leadersingle
leadersingle

3 Ide Kreasi Bunga Kertas

Dibaca Normal: 5 menit aja
Bunga Kertas

Umumnya bunga dijadikan sebagai hiasan rumah, hadiah, dan hiasan di acara-acara tertentu. Akan tetapi apa jadinya kalau bunga tersebut dibuat dengan bahan dasar kertas? Memang sih, kamu bisa beli di toko perabotan atau toko aksesori lainnya. Namun kamu juga bisa membuat sendiri loh.

Kamu tidak perlu bingung harus menggunakan kertas apa, karena pada dasarnya semua kertas bisa digunakan sebagai bahan dasar. Tetapi kamu juga harus memperhatikan jenis dan ketebalannya. Pilihlah kertas yang sekiranya mudah didesain dan dibentuk layaknya bunga. Beberapa jenis kertas yang bisa kamu gunakan adalah HVS, krep, karton, koran, origami, manila, flanel, tisu, dan masih banyak lagi.

Alat yang digunakan juga tergolong mudah. Umumnya untuk membuatnya menggunakan kertas, kamu hanya memerlukan alat tulis, gunting, cutter, lem, dan pewarna.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Agar ide semakin berkembang, carilah referensi dari karya-karya milik orang lain. Kamu bisa dengan mudah mencarinya di internet.

Kreasi ini juga bukan sekedar hobi loh, GenK, tetapi juga bisa dijual dan menghasilkan pundi-pundi rupiah. Kami memiliki beberapa ide kreasi cara membuat bunga kertas yang bisa kamu coba. Yuk langsung saja kita baca!

Mawar dari Kertas HVS

Bunga Kertas

Contoh bunga kertas dari HVS (sumber: cutoutandkeep.net)

Model yang pertama adalah bunga mawar yang terbuat dari kertas HVS. Lihat lekukan dan gulungan bunganya, hampir sama dengan mawar yang asli kan? Apabila kamu tertarik untuk membuat kreasi seperti gambar di atas, kamu bisa membeli kertas HVS di toko buku atau percetakan. Pilihlah warna-warna pastel agar hasil kerajinan bunga kamu semakin cantik.

Alat dan Bahan:

  • Kertas HVS, pilih warna pastel
  • Cotton bud
  • Gunting
  • Lem kertas
  • Double tape

Cara Membuat Bunga Menggunakan Kertas HVS:

  1. Pertama-tama siapkan alat dan bahan. Pastikan semua sudah tersedia. Apabila sudah siap, kamu bisa langsung lanjut ke tahap kedua.
  2. Siapkan 1 lembar HVS, lalu lipat memanjang menjadi dua bagian.
  3. Kertas yang sudah terlipat kemudian dipotong menjadi persegi menggunakan gunting. Ukurannya sekitar 5×5 cm atau sesuai dengan kebutuhan.
  4. Kemudian gunting kertas yang sudah berbentuk persegi menjadi bentuk kelopak mawar. Kamu bisa mencari contoh kelopak mawar di internet.
  5. Agar tidak kaku, gulung ujung-ujung kertas yang sudah digunting. Pola gulungan juga dicocokkan dengan mawar yang asli.
  6. Selanjutnya tempelkan double tape di salah satu sisi kertas yang sudah membentuk kelopak. Gunanya agar bisa ditempelkan di cotton bud.
  7. Sekarang pindah ke bahan lain, yaitu cotton bud. Lepaskan kapas yang ada di setiap ujungnya. Fungsi cotton bud adalah untuk dijadikan batang mawar.
    Baca Juga
    Cara Membuat Pembatas Buku Kreatif
  8. Agar terlihat lebih indah, lapis batang cotton bud dengan kertas HVS berwarna hijau. Jangan lupa rekatkan kertas pada cotton bud dengan menggunakan double tape atau lem kertas. Tujuannya agar terlihat seperti batang mawar yang asli.
  9. Nah sekarang kembali pada kelopak. Buka penutup double tape, lalu tempel kelopak di salah satu ujung cotton bud.
  10. Susun kelopak sesuai dengan bentuk mawar yang asli. Apabila bahan kertas bentuk kelopak sudah habis, lakukan kembali langkah nomor 5 dan 6.
  11. Apabila semua tahapan sudah dilakukan, mawar dari kertas HVS kamu sudah jadi, GenK!

Tulip dari Kertas Krep

Bunga Kertas

Contoh bunga kertas dari kertas krep (sumber: craftberrybush.com)

Nah, yang ini tulip dari kertas krep. Jenis kertas ini mempunyai ciri khas pada teksturnya yang mirip ruas-ruas daun karena sudah dilapisi dengan zat perekat yang kemudian dikerutkan. Apabila kamu tertarik untuk membuat kreasi seperti gambar di atas, kamu bisa membeli kertas krep dalam berbagai warna, agar hasilnya beragam.

Alat dan Bahan:

  • Kertas krep, gunakan banyak warna.
  • Kertas koran
  • Gunting
  • Lem kertas
  • Tusuk sate
  • Benang jahit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Hobi & Kriya

9 Hobi Sederhana yang Bisa Menghasilkan Uang

Hobi & Kriya

Mengenal Ecobrick, Si Pengganti Batu Bata Ramah Lingkungan

Hobi & Kriya

4 Kerajinan dari Kain Flanel sebagai Hadiah Kecil buat Temanmu

Hobi & Kriya

Ayo Belajar Cara Membuat Undangan Praktis

Hobi & Kriya

Aneka Kerajinan Tangan dari Sedotan

Hobi & Kriya

5 Ide Kerajinan dari Kardus Sepatu yang Bisa Bikin Kamarmu Lebih Rapi

Quizzes

Slider
      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>