah bunga mawar yang terbuat dari kertas HVS. Lihat lekukan dan gulungan bunganya, hampir sama dengan mawar yang asli kan? Apabila kamu tertarik untuk membuat kreasi seperti gambar di atas, kamu bisa membeli kertas HVS di toko buku atau percetakan. Pilihlah warna-warna pastel agar hasil kerajinan bunga kamu semakin cantik.

Alat dan Bahan:

  • Kertas HVS, pilih warna pastel
  • Cotton bud
  • Gunting
  • Lem kertas
  • Double tape

Cara Membuat Bunga Menggunakan Kertas HVS:

  1. Pertama-tama siapkan alat dan bahan. Pastikan semua sudah tersedia. Apabila sudah siap, kamu bisa langsung lanjut ke tahap kedua.
  2. Siapkan 1 lembar HVS, lalu lipat memanjang menjadi dua bagian.
  3. Kertas yang sudah terlipat kemudian dipotong menjadi persegi menggunakan gunting. Ukurannya sekitar 5×5 cm atau sesuai dengan kebutuhan.
  4. Kemudian gunting kertas yang sudah berbentuk persegi menjadi bentuk kelopak mawar. Kamu bisa mencari contoh kelopak mawar di internet.
  5. Agar tidak kaku, gulung ujung-ujung kertas yang sudah digunting. Pola gulungan juga dicocokkan dengan mawar yang asli.
  6. Selanjutnya tempelkan double tape di salah satu sisi kertas yang sudah membentuk kelopak. Gunanya agar bisa ditempelkan di cotton bud.
  7. Sekarang pindah ke bahan lain, yaitu cotton bud. Lepaskan kapas yang ada di setiap ujungnya. Fungsi cotton bud adalah untuk dijadikan batang mawar.
    Baca Juga   Cara Membuat Pembatas Buku Kreatif
  8. Agar terlihat lebih indah, lapis batang cotton bud dengan kertas HVS berwarna hijau. Jangan lupa rekatkan kertas pada cotton bud dengan menggunakan double tape atau lem kertas. Tujuannya agar terlihat seperti batang mawar yang asli.
  9. Nah sekarang kembali pada kelopak. Buka penutup double tape, lalu tempel kelopak di salah satu ujung cotton bud.
  10. Susun kelopak sesuai dengan bentuk mawar yang asli. Apabila bahan kertas bentuk kelopak sudah habis, lakukan kembali langkah nomor 5 dan 6.
  11. Apabila semua tahapan sudah dilakukan, mawar dari kertas HVS kamu sudah jadi, GenK!

Tulip dari Kertas Krep

Bunga Kertas

Contoh bunga kertas dari kertas krep (sumber: craftberrybush.com)

Nah, yang ini tulip dari kertas krep. Jenis kertas ini mempunyai ciri khas pada teksturnya yang mirip ruas-ruas daun karena sudah dilapisi dengan zat perekat yang kemudian dikerutkan. Apabila kamu tertarik untuk membuat kreasi seperti gambar di atas, kamu bisa membeli kertas krep dalam berbagai warna, agar hasilnya beragam.

Alat dan Bahan:

  • Kertas krep, gunakan banyak warna.
  • Kertas koran
  • Gunting
  • Lem kertas
  • Tusuk sate
  • Benang jahit

Cara Membuat Bunga Menggunakan Kertas Krep:

  1. Pertama-tama siapkan semua alat dan bahan yang akan digunakan untuk membuat bunga tulip dari kertas krep. Kalau semua sudah siap, kamu bisa lanjut ke langkah selanjutnya.
  2. Gunting kertas krep menjadi persegi panjang yang berukuran 3,5×16 cm untuk dijadikan 1 kelopak bunga tulip.
  3. Lilit bagian tengah kertas sehingga seperti bentuk dasi kupu-kupu.
  4. Lipat kertas dengan mempertemukan bagian atas dan bagian bawah kertas.
  5. Sekarang kerangka kelopak mulai terbentuk. Rapikan kertas yang sudah membentuk kelopak bunga tulip agar hasilnya lebih cantik.
  6. Gulung sisi kertas yang masih terpisah agar menyatu alami tanpa menggunakan lem.
  7. Lalu beralih pada bahan selanjutnya, yaitu kertas koran. Buat kertas koran jadi ronyok dan membentuk bola kecil. Ronyokan kertas koran akan digunakan sebagai bagian dalam bunga tulip yang nantinya dikelilingi kelopak bunga.
  8. Lapisi kertas koran menggunakan kertas krep yang warnanya masih sama dengan warna kelopak. Ini dilakukan agar tampilannya tetap seragam dan cantik.
  9. Susun kertas yang berbentuk seperti kelopak-kelopak bunga tulip mengelilingi kertas koran yang berbentuk seperti bola. Susun dengan hati-hati ya, GenK, supaya hasilnya tetap rapi.
  10. Satukan bagian bunga dengan tusuk sate. Di sini tusuk sate berfungsi sebagai batang bunga tulip.
  11. Agar tetap menempel dengan sempurna, gunakan benang untuk mengikat antara kelopak bunga dengan tusuk sate. Ikat sampai erat ya, GenK!
  12. Lilit tusuk sate menggunakan kertas krep berwarna hijau, agar semakin menyerupai bunga tulip yang asli. Rekatkan kertas krep hijau dan tusuk sate menggunakan lem kertas.
  13. Selanjutnya adalah proses membuat daun. Potong kertas krep menjadi bentuk persegi panjang. Lalu buat pola daun menggunakan gunting.
  14.  Tempelkan daun pada batang bunga menggunakan lem kertas.
  15. Kerajinan bunga tulip dari kertas krep sudah jadi!

Bunga dari Kertas Roti

Bunga Kertas

Contoh bunga kertas dari kertas roti (sumber: Huckleberry Herbs and Art)

Kreasi selanjutnya berbahan dasar kertas roti nih. Kertas ini kerap kali kamu temukan saat membeli roti atau jajanan pasar seperti kue bolu kukus mekar. Berbeda dari yang sebelumnya, untuk membuat bunga seperti gambar di atas, kamu memerlukan daun dan batang bunga sintetis. Sehingga proses pembuatan jauh lebih sederhana. Kamu bisa membeli daun dan batang sintetis di toko jual beli belanja online, GenK.

Baca Juga   Berkebun di Dalam Air dengan Aquascape

Alat dan Bahan:

  • Kertas roti, sediakan beberapa lembar
  • Daun sintetis
  • Batang sintetis
  • Tusuk sate
  • Isolasi bening

Cara Membuat Bunga Menggunakan Kertas Roti:

  1. Siapkan 1 lembar kertas roti berbentuk lingkaran. Lipat kertas menjadi setengah lingkaran, lalu lipat lagi menjadi seperempat lingkaran. Gunting kecil-kecil ujung kertas. Setelah digunting, lebarkan kembali kertas seperti semula. Lakukan tahap ini sampai lembaran kertas roti habis.
  2. Kertas roti yang ujungnya sudah digunting kecil-kecil kemudian ditusuk tepat di tengah lingkaran.
  3. Potong tusuk sate, kira-kira jadi 5 cm.
  4. Masukkan kertas roti yang sudah dibolongi ke tusuk sate. Tumpuk dengan beberapa kertas roti hingga bentuk bunga mulai terlihat.
  5. Pada ujung tumpukan, rekatkan kertas roti dengan tusuk sate menggunakan isolasi bening. Gunanya agar kertas roti tidak bergerak kemana-mana.
  6. Rekatkan kertas roti yang sudah membentuk seperti bunga dengan batang sintetis yang sudah dipasang daun sintetis.
    Baca Juga   Yuk, Bikin Rak Buku Unik untuk Koleksi Bukumu
  7. Bunga cantik berbahan kertas roti hasil kreasi kamu sudah jadi, GenK!

Nah itu dia 3 ide kreasi bunga kertas yang bisa kamu praktikkan di rumah. Alat, bahan, dan cara pembuatannya tidak sulit kan? Yang terpenting adalah cermat memilih bahan kertas dan mengikuti langkah-langkah di atas dengan baik dan benar. Kamu juga bisa berinovasi mengembangkan cara-cara di atas. Intinya, perbanyaklah referensi. Semakin banyak referensi, maka semakin mudah pula mencari ide untuk berinovasi. Selamat berkarya, GenK!

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Hobi dan Kriya

Tutorial Cara Merangkai Bunga di Vas untuk Pemula

Hobi dan Kriya

Cara Membuat Lilin Aromaterapi yang Mudah dan Praktis

Hobi dan Kriya

Tutorial Cara Membuat Action Figure dari Clay Lengkap!

Hobi dan Kriya

3 Inspirasi Kerajinan dari Batok Kelapa untuk Hobi dan Bisnis 

Hobi dan Kriya

6 Tips Cara Merawat Action Figure Supaya Tahan Lama

Hobi dan Kriya

Tutorial Cara Membuat Terarium Mudah dan Praktis

Hobi dan Kriya

Berkreasi dengan Kerajinan dari Sabun

Hobi dan Kriya

Tutorial Cara Membuat Boneka Horta Praktis dan Sederhana

Hobi dan Kriya

Cara Membuat Clay dari Bahan-Bahan Sederhana

Hobi dan Kriya

Belajar Membuat Kerajinan Clay Beserta Alat-Alatnya

Hobi dan Kriya

Tutorial Cara Membungkus Kado Simpel dan Menarik

Hobi dan Kriya

Yuk Belajar Membuat 3 Jenis Kerajinan dari Kain Perca!

Hobi dan Kriya

Membuat 3 Jenis Kerajinan Tangan dari Koran Bekas

Hobi dan Kriya

Cara Membuat Dekorasi Kamar Menggunakan Lampu Neon Kekinian

Hobi dan Kriya

Menghias Kamar dengan Kreasi Origami

Hobi dan Kriya

Ayo Belajar Cara Membuat Undangan Praktis

Hobi dan Kriya

Mengenal Ecobrick, Si Pengganti Batu Bata Ramah Lingkungan

Hobi dan Kriya

Lagi Nyiapin Pesta? Dekorasi dengan Bunga Mawar Kertas Deh!

Hobi dan Kriya

Cara Membuat Aksesoris Wanita: Anting Kekinian

Hobi dan Kriya

4 Ide Kreatif Desain Amplop Lebaran

            Artikel Selanjutnya