Hobi & Kriya

Membuat Gypsum, Kerajinan yang Bisa Jadi Peluang Usaha

Kamu yang memiliki jiwa entrepreneur pasti punya segudang kreativitas untuk memulai usaha. Salah satunya seperti memanfaatkan hobi membuat kerajinan untuk dijadikan hiasan yang bisa dijual. Nah, gypsum atau gips merupakan salah satu bahan yang cocok untuk kamu jadikan kerajinan. Gypsum termasuk bahan lunak yang mudah untuk dicetak, seperti halnya tanah liat. Mari kita simak ulasan mengenai cara membuat gypsum. 

Apa Itu Gypsum?

Gypsum atau gips adalah sejenis bahan mineral yang bisa menjadi padat dan kemudian tidak larut oleh air hingga jangka waktu lama. Kandungan mineral yang ada di dalam gips seperti zat hidrat kalsium sulfur, karbonat, borat dan nitrat. Banyak orang yang berminat dengan kerajinan gips ini. Cara membuat gyspum juga mudah, lebih simpel dibandingkan membuat fiberglass. Untuk membuat gips biasanya digunakan cetakan yang berbahan silicone rubber, tanah liat atau plastisin.

Umumnya, kerajinan gips digunakan untuk pemakaian daripada sekadar hiasan, seperti dipakai untuk gantungan kunci dan bingkai foto misalnya. Sementara, kalau untuk fungsi hias, biasanya hiasan gips ditaruh di dinding dan berbagai tempat lainnya di rumah. Nah, sekarang mari kita simak cara membuat gips langkah demi langkah.

Peralatan untuk Membuat Gypsum

Pertama-tama, siapkan dahulu semua peralatannya, yaitu pisau kuas, wood modelling tools atau butsir kayu, spons, alas pembentukan, baskom atau ember, papan cetakan, wheeler atau banding wheel, sekop, gelas, amplas anti air dan linoleum.

Bahan untuk Membuat Gips

Sekarang, siapkan bahan untuk pembuatan gips, yaitu gips, larutan pemisah, tanah liat, slip dan tanah liat model.

Langkah untuk Membuat Gips dengan Teknik Cetak Tuang

Kita masuk ke langkah-langkah pembuatannya, seperti berikut ini:

  1. Membuat Sketsa atau Bentuk

membuat sketsa

Buat sketsa gambar model yang akan kamu jadikan kerajinan, lalu diaplikasikan menjadi bentuk tiga dimensi. Sebagai acuan cetakannya, kalau kamu pakai bahan silicone rubber maka modelnya bisa menggunakan bahan tanah liat atau plastisin. Sementara, kalau cetakannya menggunakan tanah liat maka modelnya bisa dari gips atau plastisin.

  1. Membuat Cetakan Gips

membuat cetakan gips

Untuk contoh kali ini, kita menggunakan silicone rubber sebagai bahan cetakan. Silicone rubber berupa cairan berwarna putih seperti susu yang kental. Kalau sudah jadi, maka bentuknya adalah karet silikon yang lentur. Cara membuatnya:

  1. Siapkan bentuk cetakan untuk membuat gyspum sesuai keinginan. Buat cetakan dengan ukuran lebih besar dari model sehingga hasilnya tidak retak atau pecah.
  2. Lalu, lumuri model dengan PVA mirror glaze yakni bahan anti lengket.
  3. Buat pembatas, bentuklah cekung menyerupai kolam di sekitar model. Tujuannya untuk menampung silicone rubber serta menenggelamkan model dan tidak tumpah.
  4. Tunggu hingga mengeras, lalu lepaskan pelan-pelan.
  5. Jika ada permukaan yang kurang rata, kamu bisa memotongnya dengan gunting atau pisau.
Baca Juga :   3 Inspirasi Kerajinan dari Batok Kelapa untuk Hobi dan Bisnis 
About author

Related posts
Hobi & Kriya

Tren Tanaman Hias yang Bakal Booming di Tahun 2021

Hobi & Kriya

5 Ide Kerajinan dari Kardus Sepatu Bikin Kamarmu Lebih Rapi!

Hobi & Kriya

Manfaat Tumbuhan Lidah Mertua, Ternyata Baik untuk Kesehatan

Hobi & Kriya

Membuat 3 Jenis Kerajinan Tangan dari Koran Bekas