Menghias Kamar dengan Kreasi Origami

Dibaca Normal: 5 menit aja
kreasi origami

Seni melipat kertas atau origami memang paling mudah dilakukan. Cukup berbekal kertas, kamu sudah bisa membuat macam-macam kreasi dari kertas origami. Cara membuat kreasi origami yang unik dan mudah bisa kamu lihat lewat artikel ini.

Siapa sih yang tidak mengenal origami? 😉 Seni melipat kertas terkenal yang dapat kamu jumpai di berbagai tempat. Mulai dari anak-anak, hingga dewasa, semua bisa dengan mudah membuat kerajinan dari kertas origami. 

Berbagai macam hiasan yang praktis dari kreasi origami bisa membuat ruanganmu jadi lebih estetik, GenK. Kami akan kasih kamu tutorial origami yang mudah dan unik untuk menghias kamarmu. Kuy lanjut! 

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Sekilas Cerita Origami 

kreasi origami 1

Diagram bentuk origami kelinci Akira Yoshizawa (sumber: origami-art.us)

Sebelum mulai nih, kita cari tahu sedikit dulu mengenai asal muasal origami, GenK. Semua orang tentu sudah pasti tahu kalau Jepang adalah negara asal origami. Namun tahukah kalau sebenarnya di berbagai negara lain juga punya seni melipat kertas sejenis? 

Kita mulai dari negara tempat kertas pertama kali dibuat, Cina. Kertas yang sudah ditemukan sejak sekitar tahun 105 Masehi, dibawa oleh para biksu ke Jepang pada abad ke-6. Di Jepang, kertas dianggap sebagai salah satu benda mewah dan hanya digunakan oleh kalangan tertentu saja.

Seni melipat kertas di Cina (zhezhi) masih banyak ditemukan sebagai bagian dari kerajinan oleh-oleh lokal. Kamu akan mendapati banyak toko sovenir yang menjual beragam bentuk hasil kerajinan kertas lipat saat bertandang ke Cina. Jenis kertas yang dipakai adalah kertas khusus yang lebih kuat dan memiliki tekstur layaknya kain. 

Perkembangan origami hingga hari ini tak lepas dari peran sang Bapak Origami, Akira Yoshizawa. Ialah yang pertama kali menemukan bentuk bangau yang menjadi ikon origami hingga saat ini. Semenjak itulah, origami kemudian menyebar ke seluruh dunia, dan menjadi salah satu seni  seni kerajinan paling populer.   

Baca Juga
6 Jenis Kertas yang Wajib Anak Desain Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Hobi & Kriya

Cara Membuat Clay dari Bahan-Bahan Sederhana

Hobi & Kriya

Ini Dia Ciri-Ciri Shopaholic, Kamu yang Hobi Belanja Perlu Baca

Hobi & Kriya

DIY Phone Case Kreatif untuk Kamu Yang Bosenan

Hobi & Kriya

Tips Memelihara Ikan Cupang, ‘Si Petarung’ yang Cantik Penuh Warna

Hobi & Kriya

4 Kerajinan dari Kain Flanel sebagai Hadiah Kecil buat Temanmu

Hobi & Kriya

Aneka Kerajinan Tangan dari Botol Bekas

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>