Hobi & Kriya

Membuat Aquascape Low Budget untuk Dekorasi Rumah

tips-membuat-aquascape-low-budget

Mulai Bercocok Tanam di Akuarium

Mulai Bercocok Tanam di Akuarium

Sumber: imgix.net

Sekarang adalah bagian inti dari aquascape. Kamu bisa mulai bercocok tanam di dalam akuarium. Terlebih dahulu isikan air setinggi seperempat akuarium. Kemudian, tanam tumbuhan yang sudah disiapkan. Beberapa tanaman yang cocok untuk aquascape adalah Tiger Nymphea Lotus Tenelus atau rumput air, Vallisneria, Spatterdock, Cabomba, Wendtii dan Echinodorus. Harga per satuannya kurang dari Rp15.000.

Memasang Peralatan Pendukung

peralatan pendukung aquascape

Sumber: imgix.net

Sekarang, pasang peralatan pendukung seperti pompa, saringan dan lampu. Tujuannya untuk melancarkan sirkulasi udara, serta menyediakan cahaya untuk kebutuhan ikan dan tanaman. Pastikan akuarium terisi air penuh sebelum kamu memasang peralatannya. Sisakan 5-10 cm bagian yang nggak terendam oleh air. Urutannya adalah, pasang pompa, saringan, kemudian lampu di atas akuarium.

Memasukkan Ikan Hias

Memasukkan Ikan Hias

Sumber: gstatic.com

Fokus membuat aquascape memang bercocok tanam di dalam akuarium. Namun, tentu nggak lengkap tanpa ada ikan-ikan hias cantik di dalamnya. Jenis ikan hias yang cocok buat aquascape di antaranya yaitu manfish, ikan komet dan ikan tetra.

Rutin Memberi Pupuk

Rutin Memberi Pupuk aquascape

Sumber: imgix.net

Beri pupuk ke dalam akuarium secara rutin agar tanaman di aquascape kamu bisa selalu tumbuh subur. Berikan pupuk setidaknya tiga hari sekali untuk menutrisi tanaman di dalam akuarium. Ini akan membuat aquascape kamu selalu terlihat indah dan menakjubkan.

Demikian tips membuat aquascape low budget yang bisa kamu coba di rumah. Tenang saja, biaya nggak menjadi kendala dalam membuat aquascape. Sebab, ada cara yang cerdas yaitu dengan menggunakan bujet terjangkau untuk membuat aquascape di rumahmu. Langkah-langkahnya juga mudah meskipun kamu baru pertama kali melakukannya sekalipun. Selamat mencoba!

Baca Juga :   Cara Membuat Dekorasi Kamar Menggunakan Lampu Neon Kekinian
About author

Related posts
Hobi & Kriya

Conture Lab : Menyulap Sampah Menjadi Produk Interior yang Memiliki Nilai Jual

Hobi & Kriya

Mengenal Seni Kokedama, Seni Tanaman Hias Unik dengan ‘Pot’ Bola Lumut

Hobi & Kriya

Cara Lengkap Membuat Seni Paper Cutting untuk Pemula

Hobi & Kriya

Cara Membuat Pembatas Buku Kreatif