Yuk, Bikin Rak Buku Unik untuk Koleksi Bukumu

Dibaca Normal: 5 menit aja

Jika kamu adalah salah satu orang yang gemar membaca dan memiliki banyak koleksi buku, mungkin kamu memerlukan rak buku, GenK. Dengan rak buku, buku kamu akan tersusun rapi dan tetap terawat. Bukan cuma itu, rak buku unik juga bisa menjadi dekorasi ruangan yang cantik.

Apabila kamu tertarik untuk menggunakan rak buku, kamu bisa membelinya di toko furnitur. Beragam jenis dan bentuk kamu temukan di sana. Namun, tak ada salahnya kan kalau kamu merancangnya sendiri? Kamu bisa mendapatkan model yang sesuai keinginan, yang mungkin tidak dijual di toko-toko. Pengeluaran pun bisa dihemat.

Untuk membuat rak buku, kamu harus menentukan bentuk yang kamu inginkan. Kamu bisa mencari referensi terlebih dahulu agar punya bayangan seperti apa hasilnya nanti. Apabila sudah menentukan bentuk, kamu harus menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat rak buku yang kamu inginkan. Lalu, buatlah sesuai kreativitas kamu.

Buat membantumu, GenK, kami punya beberapa rekomendasi bentuk dan bahan rak buku unik yang bisa dijadikan sebagai referensi. Apa aja? Yuk kita lihat satu per satu!

Rak Buku dari Kardus

Rak Buku Unik dari kardus

Contoh rak buku dari kardus (Sumber: mygriya.com)

Bentuk rak buku seperti di atas mirip dengan yang kamu temukan di toko-toko furnitur kan? Eh, tapi jangan salah, GenK, kamu bisa merancang rak buku macam itu dengan menggunakan bahan dasar kardus loh. Kreatif banget kan!

Memang, kardus merupakan salah satu bahan yang paling mudah untuk dibikin menjadi rak buku unik. Kamu bisa menggunakan kardus bekas yang ada di rumah, contohnya kardus dari kotak sepatu atau kotak susu. Lalu, apa saja alat dan bahan yang diperlukan, serta bagaimana cara membuat rak buku unik dari kardus?

Baca Juga
3 Ide Kreasi Bunga Kertas

Alat dan Bahan yang Diperlukan

  1. Kardus, ini akan menjadi bahan dasar untuk merancang rak buku.
  2. Alat tulis seperti pensil, penghapus, dan penggaris. Digunakan untuk mengukur kerangka dasar rak buku.
  3. Gunting atau cutter, untuk memotong kardus atau bahan lainnya.
  4. Lem kayu atau lem tembak, untuk merekatkan antara bidang kardus yang dibentuk menjadi rak buku.
  5. Kertas kado, cat, atau stiker untuk menghias rak buku.

Cara Membuat Rak Buku dari Kardus

  1. Siapkan kardus yang akan dibuat sebagai bahan dasar rak buku. Usahakan menggunakan kardus yang tebal agar rak buku lebih kokoh. Bila kamu menggunakan kardus dari kotak susu, otomatis hasilnya lebih tipis. Kamu bisa mengakalinya dengan menambahkan styrofoam.
  2. Siapkan beberapa bidang kardus untuk dijadikan sebagai alas, sisi samping, sisi belakang, dan sisi atas rak buku. Tahap ini disesuaikan dengan bentuk rak buku yang ingin kalian rancang.
  3. Ukur panjang dan lebar kardus menggunakan penggaris dan tandai setiap titiknya menggunakan pensil atau pena. Pada tahap ini kamu diharuskan untuk mengukur setiap sudut kardus dengan teliti agar tidak terjadi kesalahan saat proses pemotongan. Sayang sekali bila kardus kamu terbuang sia-sia, GenK.
  4. Kardus yang sudah kamu ukur, lalu kamu potong sesuai dengan ukuran yang sudah kamu tentukan. Kamu bisa menggunakan gunting atau cutter sebagai alat pemotong. Namun biasanya cutter bisa memberikan hasil yang lebih rapi. Gunakan penggaris untuk membatasi cutter agar tidak keluar dari garis. Hati-hati ya, GenK, jangan sampai salah potong atau malah mencelakai kamu.
  5. Kardus yang sudah dipotong kemudian direkatkan dengan menggunakan lem kayu atau lem tembak. Biasanya lem tembak akan lebih rekat, sehingga rak buku kamu akan berdiri tegak dan kokoh.
  6. Jika semua bidang kardus sudah menjadi kerangka yang sempurna, berarti rak buku dari kardus sudah berhasil kamu buat, GenK. Apabila hasilnya masih kurang memuaskan, kamu bisa mengulang langkah-langkah sebelumnya. Mungkin saja ada salah satu langkah yang harus diperbaiki.
  7. Selanjutnya, gunakan kertas kado, cat, atau stiker untuk menutupi tulisan yang ada di kardus. Sekalian beri dekorasi pada rak buku kamu agar terlihat semakin cantik.

Referensi Bentuk Rak Buku dari Kardus

Ternyata mudah kan untuk membuat rak buku unik dari kardus? Sebenarnya masih banyak bentuk-bentuk rak buku dari kardus yang bisa kamu eksplorasi lagi. Caranya juga tak jauh beda dari yang sudah kami sebutkan di atas. Kami memiliki beberapa rekomendasi bentuk rak buku dari kardus yang bisa menginspirasi kamu, GenK.

contoh rak buku unik dari kardus

Sumber: icreativeideas.com

contoh rak buku unik dari kardus

Sumber: codyboehmig.com

Rak Buku dari Pipa PVC

rak buku unik dari pipa PVC

Contoh rak buku dari pipa PVC (Sumber: rucika.co.id)

Pipa PVC adalah produk pipa termoplastik yang biasa digunakan untuk saluran air. Termoplastik adalah zat tanpa bentuk yang sintetis sehingga dapat dilembutkan dengan menggunakan panas. Pipa ini terbuat dari Polivinil Klorida atau yang disingkat dengan PVC. Jenis pipa ini memiliki harga yang lebih terjangkau dan lebih mudah dibentuk.

Baca Juga
Kreatif! Ini Dia Cara Membuat Aksesoris Wanita

Pipa PVC bisa menjadi salah satu bahan yang bisa dirangkai menjadi rak buku yang unik. Kamu bisa menggunakan pipa bekas maupun pipa baru yang dapat kamu beli di toko bangunan. Membikin rak buku dari pipa PVC terbilang susah-susah gampang, yang terpenting kamu harus hati-hati saat proses pembuatan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Penasaran bahan dan alat apa saja yang digunakan, serta bagaimana cara pembuatan rak buku dari pipa PVC? Simak infonya di bawah, GenK!

Alat dan Bahan yang Diperlukan:

  1. Pipa PVC, ini digunakan sebagai bahan dasar kerangka rak buku. Sediakan pipa PVC yang lurus, 2 bentuk x, dan 4 bentuk elbow 90簞. Masing-masing pipa ada kegunaannya sendiri, GenK.
  2. Gergaji, untuk memotong pipa PVC.
  3. Lem, untuk merekatkan pipa PVC.
  4. Cat, untuk melapisi pipa PVC agar lebih berwarna.

Cara Membuat Rak Buku dari Pipa PVC

  1. Siapkan pipa PVC untuk bahan dasar kerangka rak buku. Pertama-tama kamu ambil pipa PVC yang berbentuk lurus. Potong menjadi beberapa bagian untuk kerangka utama dan penyangga bagian bawah.
  2. Potong pipa PVC yang berbentuk lurus dengan menggunakan gergaji. Usahakan panjang pipa sudah tepat sesuai ukuran.
  3. Untuk kerangka bagian bawah rak buku, sambungkan pipa PVC yang berbentuk lurus dengan pipa berbentuk x.
  4. Lalu pasang pipa PVC berbentuk elbow 90簞 di sudut-sudut kerangka agar membentuk satu kesatuan yang kokoh.
  5. Agar antara pipa satu dengan pipa lainnya tidak mudah lepas, gunakan lem untuk merekatkan pipa. Pastikan lem merekat dengan kuat, GenK.
  6. Pada tahap terakhir, kamu bisa lapisi kerangka rak buku dari pipa PVC menggunakan cat. Pilihlah warna sesuai dengan yang kamu inginkan. Lalu rak buku dari PVC sudah siap digunakan.

Referensi Bentuk Rak Buku dari Pipa PVC

Bagaimana? Tidak terlalu sulit ya, GenK. Kamu hanya perlu teliti dan berhati-hati saat mengerjakan langkah demi langkah pembuatan rak buku. Selain bentuk rak buku yang sudah kami bahas di atas, ternyata masih banyak lagi bentuk-bentuk rak buku dari pipa PVC yang bisa kamu jajal, GenK.

Baca Juga
Berkebun di Dalam Air dengan Aquascape

Selain digunakan sebagai bahan dasar merancang rak buku, ternyata pipa PVC juga bisa diaplikasikan sebagai dekorasi rak. Wah banyak banget ya kegunaannya! Daripada penasaran, yuk kita lihat seperti apa sih bentuk-bentuk kreasi rak buku unik dari pipa PVC!

rak buku unik dari pipa PVC

Sumber: hitsbanget.com

rak buku unik dari pipa PVC

Sumber: healthlinemedical.com


Nah itu dia dua ide kreatif tentang membuat rak buku unik yang bisa kamu lakukan di rumah. Kamu hanya perlu memilih bentuk rak dari referensi, lalu menyediakan alat dan bahan, serta mengikuti langkah dari cara pembuatannya. Semua dapat kamu sesuaikan sesuai bentuk yang kamu inginkan. Selamat berkreasi, GenK!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Hobi & Kriya

Panduan Cara Membuat Bonsai yang Mudah dan Praktis

Hobi & Kriya

DIY Dekorasi Halloween Kece yang Simpel dan Mudah

Hobi & Kriya

Tutorial Cara Merangkai Bunga di Vas untuk Pemula

Hobi & Kriya

Cara Membuat Lilin Aromaterapi yang Mudah dan Praktis

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link