Tips Membuat Kolase Kertas untuk Salurkan Kreativitas

Dibaca Normal: 3 menit aja
tips-membuat-kolase-kertas

Mungkin kamu sudah memiliki kertas-kertas handmade, kemudian setumpuk majalah bekas yang lembarannya bakal kamu gunting, serta koleksi stationery seperti stiker dan washi tape yang siap kamu gunakan. Kamu pun sudah bersemangat membuat kolase. Akan tetapi, saat kamu melihat kertas putih polos di depanmu, tiba-tiba saja kamu kehilangan ide. Kamu jadi bingung mau mulai dari mana. Nggak perlu khawatir. Ada tips membuat kolase kertas yang bisa kamu jadikan panduan. Kamu tinggal mengikuti langkah-langkahnya saja, seperti berikut ini!

Slider
Slider
Slider

Langkah Awal Membuat Kolase Kertas

  1. Potong dan taruh lembaran-lembaran yang sudah kamu siapkan semuanya. Atur sedemikian rupa dengan menatanya sesuai dengan keinginanmu, tapi jangan ditempel dulu.
gambar 1 membuat kolase kertas

Sumber: shopify.com

  1. Gunakan smartphone kamu untuk memotret kolase yang sudah kamu susun. Ini akan dijadikan contoh saat kamu mengerjakan kolasenya. Kemudian, lepaskan kembali semua kertas yang sudah kamu tata tadi.

Mulai Pikirkan Konsep Kolase Kertas

  1. Pikirkan penggunaan warnamu. Kamu bisa memilih warna-warna biru dan hijau, pilih yang kelihatan serasi saat dikombinasikan. Atau, bisa juga kamu memilih warna-warna pink dan oranye. Konsep yang sama ini bisa terlihat beda banget tergantung pada macam-macam warna yang kamu gunakan.
  2. Sekarang tentukan skalamu untuk membuat kolase kertas yang dinamis dan menarik. Cobalah beragam kombinasi dan hal unik, misalnya bentuk yang biasanya kecil kali ini dibuat besar banget. Lalu, itu ditempelkan di sebelah bentuk yang biasanya besar tapi kali ini dijadikan kecil, jadi kebalikannya.
  3. Kini, kamu perlu mempertimbangkan repetisi atau pengulangannya. Pengulangan dari gambar atau bentuk yang kamu gunakan bisa menciptakan visual statement yang kuat. Kolase yang tersusun dari potongan segitiga atau lingkaran sangat simpel untuk dibuat, tapi bisa terlihat menarik banget.
  4. Penting juga untuk menyeimbangkan area antara space dan gambar saat membuat kolase kertas. Jadi, tentukan mana area kertas yang ditempeli gambar dan dibiarkan kosong. Keseimbangan asimetris bakal kelihatan bagus. Coba untuk nggak  menempelkan gambar di tengah sehingga tercipta susunan kolase yang enak dilihat.
Baca Juga
Mengenal Bapak Seni Kolase, Richard Hamilton

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider
Slider
Slider
Slider
Artikel Terkait
Hobi & Kriya

Bukan Sekadar Hobby, Action Figure-mu Bisa Dijadiin Ladang Bisnis, Loh!

Hobi & Kriya

Tutorial Cara Membuat Boneka Horta Praktis dan Sederhana

Hobi & Kriya

5 Aplikasi Menulis Ini Bisa Bikin Kamu Jadi Penulis Beken!

Hobi & Kriya

Tanaman Keladi Hias, Kenali Jenis dan Cara Menanamnya Biar Tumbuh Cantik

Hobi & Kriya

Cara Menyulam Sederhana bagi Pemula, Kamu Pun Pasti Bisa!

Hobi & Kriya

Intip Yuk, Serba-Serbi Aquascape Iwagumi Asal Jepang yang Penuh Makna!

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link